Pengertian Hamil Anggur dan Penyebabnya

Sebagaian dari Anda barangkali sudah tak asing lagi mendengar apa itu hamil anggur bagi wanita. Hal ini merupakan kehamilan yang gagal dan dapat menjadi penyebab keguguran bagi wanita yang mengalaminya. Ketika seorang ibu hamil mengalami kondisi ini, hal itu dikarenakan keadaan sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tidak berkembang layaknya seperti janin normal pada umumnya. Selain itu, hal ini membuat janin tidak tumbuh dalam rahim.

Mengetahui Apa Itu Hamil Anggur

pengertian hamil anggur

Jika Anda belum tahu apa itu hamil anggur, hal tersebut dapat diartikan sebagai proses kehamilan yang gagal. Atau, hamil anggur ini juga dikenal dengan istilah medis mola hidatidosa di mana terdapat tumor tumbuh di dalam rahim.

Pada dasarnya, hamil anggur merupakan hal yang jarang sekali terjadi. Pada prosesnya, setelah sel telur dibuahi yang seharusnya ia tumbuh menjadi plasenta dan janin, tapi sel telur justru tumbuh menjadi sel abnormal yang kemudian berkembang menjadi gelembung putih berisi cairan yang bentuknya seperti anggur.

Jika Anda mengalami hal demikian, maka segeralah meminta penanganan dari dokter spesialis kandungan. Hal tersebut harus dilakukan demi menghindari risiko komplikasi yang disebabkan oleh kegagalan kandungan. Misalnya,  penyakit trofoblastik gestasional yang biasanya hanya dapat disembuhkan dengan kemoterapi atau operasi.

Penyebab Hamil Anggur

penyebab hamil anggur

Setelah mengetahui apa itu hamil anggur, Anda pun mesti mengetahui hal yang menyebabkannya. Pada umumya, kondisi tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya ketidakseimbangan kromosom selama masa kehamilan. Selain itu, kondisi tersebut dapat terjadi jika sel telur yang dibuahi tidak memiliki infromasi genetika atau 1 sel telur normal dibuahi oleh dua sperma secara bersamaan.

Hal tersebut pun menjadi penyebab kondisi  yang kemudian dikelompokan ke dalam dua kategori, yaitu:

1. Hamil Anggur Lengkap

Hamil anggur lengkap terjadi dikarenakan apabila sel telur yang tidak diketahui informasi genetika ketika dibuahi oleh sperma dan tidak berkembang menjadi fetus atau janin. Kondisi seperti itu akan menyebabkan fetus tidak berkembang dan malah berubah menjadi sekumpulan jaringan abnormal yang disebut mola, yang lama-kelamaan dapat memenuhi rahim dengan bentuknya seperti anggur.

2. Hamil Anggur Parsial

Kondisi seperti ini akan mucul muncul pada saat 1 sel telur normal dibuahi oleh 2 sperma. Pada akhirnya, jaringan plasenta pun akan berkembang abnormal menjadi mola, sementara jaringan fetus yang berhasil berkembang akan mengalami kecacatan atau kelainan yang serius dan hal tersebut perlu penanganan secepatnya.

Risiko Hamil Anggur

sebab hamil anggur

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan risiko kegagagalan kehamilan, di antaranya:

  • Usia Ibu hamil => Usia ibu hamil akan sangat berpengaruh pada kondisi kehamilan. Akan lebih baik jika Anda merencanakan kehamilan pada usia produktif untuk mengurangi risiko kegagalan janin.
  • Pernah keguguran => Wanita yang pernah mengalami keguguran dapat berisiko mengalami kegagalan kandungan atau hamil anggur.
  • Riwayat Hamil Anggur => Wanita yang juga pernah mengalami hamil anggur pun juga memiliki risiko yang sama untuk mengalaminya lagi. Hal tersebut menigkatkan risiko kondisi yang sama sekitar 6 hingga 12 kali lipat.

Hamil anggur merupakan keadaan yang sangat jarang dijumpai walaupun banyak juga yang pernah mengalaminya. Kondisi tersebut perlu mendapati penanganan secepat mungkin dari dokter kandungan supaya menghindari risiko komplikasi yang dapat disebabkan karena pengobatan penyakit ini pun sangat berisiko untuk mendapatkan perawatan dengan cara kemoterapi. Dalam kasus tersebut, wanita yang pernah mengalami hamil anggur sangat dianjurkan untuk menunda kehamilan.

2019-05-29T15:11:03+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!