Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Mengenal Penyakit Herpes Genital yang Disebabkan Virus

Adakah hal Anda tahu tentang apa itu herpes dermatitis atau herpes genital atau herpes yang terjadi pada kelamin? Penyakit ini merupakan infeksi yang bisa saja menular secara seksual pada pria maupun wanita dan biasanya menyebar melalui seks oral (oral sex) atau anal. Selain itu, herpes kelamin ini juga dapat menyebar bahkan ketika luka yang ada pada tubuh Anda tidak terlihat.

Akan tetapi, hal perlu Anda ketahui bahwa penularan herpes genital yang paling utama tentu saja melalui hubungan seksual secara langsung. Selain itu, jenis herpes yang satu ini bahkan dapat ditularkan dan terinfeksi pada bayi yang baru lahir selama proses kelahirannya ibu penderita herpes tersebut memiliki infeksi aktif di area kewanitaan.

Tentang Apa Itu Herpes Dermatitis Genital

apa itu herpes dermatitis

Penyakit herpes genital merupakan sebuah penyakit kelamin yang penyebabnya adalah virus herpes simpleks (HSV). Biasanya, datangnya penyakit ini ditandai dengan bentol-bentol berair pada alat kelamin, anus, atau mulut. Herpes genital ternyata juga dapat menyebar melalui sentuhan, meski umumnya lebih sering menyebar melalui hubungan seksual.

Herpes genital merupakan salah satu penyakit menular seksual yang dapat dicegah  melalui pencegahan yang dapat mendatangkan risiko penyakit tersebut.

Pengidap penyakit ini mengalami sering terjadi pada wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk mendapatkan penyakit tersebu, terutama pada orang yang aktif melakukan hubungan seksual.

Tidak ada obat untuk herpes genital secara khusus, akan tetapi mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat meringankan gejala dan mengurangi risiko infeksi dan penularan pada orang lain. Menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom juga dapat membantu pencegahan penularan herpes genital.

Gejala Serta Tanda-Tanda Penyakit Herpes Genital

apa itu herpes pada kelamin

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar orang yang terinfeksi penyakit herpes kelamin ini tidak menyadari keberadaan penyakit tersebut dalam tubuhnya sebab tak merasakan gejalanya secara signifikan. Namun ada beberapa gejala penyakit herpes genital yang dapat Anda telaah, di antaranya:

  • Area organ intim (wanita atau pun pria) meradang, terasa gatal, dan nyeri pada bagian itu.
  • Radang yang muncul akan menampakkan dirinya seperti luka bakar yang membuat organ intim terlihat mengkilap atau diseputar area kemaluan yang terinfeksi.
  • Merasakan nyeri yang luar biasa pada saat buang air kecil.
  • Mengalami gejala seperti gejala flu, sakit kepala, nyeri otot, dan terjadi pembengkakan kelanjar getah bening pada lipatan paha.
  • Ketika peradangan membuka, luka-luka terseut akan mongering serta mengerak. Biasanya tanda tersbeut menunjukan fase penyembuhan.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala atau peradangan seperti yang telah didisebutkan di atas, periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan cepat.

Beberapa Penyebab Herpes Genital

penyakit herpes kelamin

Herpes kelamin atau genital ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) dan dapat menular melalui hubungan seksual, seks oral, atau dari ibu pada bayinya. Serta, apbila pengidap penyakit tersebut dinyatakan sembuh, ada kemungkinan untuk datang kembali. Berikut adalah tipe virus herpes yang dapat menyerang tubuh:

  • Virus Herpes Simpleks Tipe 1 (HSV I) => menyebar melalui sariawan yang tampak melepuh dan dapat menyebar ke alat kelamin jika melakukan seks oral.
  • Virus Herpes Simpleks Tipe 2 (HSV II) => umumnya menyebabkan herpes genital. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual bahkan saat terjadi kontak kulit dengan kulit.

Akan tetapi, Anda pun harus tahu bahwa biasnaya virus cepat mati di luar tubuh. Proses penularan tak akan terjadi jika Anda menggunakan pakaian atau handuk bekas penderita penyakit tersebut.

Mengobati dan Mencegah Herpes Dermatitis Genital

herpes genital dan penyebab

Beberpa hal dibawah ini dapat Anda lakukan dalam upaya pencegahan penyakit herpes kelamin, di antaranya:

  • Merawat kesehatan organ intim dengan mengonsumsi suplemen kesehatan wanita dengan teratur dan sesuai petunjuk pemakaian.
  • Menghindari hubungan seksual dengan penderita penyakit herpes genital.
  • Perawatan menggunakan alat kesehatan wanita yang terbuat dari bahan herbal dan alami.
  • Menggunakan alat kontrasepsi kondom saat melakukan hubungan seksual.
  • Mengonsumsi obat herpes yang dianjurkan oleh dokter.

 

2019-04-18T21:36:37+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian