Apa Saja yang Termasuk Organ Reproduksi Wanita?

Apa saja alat reproduksi wanita yang Anda tahu? Manusia sebagai makhluk hidup memiliki berbagai sistem organ yang menjalankan fungsinya masing-masing dan salah satu yang tak kalah penting adalah sistem reproduksi. Di mana,organ-organ tubuh pada sistem ini memiliki fungsinya sebagai alat untuk berkembangbiak. Selain itu, sistem reproduksi wanita dan pria jauh berbeda menurut fungsi dan bentuknya.

Seperti Apa Alat Reproduksi Wanita Itu?

alat reproduksi wanita

Mengenal tentang alat reproduksi pada manusia merupakan hal yang sangat penting dalam pendidkan seks. Selain itu, memahami alat reproduksi wanita juga dapat membuat Anda mengetahui bagaimana cara merawat organ reproduksi tersebut.

Kemudian, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih tanggap dalam berbagai masalah yang dialami oleh wanita, termasuk masalah dengan organ reproduksinya.

Fungsi utama dari alat reproduksi yang satu ini di antaranya adalah sebagai tempat pembuahan dan juga kehamilan. Maka dari itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan organ reproduksi tersebut.

Bagian-bagian Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

bagian dan dungsi alat reproduksi pada wanita

Dalam sistem reproduksi wanita sendiri, terdapat beberapa bagian yang juga memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah alat reproduksi wanita yang menyusun alat reproduksi wanita.

1. Ovarium

Bagian pertama dari alat reproduksi wanita ialah ovarium atau dikenal juga dengan sebutan indung terlur. Ovarium merupakan  organ reproduksi pada wanita yang dapat memproduksi sel telur dan juga berbagai hormon seks wanita, di antaranya yaitu estrogen dan progesteron.

Alat reproduksi yang satu ini letaknya ada di sekitar sisi kiri dan kanan dan terhubung dengan rahim (uterus) melalui tuba fallopi. Pada umumnya, ovarium kiri dan kanan akan mengeluarkan sel telur secara bergantian setiap 28 hari sehingga terciptalah siklus menstruasi yang terjadi pada wanita.

2. Tuba Fallopi

Alat reproduksi yang berada pada tubuh wanita yang selanjutnya adalah tuba fallopi atau oviduk atau sering juga mengenalnya dnegan sebutan saluran telur.

Organ reproduksi yang satu ini merupakan saluran yang membentang dari ujung kanan hingga kiri. Tuba fallopi memiliki beberapa fungsi, misalnya sebagai jalan ovum menuju rahim, sebagai tempat terjadinya pembuahan, juga sebagai tempat persiapan hasil pembuahan sebelum berjalan menuju rahim.

3. Uterus

Uterus lebih dikenal dengan sebutan rahim merupakan alat reproduksi  yang memiliki bentuk menyerupai buah pir. Uterus tersusun dari lapisan otot yang memiliki sifat elastis sehingga bisa membesar mengikuti janin dan perkembangannya.

Uterus memiliki fungsi utama sebagai ruang untuk janin tumbuh dan berkembang selama masa kehamilan berlangsung. Ketika proses persalinan, otot uterus akan mengalami kontraksi di mana dapat membantu janin keluar melalui jalan lahir.

4. Serviks

Serviks (leher rahim) adalah organ reproduksi pada wanita yang merupakan jalan masuk antara uterus dan juga vagina. Bentuknya menyerupai dinding sempit. Namun, serviks itu sendiri memiliki sifat yang fleksibel danelastis sehingga bisa melebar ketika proses persalinan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa serviks bisa dikatakan merupakan salah satu alat reproduksi yang rentan terhadap penyakit. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka pengidap kanker serviks.

5. Vagina

Banyak yang mengira bahwa vagina dapat terlihat di bagain luar alat reproduksi wanita, namun kenyataannya letak vagina sebenarnya adalah di dalam. Letak vagina adalah berada di belakang kandung kemih.

Fungsi dari organ yang satu ini adalah sebagai jalan utama masuknya sperma menuju rahim atau tuba fallopi. Selain itu, vagina juga berfungsi untuk memberikan jalan keluar darah menstruasi, hingga sebagai jalur lahirnya bayi.

 

2019-06-30T13:32:14+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!