Memaknai LGBT dan Asal Mula Bendera Pelangi

Dalam kehidupan serta peradaban manusia yang semakin maju, tentu orang-orang pun makin bebas menyuarakan segala opini dan pendapat yang menurutnya benar. Dalam hal ini, tentu barangkali Anda sudah tak asing lagi mendengar apa itu LGBT dan apakah memang hal tersebut memang harus di terima atau malah sebaliknya.

Polemik mengenai isu LGBT ini tak pernah habis termakan waktu. Bahkan sebagian di anataranya mulai berpikir apalah LGBT itu penyimpangan atau HAM yang harus diterima dengan baik keberadaannya.

Apa Itu LGBT Beserta Pandangan Orang Terhadapnya?

apa itu lgbt

Pada awalnya keberadaan LGBT ini banyak ditentang oleh berbagai pihak karena dianggap sebagai perilaku menyimpang seksual yang dilakukan oleh orang dengan orientasi  seksual tertentu. Bahkan dengan tegar ada beberapa negara yang menentang LGBT dan memberikan hukuman pada tiap orang yang memiliki perilaku tersebut.

Lalu sebetulnya, apa itu LGBT dan bagaimana awal keberadaan kaumnya?

LGBT merupakan suatu istilah yang merujuk pada singkatan dari kata Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender – yang mana keempat istilah tersebut dianggap sebagai orientasi  seksual yang bisa dimiliki oleh tiap  orang. Dalam arti lain, LGBT itu merupakan sebutan bagi orang yang terlibat ke dalam atau pun sebutan bagi orang-orang yang pro atau memberikan dukungan terhadap komunitas tersebut untuk menunjukan eksistensinya. Selain itu, istilah ini juga bisa merujuk pada orang yang merasa “abu-abu” terhadap identitas seksual yang dimilikinya (disebut Queer). Hal ini pun menjadikan adanya istilah baru, yaitu LGBTQ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, dan Queer).

Namun ternyata, tidak semua orang atau beberapa di antaranya tidak setuju dengan adanya penyeragaman sebutan “LGBT” pada dirinya walaupun memiliki orientasii atau identitas seksual yang sama. Hal ini dikarenakan sebagian dari mereka merasa dirinya tidak memiliki hubungan dengan kelompok tertentu, termasuk kelompok LGBT.

Beberapa orang juga secara terbuka menyatakan bahwa pergerakan transgender dan transeksual itu tidak sama dengan pergerakan kaum “LGB”. Mereka juga meyakini separatisme antara lesbian gay. Bahwa, kelompok lesbian dan gay seharusnya dipisah satu sama lain.

Raibow Flag Sebagai Simbol LGBT

bendera pelangi lgbt

Setelah mengetahui apa itu LGBT dan beberapa pandangan mengenai komunitas tersebut, pasti Anda pun penasaran mengapa kaum LGBT menggunakan bendera pelangi sebagai simbolnya. Lalu, bagaimana pula awal mula terciptanya bendera pelangi sebagai simbol LGBT?

Seperti yang Anda tahu bahwa bendera itu sendiri merupakan sebuah simbolis terhadap adanya sebuah komunitas atau persatuan. Maka, untuk memperlihatkan eksistensisme kaum LGBT itu sendiri dibuatlah bendera, yaitu bendera pelangi di mana warna pelangi merupakan interpretasi warna keberagaman dan keanekaragaman.

Dilansir dari sebuah media online, bahwa Rainbow Flag ini dirancang olehseseorang bernama Gilbert Baker yang berasal dari San Francisco. Ia membuatnya sekitar tahun 1970-an dengan enam garis mewakili enam warna pelangi sebagai simbol kebanggaan kaum homoseksual, terutama gay. Bendera itu pertama kali dikibarkan dalam parade gay San Francisco pada tanggal 25 Juni 1978.

Selanjutnya, disinyalir bahwa Gilbert terinspirasi oleh lagu Judy Garland yang merupakan ikon gay pada masa itu yang membintangi film berjudul The Wizard of Oz di mana ia telah melahirkan bahasa gaul sehari-hari kaum gay. Penampilannya pun  terkenal dalam lagu Over the Rainbow.

Hingga saat ini, isu LGBT masih menjadi polemik yang juga menyebabkan pro dan kontra meskipun sudah ada beberapa negara yang mendukung LGBT dengan suara keras.

2019-06-19T10:43:03+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!