Mengenai Puber Kedua dan Tanda-Tandanya

Dalam fase kehidupan serta pertumbuhan manusia, pasti Anda telah mengenal istilah masa pubertas yang terjadi saat menginjak usia remaja, kan? Masa itu merupakan proses transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Namun, apa Anda pernah mendengar istilah puber kedua? Apa itu puber kedua beserta ciri-ciri seseorang yang mengalaminya?

Kebanyakan orang menganggap puber kedua terjadi ketika seseorang merasa jenuh dengan kondisi di sekelilingnya saat menjalani hidup. Banyak pula yang menganggap bahwa keadaan tersebut terjadi hanya pada pria. Bahkan ada yang menyatakan bahwa puber kedua ini akan terjadi pada tiap pria normal pada umumnya (dikutip dari sebuah situs daring).

Apa Itu Puber Kedua dan Bagaimana Penjelasannya?

apa itu puber kedua

Rupanya, selain mengalami perubahan fisik, pubertas juga menyebabkan adanya perubahan kondisi psikis yang ditandai dengan terjadinya perbahan tingkah laku pada seseorang. Lalu bagaimana dengan pubertas kedua?

Menurut medis sendiri, pubertas kedua ini ternyata tidak ada. Hanya saja istilah tersebut sangat umum digunakan untuk menyebut orang dewasa yang berperilaku seakan-akan seperti remaja yang baru saja memasuki masa puber. Seperti, beberapa orang yang menemui  kondisi ini akan terlihat lebih memperhatikan penampilan, perubahan mood, stres, rendah diri, atau sebaliknya lebih percaya diri, danbisa juga lebih agresif dari biasanya.

Pubertas kedua sebetulnya adalah masa saaat seseorang  kembali melewati periode ‘badai dan stres’ disertai dorongan gairah yang menggebu-gebu. Umumnya akan terjadi ketika menginjak usia sekitar 35-40 tahun, hal  tersebut dikatakan oleh seorang ahli psikologi.

Tanda-Tanda Puber Kedua

tanda-tanda puber kedua

Setelah Anda mengetahui apa itu puber kedua, Anda juga mesti mengetahui bagaimana tandap-tanda seseorang mengalami puber kedua. Meskipun pada dasarnya istilah tersebut dinyatakan tak ada di dunia medis.

Akan tetapi, terdapat beberapa tanda-tanda umum yang bisa Anda lihat mengenai seseorang yang tengah mengalami masa pubertas kedua ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan Fisik yang Menyebabkan Tubuh Tidak Lagi Proporsional

Seperti halnya masa pubertas pada saat remaja, pubertas kedua ini juga akan menyebabkan seseorang mengalami perubahan fisik. Perubahan fisik yang terjadi pada fase ini adalah dengan disertai pertumbuhan fisik yang berlangsung secara cepat dan konstan sehingga  membuat bagian tubuh tertentu tidak tumbuh secara proporsional.

2. Terjadi Perubahan pada Suara

Sama dengan masa remaja, ternyata perubahan suara juga dapat terjadi pada seseorang yang tengah mengalami pubertas kedua. Ketika remaja (laki-laki) mengalami perubahan suara menjadi besar, perubahan suara pada seseorang yang mengalami masa puber kedua ini akan terdengar lebih dalam dan parau.

3. Senang Berpenampilan Modis

Ketika remaja yang mengalami masa pubertas cenderung lebih memerhatikan penampilan supaya lebih modis untuk menarik perhatian lawan jenis, maka begitu pula yang terjadi pada orang yang mengalami puber kedua.

Kebanyakan dari mereka barangkali cenderung memerhatikan pilihan jenis pakaiannya supaya terlihat berbeda. Selain itu, cara berpakaiannya pun akan lebih modis serta senantiasa memperhatikan kerapian dan sebagainya. Bukan hanya itu, kebanyakan dari mereka juga akan memperhatikan aroma tubuh dengan memakai wewangian.

4. Sering Memperlihatkan Penampilan Rambut yang Lebih Rapi

Apabila seorang pria pada usia kepala tiga jarang sekali memperhatikan kerapian rambutnya, lalu pada saat ia menginjak uasia kepala empat (sekitar 40 tahunan) ia lebih perhatian dengan rambutnya, ada kecenderungan ia tengah mengalami puber kedua.
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa pria yang sedang barada pada fase puber kedua ini akan sangat suka memperhatikan segala aspek tentang penampilannya, termasuk rambut.
2019-05-11T09:48:19+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!