Tentang Menstruasi yang Perlu Diketahui

Apa itu mesntruasi yang sebetulnya? Dalam budaya masyarakat kebanyankan, terutama yang masih menganut budaya patriarki darah haid atau menstruasi dianggap sebagai darah kotor. Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya-tanya sebetulnya apa yang dimaksud dengan darah kotor itu? Apakah benar bahwa darah haid itu termasuk darah kotor?

Anggapan masyarakat pada umumya tentang darah haid sudah keliru. Darah haid bukanlah darah kotor , melainkan sebenarnya tidak berbeda dengan darah dari luka terkena goresan atau apa pun. Hanya saja, pada darah menstruasi mengandung sisa jaringan dari dinding rahim yang luruh setelah proses ovulasi terjadi.

Apa Itu Menstruasi pada Wanita?

pengertian menstruasi

Menstruasi terjadi ketika lapisan pada dinding rahim dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan kemudian akan meluruh serta keluar melalui vagina pada setiap bulannya. Pada saat itu, tubuh wanita mempersiapkan kehamilan dengan melepaskan sel telur. Pelepasan sel telur dari indung telur tersebut yang Anda kenal dengan sebutan ovulasi. Jika sel telur yang dilepas tidak dibuahi sel sperma, sel telur akan ikut larut dan keluar bersama dengan darah dari dinding rahim dan terjadilah menstruasi.

Saat sedang haid atau menstruasi, wanita akan mengalami perdarahan dari vagina selama 2 hari sampai satu minggu atau bisa juga lebih dan tergantung pada hormone masing-masing wanita. Volume darah  yang keluar pada saat kondisi ini rata-rata sekitar 30-70 mililiter. Tetapi ada sebagian wanita yang mengeluarkan darah yang lebih banyak. Biasanya, volume perdarahan terbanyak selama menstruasi terjadi pada hari pertama, kedua, dan ketiga.

Sindrom pramenstruasi (PMS)

sindrom menstruasi

Dalam sebuah siklus menstruasi, biasanya terjadi perubahan kadar hormon pada tubuh wanita. Perubahan jumlah hormon  tersebut juga bisa memengaruhi fisik dan emosi, yang dapat muncul beberapa hari sebelum menstruasi. Gejala ini disebut sindrom pramenstruasi atau premenstrual syndrome (PMS).

Di bawah ini merupakan sejumlah perubahan fisik dan emosi yang biasanya muncul sebelum seorang wanita mengalami menstruasi adalah:

  • Lelah => keadaan di mana tubuh terasa lemas dan tidak memapu melakukan beberapa aktivitas fisik. Konsidi ini dapat terjadi sebelum wanita mentruasi.
  • Perut kembung => sebelum menstrusi datang, tak jarang banyak wanita yang merasakn kembung pada perutnya.
  • Payudara menjadi sensitif => selain rasa lelah dan perut kembung, kondisi payudara juga akan terasa menjadi lebih sensitif biasanya terasa linu pada saat hendak memasuki masa haid.
  • Nyeri pada otot dan sendi => nyeri pada otot dan persendian tubuh biasanya akan diikuti dengan rasa lelah ketika wanita akan memasuki masa haid.
  • Muncul jerawat => simdrom pramensntruasi membuat perubahan hormon yang menyebabkan minyak di wajah akan diproduksi lebih, karena itu sering sekali jerawat muncul pada wanita yang akan memasuki waktu menstruasi.

Tidak hanya perubahan fisik saja, perubahan hormone pada wanita yang sedang terjebak pada masa haid atau menstruasi dapat menyebabkan emosi yang tidak begitu stabil. Sehingga, terjadi kondisi-kondisi di bawah ini:

  • Uring-uringan
  • Suasana hati yang tidak stabil dan mood yang menurun secara drastic
  • Sulit konsentrasi
  • Mudah menangis dan lebih sensitif terhadap menanggapi sesuatu yang emosional.
  • Sulit tidur dan terkadang terjadi kondisi insomnia.
  • Perubahan nafsu makan
  • Kecemasan berlebihan
  • Turunnya rasa percaya diri
  • Gairah seks yang menurun.

Gejala PMS yang dialami beberapa wanita ternyata dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga memaksa wanita yang mengalami PMS berat untuk beristirahat. Akan tetapi, biasanya gejala-gejala tersebut akan berkurang seiring berjalannya waktu karena hormon akan lebih stabil.

Setelah mengetahui apa itu menstruasi, Anda dapat menyimpulkan bahwa gejala menstruasi bisa saja berbeda-beda. Selain itu sering sekali terjadi beberapa hal yang menyebabkan permasalahan lainnya, misalnya nyeri dan siklusnya pun tak teratur. Rose V merupakan suplemen kesehatan wanita yang dapat membantu mengatasi masalah kewanitaan.

2019-04-30T14:05:27+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!