Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Waspadai Infeksi Klamidia yang Memengaruhi Organ Intim

Pernahkah Anda tahu apa itu clamydia atau klamidia? Chlamydia merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat diderita oleh perempuan maupun laki-laki. Seperti penyakit  seksual pada umumnya, penyakit ini dapat menyerang ketika melakukan hubungan seks tanpa pengaman.

Sementara itu, alat kontrasepsi selain kondom tidak mampu mencegahnya dari beberapa penyakit menular seksual lainnya, termasuk klamidia. Karena klamidia cukup membahayakan, Anda perlu mewaspadainya serta memperhatikan gejala penyakit ini. Hal ini dikarenakan berisiko menyebabkan kerusakan permanen pada sistem reproduksi, khususnya bagi wanita.

Gejala Penyakit Clamydia

apa itu clamydia

Seseorang yang terjangkit klamidia mungkin akan melihat gejala beberapa minggu kemudian. Pada beberapa orang, gejala membutuhkan waktu 1 sampai 3 minggu hingga akhirnya muncul dan banyak orang tidak mengalami perkembangan gejala.

Khusus bagi wanita, akan  terasa sulit untuk menyadari kehadiran penyakit tersebut. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memeriksakan diri ke dokter setidaknya sekali dalam satu tahun Anda aktif secara seksual.

Dalam proses pemeriksaan, dokter dapatmemberi tahu tes yang akan dijalani bahkan apabila taka da gejala yang dirasakan. Namun berikut ini adalah kemungkinan gejala yang dapat dilihat untuk mengindetifikasi penyakit tersebut:

  • Rasa gatal disertai panas pada bagian vagina
  • Vagina mengeluarkan cairan yang tidak normal dan juga berbau busuk
  • Lambung bagian bawah terasa nyeri, gejala ini juga dapat disertai dengan kondisi demam
  • Pendarahan di luar masa haid
  • Sakit saat melakukan hubungan intim
  • Vagina terasa sakit ketika buang air kecil
  • Rasa sakit yang luar biasa ketika mengalami masa haid

Penyebab Penyakit Klamidia ata Clamydia

penyebab clamydia

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kelamin chlamydia, di antaranya adalah karena melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, seperti:

  • Melakukan aktivitas seksual dengan menggunakan mainan seks (sex toys) tanpa proses sterilisasi terlebih dahulu
  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman baik secara oral, anal, maupun vaginal.
  • Penderita klamidia yang sedang dalam masa kehamilan dapat menularkannya pada bayi yang berada dalam kandungan
  • Cairan vagina terinfeksi masuk melalui mata

Selain hal-hal yang telah disebutkan tadi, infeksi klamidia juga dapat menular melalui rekturm perempuan dan laki-laki. Aktivitas seks anal biasanya memiliki resiko yang lebih tinggi terkait  penyebab penyakit tersebut.

Pencegahan dan Pengobatan Clamydia

obat clamydia

Setelah mengetahui apa itu clamydia, Anda dapat tahu bahwa penyakit menular seksual ini bisa dicegah dan diobati. Untuk proses pencegahan, Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan alat kontarsepsi kondom saat melakukan hubungan seksual. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai macam perawatan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda, contohnya seperti membersihkan alat kelamin dengan tepat, mengonsumsi suplemen kesehatan dengan bahan herbal, menjaga kebersihan area kewanitaan menggunakan produk kesehatan wanita, dan yang lainnya.

Sementara untuk cara mengobatinya, Anda harus memeriksakan dulu keadaan kesehatan organ intim Anda ke dokter kandungan jika merasa terdapat beberapa gejala yang mirip dengan gejala penyakit ini. Apabila tidak segera diobati, maka risiko infeksi yang semakin memburuk semakin tinggi.

Setelah memerikasakan ke dokter dan dinyatakan mengidap klamidia, baisanya dokter akan merekomendasi obat-obatan antibiotik, seperti zitromisin (zithromax) atau doxycycline. Selain itu konsumsi antibiotik yang diberikan atas anjuran dokter harus diminum sampai habis, meskipun keadaan serta gejala penyakit tersebut sudah tidak terlihat lagi.

Setelah melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran, pasien akan melakukan tes untuk memastikan bahwa infeksi sudah betul-betul terobati. Biasanya, pasien khusus perempuan yang dinyatakan positif terjangkit klamidia parah akan disarankan untuk melakukan rawat inap sampai kondisinya bisa lebih baik.

 

2019-04-22T12:11:57+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian