Pengertian Masa Pubertas yang Terjadi Pada Remaja

Sebagai manusia, pasti mengalami berbagai masa atau tahap-tahap tertentu pada pertumbuhan seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini, ada fase di mana  manusia mengalami masa transisi serta mengalami berbagai macam perubahan, baik secara fisik maupun mental yang disebut masa pubertas. Lalu, apa itu masa pubertas yang sebenarnya?

Masa pubertas bisa menjadi sebuah fase di mana akan menjadi masa terakhir pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada fase yang satu ini, biasanya akan terjadi puncak pertumbuhan  yang juga disebut growth spurt. Hal ini  merupakan masa pertumbuhan kedua tercepat setelah masa bayi. Selain itu, pubertas yang terjadi mampu mendukung nutrisi dan aktivitas fisik dalam pertumbuhan.

Apa Itu Masa Pubertas Menurut Para Ahli

pengertian masa puber

Pubertas merupakan suatu refleksi maturasi yang bertahap pada manusia remaja yang tidak terjadi begitu saja. Hal ini terjadi dikarenakan timbulnya tanda seks sekunder yang akan memacu pertumbuhan dalam kesiapan untuk bereproduksi. Berikut ini pendapat para ahli mengenai apa itu masa pubertas yang harus Anda ketahui.

  • Stayne (2000) => Merupakan masa transisi dari masa kanak-kanan menujumasa dewasa. Biasanya ditandai dengan munculnya beberapa tanda seksual sekunder dan kemampuan bereproduksi dengan ditandai dengan perubahan hormonal, perubahan fisik, maupun perubahan pada psikologis dan sosial.
  • Panuji dan Umami (1999) => Berasal dari kata latin Pubescere berarti mendapat pubes atau rambut kemaluan yaitu suatu tanda kelamin sekunder yang menunjukkan perkembangan seksual.
  • Chaplin (1993: 408) => periode-periode kehidupan dimana terjadi kematangan organ-organ seks mencapai tahap menjadi fungsional terhadap variasi yang jelas sekali diantara individu-individu yang berbeda, pada umumnya usia akhir periode untuk anak perempuan adalah 13 tahun dan pada anak laki-laki 14 tahun.
  • Al Mighwar (2006: 70)=> Merupakan masa transisi yang tumpang tindih. Dikatakan transisi sebab pubertas berada dalam peralihan antara masa kanak-kanak dengan masa remaja. Bersifat tumpang tindih karena beberapa ciri biologis beserta mental atau psikologis kanak-kanak masih dimilikinya, sementara beberapa ciri remaja juga dimilikinya.

Pada dasarnya, apa itu masa pubertas merupakan salah satu fase yang dialami manusia remaja sebagai proses pendewasaan diri dan kematangan. Baik itu terjadi secara fisik maupun ssecara mental.

Ciri-Ciri Masa Pubertas

ciri masa pubertas

Terdapat dua kategori ciri masa pubertas, yakni berdasarkan fisik dan juga berdasarkan mental atau psikologisnya, di antaranya adalah sebegai berikut:

1. Berdasarkan Fisik

Dilansir lewat sebuah situs, menurut Sujanto (1996: 172–173) ciri-ciri masa pubertas yang dapat dilihat berdasarkan fisiknya yang terjadi pada remaja secara umum adalah sebagai berikut:

  • Pada anak laki-laki akan mengalami mimpi basah (mimpi berhubungan badan). Sementara itu, anak perempuan mengalami menstruasi.
  • Terlihat perkembangan tubuh secara signifikan. Pada anak laki-laki akan tampak dadanya bertambah dengan otot-otot yang kuat. Sedangkan  anak perempuan akan terlihat pada pinggulnya mulai melebar.
  • Tumbuh rambut pada bagian tertentu, terutama di bagian kemaluan.
  • Perubahan pada suara.

2. Berdasarkan Mental atau Psikologis

Sementara itu, Soetioe (1982: 5–6) mengatakan bahwa ciri-ciri masa pubertas yang terjadi pada tiap remaja jika dilihat berdasarkan mental atau psikologisnya di antaranya:

  • Mengalami pertumbuhan kepribadian di mana sang anak yang sedang beradap pada fase puber akan menemukan diri sendiri. Selain itu, ia mulai meneliti hidupnya.
  • Anak puber mengalami sikap yang cenderung tidak tenang serta tidak seimbang. Biasanya akan menunjukkan sifat yang bertentangan.
  • Berusaha mencoba mencari pergaulan di luar keluarga. Biasanya hal ini diikuti usaha melepaskan diri dari ikatan keluarganya.
  • Terjadi perubahan daya pikir di mana remaja yang mengalami masa pubertas akan melepaskan sifat-sifat konkret dan menuju sifat-sifat abstrak.
2019-05-10T10:07:13+07:00

Comments are closed.

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!