Tentang Penyakit Kutil Kelamin atau Kandiloma Akuminata

Barangkali Anda baru mendengar apa itu kutil kelamin dalam dunia medis. Istilah kutil kelamin dapat juga disebut kandiloma akuminata. Meskipun konsdisi seperti ini tidak mengancam nyawa, akan tetapi virus yang menyerang alat reproduksi ini dapat menyebabkan komplikasi, termasuk tipe-tipe kanker tertentu.

Hal yang tidak nyaman jika Anda mengidap kutil kelamin yaitu terasa gatal dan memalukan, sehingga kamu harus melindungi diri dari penularan virus tersebut.

Pengertian Kutil Kelamin

pengertian kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan kondisi tubuh, khususnya pada bagian alat kelamin terdapat benjolan yang akan mengganggu Anda dalam melakukan berbagai aktivitas, terutama aktivitas seksual. Selain itu, kondisis ini adalah salah satu gejala yang paling umum muncul akibat infeksi menular seksual. Kondiloma akuminata umumnya muncul akibat infeksi HPV (human papillomavirus) tertentu, yaitu HPV 6 dan  11. Selain kutil pada vagina atau penis, HPV juga bisa menyebabkan kenker serviks pada wanita.

Penyebaran kutil kelamin sendiri dapat terjadi karena penggunaan alat bantu seks  atau mainan seks (sex toys) pada saat melakukan aktivitas seksual. Selian itum pada kasus yang jarang terjadi, kutil kelamin dapat menular ke bayi, dari ibu yang terinfeksi virus. Perlu diketahui, kutil kelamin tidak menular melalui ciuman, atau media tertentu seperti alat makan, handuk, dan toilet duduk.

Gejala  datangnya Penyakit Kutil Kelamin

gejala kutil kelamin

Ada sudah tahu apa itu kutil kelamin, namun juga harus tahu apa saja gejala penyakit ini muncul. Khusus bagi wanita, penyakit kondiloma akuminata dapat muncul di bagian paha bagian atas vulva, dinding vagina, daerah antara alat kelamin eksternal dan anus, saluran anus, dan leher rahim. Berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat menunjukan keberadaan penyakit tersebut, di antaranya:

  • Terjadi pembengkakan di daerah kemaluan.
  • Beberapa kutil berdekatan dan bentuknya menyerupai bentuk kembang kol.
  • Terasa gatal atau rasa tidak nyaman di daerah kemaluan.
  • Perdarahan saat hubungan seksual (bukan untuk pertama kali).

Sebagai area yang lembap dan mudah basah, bagian kelamin menjadi tempat paling aman dan nyaman bagi virus tersebut hidup. Terlebih, jika seorang mempunyai kelenjar keringat yang banyak di bagian vital.

Selain itu, terdapat kemungkinan adanya tanda-­tanda dan gejala kutil kelamin yang  lainnya karena tidak disebutkan . Bila Anda memiliki gejala yang sama persis atau setidaknya khawatir terhadapa gelaja yang telah disebutkan tasi, harap hubungi dokter.

Penyebab Kutil Kelamin

sebab kutil kelamin

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyebab kutil kelamin adalah virus HPV. Dilaporkan bahwa ada lebih dari 40 jenis HPV yang dapat memengaruhi area kelamin. Sebagian besar kasus penyakit kutil kelamin disebabkan oleh virus HPV tipe 6 dan 11.

Kondiloma akuminata menyebar melalui kontak fisik pada hubungan seksual. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan tubuh yang baik akan mampu membunuh virus HPV genital dan Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda “hampir” terkena penyakit kondiloma akuminata. Penyakit kondiloma akuminata dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit. Hal ini biasanya meliputi aktivitas seksual, seperti:

  • Penggunaan mainan seks (sex toy) atau alat bantu yang tidak steril.
  • Seks vaginal
  • Oral seks (jarang terjadi, namun tetap bisa memengaruhi penyebaran kutil).
  • Vaginal sex
  • Sex anal

Penyakit ini juga dapat terjadi dan menular ketika tangan seorang yang terinfeksi menyentuh area genitalnya sendiri dan kemudian menyentuh area genital pasangannya, hanya saja sangat jarang terjadi. Penyakit ini dapat menulr melalui ibu hamil yang terinfeksi penyakit yang sama pada anaknya saat proses persalinan berlangsung.

Pengobatan dan Pencegahan Penyakit Kutil Kelamin

pengobatan kutil kelamin

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan perawatan yang teratur, misalnya dengan mengonsumsi suplemen kesehatan wanita atau menjaga kebersihan organ intim dengan menggunakan alat kesehatan wanita.

Namun, apabila telah telanjur terinfeksi penyakit tersebut, ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan seperti:

  • Eksisi => kutil dipotong menggunakan pisau bedah dan menyebabkan efek samping rasa sakit yang luar biasa.
  • Electrocautery => metode bedah yang menggunakan listrik untuk membuang jaringan abnormal, termasuk kutil kelamin.
  • Krioterapi => prosedur yang menggunakan nitrogen cair dengan suhu minus 195 derajat Celsius.
  • Bedah Laser => laser digunakan untuk menghancurkan pembuluh darah di dalam kutil, sehingga kutil mati dan dapat diangkat.

NAmun, ada hal yang lebih baik daripada melakukan pengobatan, yaitu pencegahan. Anda dapat mencegah datangnya berbagai penyebab penyakit kelamin menular dengan melakukan perawatan, salah satunya mengonsumsi Rose V untuk menjaga kesehatan organ intim Anda.

 

2019-04-23T10:19:50+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!