Bagian-Bagian Penting dari Alat Kelamin pada Pria

Alat kelamin pria merupakan organ yang jjugsa sangat penting dalam proses reproduksi dan pembuahan. Proses pembuahan akan terjadi jika dilakukan dengan adanya penetrasi yang dilakukan bersama organ reproduksi wanita, yang mana di sana terdapat sel telur.

Bagian-Bagian Alat Kelamin Pria

bagian alat kelamin pria

Kita pasti hanya mengetahui bahwa alat kelamin pria hanyalah penis. Namun, terdapat beberapa bagian dari alat kelamin pada pria, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penis

Penis memiliki fungsi sebagai saluran keluarnya air seni pada sistem urinaria. Sementara dalam melakukan proses reproduksi, penis mempunyai dua fungsi yakni, sebagai tempat keluarnya cairan semen serta alat untuk proses kopulasi air semen serta air seni tidak akan keluar bersamaan.

Selain itu, pada saat ejakulasi terjadi, otot-otot pada kandung kemih akan mengerut untuk mencegah sperma masuk dan membuat air seni tak ikut keluar.

2. Skrotum

Skrotum merupakan kantung yang memiliki fungsi sebagai pembungkus testis. Kantung ini terdiri dari lapisan subkutan, otot polos, dan lapisan kulit.

Selain itu,  alat kelamin yang satu memiliki lipatan-lipatan pada kulitnya. Hal ini menjadikan skrotum bisa mengendur menjauhi tubuh pada saat cuaca sedang tinggi. Sebaliknya, dapat mengerut mendekati tubuh saat suhu rendah. Fungsi lain dari skrotum adalah untuk mempertahankan suhu testis agar stabil sehingga proses spermatogenesis masih bisa dilakukan.

Hormon Penting Pada Mister P

hormon di alat kelamin pria

Hormon merupakan hal penting yang dapat memengaruhi cara kerja alat reproduksi, baik itu pria ataupun wanita. Berikut ini adalah beberapa hormon terpenting yang memiliki peran pada proses reproduksi:

1. Hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone)

Hormon yang satu ini merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hiposisis anterior yang berada di otak. Hormone tersebut memiliki perra untuk dapat memicu sel sertoli dalam membentuk Anrogen Bound Protein yang kemudian akan berikatan dengan testosterone yang berperan dalam pemeliharaan spermatogenesis.

2. Luteinizing Hormone

Luteinizing Hormone juga merupakan salah satu hormon yang berasal dari kelenjar hipofisis anterior. Fungsi hormon tersebut pada sistem reproduksi  adalah untuk merangsang sel-sel leydig dalam pembentukan hormon testosteron.

3. Testosteron

Hormon testosteron dihasilkan oleh sel-sel interstitial atau sel leydig yang berada di antara tubulus seminiferus. Hormon tersebut mempunya cukup banyak fungsi penting, terutama pada proses reproduksi. Misalnya, menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan saluran-saluran reproduksi pria, menampakkan dan memelihara sifat-sifat seks sekunder pria, membangkitkan nafsu birahi.

Cara Merawat Alat Kelamin Pria

merawat alat kelamin pria

Seperti halnya menjaga kesehiatan organ intim wanita, merawat penis juga tak boleh sembarangan. Alat kelamin pria yang satu ini juga sangat sensitif. Jika Anda salam melakukan perawatan, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

1. Membersihkannya dengan Cara yang Benar

Cra membersihkan penis tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan agar kesehatan penis bisa terjaga dengan baik.

Caranya adalah dengan membilas area pangkal penis termasuk testis dan rambut kemaluan dengan air bersih. Kemudian, Anda mesti memastikan bahwa daerah pangkal testis dan anus juga bersih dan bebas bau.

2. Memilih Celana Dalam yang Tepat

Mengapa ini perlu dilakukan? Dilansir dari salah satu media online Dr. Tomer Singer selaku asisten dosen di Hofstra School of Medicine sekaligus ketua endokrinologi di Manhattan Hospital menyatakan bahwa peningkatan suhu di area penis dan skrotum tidak baik untuk sperma.

3. Memakai Kondom

Selain berguna untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tak diinginkan, kondom juga dapat membantu Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit kelamin yang berbahaya.

2019-06-30T17:20:14+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!