Bagaimana Praktik Poligami dalam Berbagai Perspektif?

Poligami merupakan sebuah isue yang cukup kontroversial dan juga menimbulkan berbagai polemik bagi kebanyakan masyarakat. Hal ini dikarenakan praktik pologami dianggap sebagai hubungan pernikahan yang tidak adil dan akan merugikan sebelah pihak. Untuk mengetahui apa itu poligami yang sebetulnya, Anda harus mengenalnya dari berbagai perspektif dan sudut pandang.

Mengenal Apa Itu Poligami

pengertian poligami

Anda barangkali telah sering mendengar tentang apa itu poligami di mana sangat erat dihubungkan dengan perkawinan atau pernikahan satu orang lawan jenis dengan lawan jenisnya yang lebih dari satu. Dalam hal ini, misalnya seorang pria memiliki istri lebih dari satu.

Jika dilihat secara etimologi atau bahasa, poligami berasal dari dua kata bahasa Yunani yakni polus (artinya banyak) dan gamos (perkawinan). Dan jika kedua kata tersebut digabungkan akan menghasilkan arti perkawinan yang banyak. Dalam hal ini, poligami merujuk pada sebuah sistem perkawinan di masyarakat di mana sebelah pihak boleh menikahi atau mengawini lebih dari satu.

Untuk pengertian lebihn jelasnya mengenai apa itu poligami, beberapa ahli menyatakan pendapatnya tentang istilah tersebut:

  • Siti Musdah Mulia =>  merupakan ikatan perkawinan dalam hal mana suami mengawini lebih dari satu istri dalam waktu yang sama.
  • WJS. Poerwadarminta => adat seorang laki-laki beristri lebih dari seorang.
  • Moch. Anwar => adalah beristri lebih dari satu.

Banyak orang yang menyangka bahwa pihak yang berpoligami biasanya dilakukan oleh pihak suami (pria). Namun, hal itu sedikit keliru sebab terdapat beberapa istilah lain yang berhubungan dengan poligami itu sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Poligini => merupakan sistem perkawinan yang membolehkan seorang pria memiliki beberapa wanita sebagai istrinya dalam waktu yang bersamaan.
  • Poliandri => sistem perkawinan yang membolehkan seorang wanita mempunyai suami lebih dari satu orang dalam waktu yang bersamaan.
  • Pernikahan kelompok atau group marriage => yaitu kombinasi poligini dan poliandri.

Jadi pada dasarnya, pernikahan jenis ini melibatkan kedua belah pihak, baik itu pria ataupun wanita untuk memiliki pasangan pernikahan lebih dari satu.

Pesrpektif Poligami dari Berbagai Agama

perspektif poligami

Kebanyakan orang akan menyangka bahwa poligami itu adalah sesuatu yang identik dengan Islam. Pada kenyataannya tidak demikian. Praktik poligami itu sendiri sudah ada sejak dulu, tepat sebelum Islam menjadi agama yang banyak dianut oleh begitu banyak orang.

Poligami itu sendiri ternyata dilakukan oleh berbagai macam kalangan umat beragama, di antaranya:

1. Hindu

Praktik poligami juga dilakukan oleh penganut agama hindu pada masa dulu. Namun, hal tersebut dibatasi dengan kasta di mana hanya kasta tertentu yang boleh melakukan poligami.

Akan tetapi, secara jelas sebetulnya hindu melarang praktik tersebut dan telah dicantumkan di kitab Hindu. Di sisi lain, terdapat cerita Mahabarata yang menunjukan adanya praktik poligami (poliandri) yang dilakukan oleh Drupadi kepada Lima Pandawa yang merupakan sebuah syarat untuk menaati perintah.

2. Buddha

Dalam agama Buddha, tidak ada penjelasan mengenai pernikahan yang boleh dilakukan oleh sebelah pihak dengan banyak pasnagan. Agama ini pun tidak menetapkan ketentuan yang religius tentang pernikahan. Hanya saja, Sidharta Gautama memberikan berbagai nasihat untuk menjalani kehidupan rumah tangga yang terpuji.

3. Kristiani

Secara umum, gereja di berbagai aliran agama kristiani seperti ortodoks, protestan, dan katolik menentang sekali adanya praktik poligami tersebut. Namun, ada beberapa aliran agama kristiani yang juga memperbolehkan pengikutnya untuk melakukannya.

4. Mormonisme

Hampir dengan Islam yang justru memberikan hukum sunnah untuk poligami, mormonisme juga menganjurkannya. Malah, agama yang satu ini hampir mewajibkan sistem perkawinan yang satu itu. Hal tersebut juga membuat penganut Mormonisme di Amerika Serikat memprotes keras undang-undang anti-poligami.

 

2019-05-29T15:06:04+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!