Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Penyakit Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Apa itu kanker serviks ? Kanker serviks  dikenal juga sebagai kanker leher rahim. Penyakit ini merupakan salah satu momok menakutkan bagi setiap wanita di seluruh dunia karena menyerang organ reproduksi wanita.

Tahukah Anda bahwa penyakit tersebut adalah salah satu jenis kanker nomor empat yang paling sering menjangkit wanita? Bahkan, di Indonesia jenis kanker ini menempati urutan ke dua sebagai  penyakit yang berisiko besar terhadap nyawa orang yang mengidapnya setelah kanker payudara.

Tentang Apa Itu Kanker Serviks

seputar kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim atau serviks. Janis kanker ini juga dapat disebut dengan kanker mulut rahim. Hal yang perlu diwaspadai tentang penyakit ini adalah pada umumnya, kanker yang satu ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awal.

Serviks merupakan organ  yang terdapat pada bagian bawah rahim, terhubung ke vagina. Fungsinya adalah untuk memproduksi lendir atau mukus. Lendir  yang diproduksi serviks dapat membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Lalu, pada saat seorang wanita sedang mengalami masa kehamilan, organ tersebut akan menutup untuk menjaga janin tetap di rahim, kemudian akan membuka kembali serta melebar pada saat proses persalinan berlangsung.

Sebetulnya, kanker yang satu ini masih memungkinkan untuk disembuhkan jika gejala dari penyakit tersebut sebelumnya telah ditemukan sejak awal.  Beberapa metode juga dapat dilakukan guna mengendalikan risiko kanker serviks,. Akan tetapi, satu-satunya cara menghindari penyakit ini adalah mencegahnya dengan menjaga kesehatan alat reproduksi.

Jenis Kanker Serviks (Kanker Rahim)

kanker rahim

Menurut medis, terdapat dua jenis kanker serviks yang dapat dideteksi untuk membantu dokter dalam melakukan penangananya, di antaranya:

  • Adenokarsinoma => yaitu sejenis kanker serviks yang awalanya bermula atau menyerang sel kelenjar pada leher rahim.
  • Karsinoma sel skuamosa atau KKS => yaitu salah satu jenis kanker serviks yang pada umumnya paling sering menjangkit para wanita. Biasanya, KSS awalnya muncul pada sel skuamosa, yaitu sel yang  berfungsi melapisi leher rahim bagian luar.

Hal-hal yang Menyebabkan Kanker Rahim

penyebab kanker serviks

Penyakit kanker leher rahim  (serviks) sejauh ini disinyalir masih disebabkan oleh Humam Papilloma Virus atau HPV, yaitu sejenis virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di beberapa bagian tubuh. Ada 100 lebih jenis virus HPV yang dapat menyebabkan terjadinya kanker leher rahim. Akan tetapi, hanya sekitar 13 jenis virus yang sebagian besar menyerang dengan cara ditularkan melalui hubungan seks yang dilakukan.

Tidak hanya itu, kanker serviks juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempercepat risiko pertubuhan sel kanker rahim, di antaranya:

  • Terkena infeksi chlamydia atau penyakit menular seksual
  • Imunosupresi, contohnya HIV dan/atau AIDS
  • Obesitas atau kegemukan
  • Melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan
  • Merokok
  • Penggunaan obat anti keguguran
  • Wanita yang sudah merasakan hamil dan melahirkan lebih dari tiga kali
  • Hamil dan melahirkan di usia muda
  • Faktor kebersihan alat reproduksi
  • Faktor Keturunan
  • Faktor usia
  • Kebiasaan pada penggunaan alat kontrasepsi dalam jangka waktu tertentu, terutama dalam jangka waktu yang panjang

Tingkatan Stadium pada Kanker Serviks

stadium kanker serviks

Stadium digunakan untuk menjelaskan telah sampai mana tingkat penyebaran kanker. Dalam hal ini, semakin tinggi stadium kanker yang dialami,  semakin luas penyebarannya dan risikonya pun semakin tinggi. Di bawah ini merupakan tahapan atau stadium kanker serviks berdasarkan penyebarannya:

1. Stadium I

Pada stadium satu, sel kanker tumbuh di permukaan leher rahim, namuan belum menyebar ke luar rahim.  Selain itu, kemungkinan penyebaran kanker ada di sekitar kelenjar getah bening dan belum terlalu menyebar ke organ tubuh lainnya.

2. Stadium II

Pada tahap ini, sel kanker sudah menyebar menuju rahim, akan tetapi belum sampai pada again bawah vagina  atau pun dinding panggul. Kemungkinan terbesar kanker serviks stadium 2 ini sel kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening dan masih belum menyebar ke organ tubuh lainnya.

3. Stadium III

Kanker sudah menyebar ke bagian bawah vagina pada stadium 3. Selain itu, akan menekan ke saluran kemih dan menyebabkan hidronefrosis. Kemungkinannya,  kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya, namun masih belum juga menyerang organ di sekitarnya.

4. Stadium IV

Pada stadium 4, kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya hingga bisa sampai ke kandung kemih, hati, paru-paru, usus, bahkan tulang.

Untuk mencegah apa itu kanker serviks, Anda harus selalu senantiasa menjaga kebersihan organ kewanitaan dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut terjadi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan organ intim secara teratur, contohnya dengan menggunakan alat kesehatan wanita seperti Crystal X atau mengonsumsi suplemen Rose V sebagai upaya pencegahan kanker serviks.

2019-04-18T17:56:34+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian