Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Bahayanya Penyakit Kandidiasis bagi Organ Reproduksi

Untuk mengenal apa itu kandidiasis, terlebih dahulu Anda harus mengetahui candidia. Jadi, apa itu candidia? Candida sebenarnya adalah kelompok jamur yang umumnya tinggal di dalam tubuh manusia. Jamur tersebut tersebut biasanya hidup dalam jumlah kecil di bagian tubuh seperti mulut, perut, kulit, bahkan area intim tanpa memberikan masalah.

Akan tetapi, apabila terjadi sebuah kondisi yang berubah atau tak biasa, jamur candidia ini dapat berkembang biak dan tumbuh tak terkendali sehingga menyebabkan infeksi yang biasa disebut kandidiasis.

Memahami Apa Itu Kandidiasis

apa itu kandidisis

Kandidiasis merupakan infeksi yang terjadi akibat tumbuhnya jamur candidia yang berlebihan. Jika seseorang mengalami penyakit ini, dapat berpengaruh padaarea kelamin, mulut, kulit, hinggadarah. Kandidiasis yang terdapat pada vagina sering disebut yeast vaginitis dan kandidiasis pada mulut dikenal sebagai thrush. Gejala yang muncul pada penyakit ini pun dapat berbeda-beda.

Selain itu,  penyakit kandidiasis dapat menyebabkan rasa tidak nyaman namun juga tidak terlalu membahayakan nyawa. Selain itu, terdapat penyakit kandidiasis yang serius serta memerlukan pengobatan medis, seperti kandidiasis yang masuk ke aliran darah, di antaranya adalah kandidemia atau kandidiasis invasif.

Penyebab Umum Kandidiasis

penyebab kandidiasis

Telah dikatakan sebelumnya bahwa penyakit kandidisis ini disebabkan oleh jamur candidia yang tumbuh dengan berlebihan. Jenis jamur candidia atau Candida Albicans ini tersebar hampir di seluruh tubuh.

Selain itu, jamur bertumbuh di area di mana terdapat kelembapan dan panas, seperti area genital dan area tertentu pada kulit. Juga, jamur candidia dapat tumbuh pada tubuh  orang dengan sistem imun yang lemah, seperti wanita hamil, orang dengan diabetes, atau HIV atau AIDS.

Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh konsumsi antibiotik dalam jangka panjang yang sebetulnya dapat membunuh bakteri alami pada tubuh Anda sehingga membuat pertumbuhan candidia ini semakin banyak.

Gejala pada Penyakit Kandidiasis

gejala kandidiasis

Terdapat beberapa gejala dari penyakit kandidiasis yang dapat dilihat pada area yang terkena infeksi, di ataranya:

  • Area genital => Infeksi yang disebabkan jamur pada vagina dapat mengakibatkan gejala rasa gatal yang ekstrem, kemerahan, serta rasa sakit pada area vagina. Pada wanita, akan tampak cairan vagina berwarna putih dan kental. Sedangkan pada pria, gejala dapat dirasakan berdasarkan rasa sakit, gatal, dan perih pada ujung penis.
  • Mulut serta kerongkongan => Infeksi akan menghasilkan bercak-bercak putih pada lidah dan mulut. Selain itu, gusi juga dapat menjadi bengkak dengan luka berwarna merah dan putih.
  • Area kulit => Bagian kulit akan tampak berwarna merah atau putih yang terasagatal, perih, serta menyebabkan radang.

Cara Mengobati Kandidiasis

pengobatan kandidiasis

Penyakit kandidiasis dapat diobati dengan menggunakan obat antijamur atau jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada tubuh. Jenis spesifik antijamur tergantung pada jenis infeksnya. Sehingga, sebelum konsumsi obat jamur dilakukan, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat untuk Anda. Selain itu, dokter dapat merekomendasikan obat-obat untuk menangani kandidiasis di bawah ini:

  • Antijamur golongan azole =>  obat yang dikemas dalam bentuk topikal, seringkali diberikan sebagai pengobatan pertama infeksi jamur, termasuk candidiasis.
  • Azole topical => fungsinya sama seperti antijamur azole lainnya, hanya dikemas sebagai krim oleh dalam bentuk topical
  • Penghambat sintesis golongan glukan => obat antijamur yang berfungsi untuk mengobati kandidiasis yang tergolong berat, sistemik, serta invasif. Obat ini juga dapat diberikan pada penderita candidiasis yang tidak dapat ditangani dengan obat amphotericin B.
  • Polyene => Obat antijamur berspektrum luas. Contohnya adalah amphotericin B dan nystatin.

Selain pengobatan, kandidiasis juga dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan area-area sensitif. Khusus wanita, hal ini juga dapat dicegah dengan cara menggunakan alat kesehatan wanita yang telah teruji keamanananya atau juga dapat mengonsumsi suplemen kesehatan wanita. Maka dari itu, Anda tak usah mengawatirkan kesehatan organ kewanitaan Anda.

2019-04-22T18:30:40+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian