Beberapa Bagian Alat Keamin Pada Wanita dan Fungsinya

Apa itu alat kelamin wanita dan apa saja bagian serta fungsinya di dalam tubuh? Selain itu, seperti halnya wajah, ternyata bentuk dari alat kelamin yang dimiliki wanita itu berbeda-beda dan beragam. Bentuk dari alat kelamin wanita juga mengikuti dan menyesuaikan dengan bentuk tubuhnya juga.

Seperti Apakah Alat Kelamin Wanita?

seperti apa alat kelamin wanita?

Alat kelamin wanita merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai jalan menuju alat reproduksi. Di mana organ tersebut memang selalu berhubungan dengan organ reproduksi wanita yang lainnya yang ada dalam tubuh.

Selain itu, Miss V satu wanita juga memiliki bentuk yang berbeda-beda satu sama lainnya. Maka dari itu, mitos tentang bentuk ideal” Miss V itu tidak benar.

Seperti yang dilansir dari sebuah media online dari Psychologytoday, keberadaan vagina terlalu kencang atau longgar itu sebetulnya adalah mitos. Msisalnya, mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa vagina perawan sangat ketat, hilangnya keperawanan secara permanen akan mengendurkan vagina, seks yang sering akan membuat vagina mengendur, proses persalinan membuat vagina kendur selamanya, dan sebagainya.

Dari sana, Anda dapat melihat bahwa pengetahuan tentang pendidikan seks sangatlah penting.

Bagian dan Fungsi Alat Kelamin Wanita

bagian alat kelamin wanita

Terdapat beberapa bagian dari alat kelamin wanita yang mesti Anda ketahui, di antaranya:

1. Mons veneris

Salah satu bagian dari vagina yang dimiliki wanita adalah mons veneris. Nama lain dari mons veneris adalah gunung venus. Bentuknya sendiri tersusun dari jaringan lemak dan sedikit jaringan ikat adalah bagian menonjol yang menutupi tulang kemaluan.

Selain itu, bagian yang ditumbuhi rambut kemaluan ketika wanita sudah beranjak dewasa.

2. Labia Mayora

Selanjutnya ada labia mayora, di mana  pada dasarnya memang memiliki bentuk menyerupai bibir. Letaknya berada di bawah mons verenis dengan bentuk memanjang hingga ke perineum atau area kulit antara lubang vagina dan anus.

3. Labia Minora

Labia minora juga dikenal dengan sebutan bibir kemaluan kecil. Organ yang satu ini terletak di dalam labia mayora dan biasanya tidak ditumbuhi rambut kemaluan sama sekali.

Selain itu, labia minora tersusun dari jaringan lemak yang memiliki banyak pembuluh darah. Organ ini juga merupakan  salah satu bagian yang cukup sensitif.

4. Klitoris

Bagian alat kelamin wanita selanjutanya adalah klitoris. Berbentuk nya menyerupai gumpalan kecil. Organ yang satu ini terletak di bagian atas dari labia minora. Selain itu, klitoris merupakan bagian paling sensitif terhadap rangsangan saat berhubungan seksual yang diketahui banyak orang.

5. Vestibulum

Organ pada wanita selanjutnya adalah vestibulum, yaitu rongga pembatas antara dua sisi labia minora. Terletak  di bagain bawah, sedangkan di bagian atasnya adalah klitoris.

Pada vestibulum terdapat saluran kencing atau uretra dan muara vagina. Pada bagian ini juga terdapat kelenjar bartholin atau vestibular yang menghasilkan cairan alami yang berfungsi sebagai pelumas ketika hendak melakukan hubungan seksual.

6. Himen

Himen atau selaput dara adalah sebuah selaput mebran tipis yang menutupi vagina. Darah menstruasi biasanya keluar dari organ yang satu ini.

Himen sering sekali dikaitkan dengan keperawanan wanita, tetapi hal ini masih menimbulkan perdebatan dari beberapa ahli. Banyak yang berpendapat bahwa selaput dara memang bukan penentu keperawanan seseorang.

Mungkin terdapat beberapa bagian alat kelamin pada yang tidak banyak dikenal dan tidak terdengar familiar. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa setiap bagian tubuh manusia sangat penting dan memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Jika salah satu bagian bermasalah, tentunya akan mengganggu kerja sistem reproduksi karena kurangnya perawatan, misalnya ada bagian yang dapat menjadi penyebab penyakit kelamin wanita.

 

2019-06-30T14:16:45+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!