Gejala dan Penyebab Penyimpangan Seksual Ekshibisionisme

Pernahkah Anda mendengar apa itu ekshibisionisme yang merupakan salah satu jenis penyimpangan seksual? Akhir-akhir ini, Anda pasti telah cukup sering mendengar berita tentang pelecehan seksual yang marak terjadi di beberapa tempat. Bahkan karena adanya kejadian tesebut, banyak masyarakat yang berhati-hati dalam melakukan aktivitas di luar rumah, terutama ketika jika bertemu dengan orang-orang asing yang mecurigakan.

Mereka pun akhirnya mewaspadai adanya pengidap gangguan jiwa atau kelainan seksual di luar sana yang dapat membahayakan keselamatan dirinya. Salah satu gangguan kejiwaan berupa penyimpangan seksual yang juga tak jarang terjadi dan cukup yang cukup menjijikkan ini adalah ekshibisionisme.

Mengetahui Tentang Apa Itu Ekhibisionisme

apa itu Ekshibisionisme

Eksibisionisme merupakan salah satu jenis gangguan kejiwaan (psikoseksual) yang cukup langka. Hal ini dapat ditandai dari adanya dorongan seksual dan fantasi untuk mengekspos atau menunjukan alat kelaminnya kepada orang lain, terutama pada orang asing.

Dilansir dari sebuah media daring, seorang psikolog klinis, Ika Nirmala menyatakan bahwa ekshibisionisme merupakan sejenis gangguan kepribadian di mana orang yang bersangkutan mendapatkan kesenangan dan kepuasan dengan menunjukkan alat kelamin dirinya kepada orang lain di muka umum.

Sementara itu, pada sumber yang sama, dalam The SAGE Encyclopedia of Psychology and Gender (2017) Kevin L. Nadal menyatakan bahwa perilaku ini kebanyakan dilakukan oleh pria, serta mayoritas korbannya adalah para wanita.

Hal yang harus Anda ketahui tentang apa itu ekshibisionisme ini, kebanyakan penderitanya cenderung cukup sering melakukan masturbasi atau onani, yaitu kegiatan meransang organ vitalnya sendiri. Namun yang parah dari perilaku yang satu ini adalah mereka (pengidap) selalu ingin melakukannya di depan orang lain.

Gejala yang Terjadi Pada Pengidap Ekshibisionisme

gejala ekshibisionisme

Setelah Anda mengetahui apa itu ekshibisionisme, Anda pun juga harus mengetahui terkait gejala-gejala yang dapat terjadi kepada para pengidap ganggunan psikoseksual yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat Anda ketahui tentang penyakit kejiwaan tersebut:

1. Dilihat dari Fantasi Seksual Seseorang

Seorang yang memiliki perilaku penyimpangan seksual ekshibisionisme ini memiliki fantasi atau pun dorongan seksual secara intens dan berulang-ulang. Pada umumnya, dorongan seksual seperti itu terjadi sampai pada kurun waktu selama enam bulan. Fantasi tersebut yakni berupa mengekspos alat kelaminnya kepada orang lain, bahkan pada orang asing yang tidak pernah dikenalnya sekalipun.

2. Dilihat dari Tindakan atau Dorongan Seksualnya

Seorang ekshibisionis biasanya akan bertindak sesuai dengan dorongan seksual yang dikehendakinya, yaitu mempertontonkan alat kelamin kepada orang yang tidak menginginkan untuk melihat.

Gangguan ini pun  dikategorikan ke dalam subtipe berdasarkan apakah seseorang lebih suka mengekspos dan memperlihatkan dirinya ke anak-anak praremaja, dewasa, atau bahkan kepada keduanya. Biasanya perilaku tersebut akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab Terjadinya Gangguan Psikoseksual Ekshibisionisme

penyebab ekshibisionisme

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami perilaku penyimpangan seksual atau gangguan kejiwaan ekshibisionisme yang satu ini. Di antara beberapa faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:
  • Gangguan Kepribadian Antisosial
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Pedofilia

Akan tetapi terdapat beberapa faktor lain yang mungkin bisa saja berkaitan dengan beberapa gejala  ekshibisionisme, termasuk adanya pelecehan seksual dan emosional selama masa kanak-kanak dan keasyikan seksual di masa kanak-kanak.

Peran orang tua tentu sangat penting untuk mencegah adanya perilaku penyimpangan dan gangguan psikoseksual tersebut, misalnya dengan mengenalkan pendidikan seksual sejak dini dan beberapa bahaya lainnya terkait penyimpangan yang dapat terjadi.

2019-05-30T11:54:48+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!