Bagian-Bagian dalam Rahim Pada Wanita dan Fungsinya

Apa itu rahim dan apa sajakah bagian-bagian pada organ tubuh yang stau itu? Manusia memiliki rahim yang berbentuk sederhana, yaitu menyerupai buah pir di manaseluruh bagian rahim menyatu menjadi satu organ yang berfungsi di sekitar panggul.

Apa Itu Rahim dan Apa Fungsinya?

bagian rahim

Bagian tubuh wanita yang satu ini merupakan organ penting dalam sistem reproduksinya. Selain itu, rahim terhubung dengan leher rahim (serviks), yang tersambung dengan vagina dan tuba falopi.

Rahim merupakan salah satu organ kompleks yang masuk ke dalam bagian dari sistem reproduksi wanita. Letak organ tersebuy berada di bawah pusat, tepatnya di daerah pinggul. Fungsi utama dari uterus adalah sebagai tempat hidup dan tumbuhnya janin sebelum dilahirkan. Ketika terjadi masa kehamilan, seluruh proses perkembangan bayi terjadi di organ tubuh tersebut.

Bagian-Bagian dari Rahim pada Wanita

apa itu rahim

Setelah mengetahui apa itu rahim dan fungsi utamanya, Anda pun mesti mengetahui bagian-bagian atau strusktur dalam rahim. Sebagian besar komponen penyusunrahim merupakan otot yang mampu melakukan kontraksi  serta relaksasi sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah bagian-bagian dari rahim beserta fungsinya:

1. Fundus Uteri

Fundus uteri bentuknya hampir menyerupai kubah. Organ tersebut adalah bagian atas uterus. Pada bagian tersebut, tuba fallopi masuk ke uterus ketika kehamilan. Ukuran tinggi dari fundus uteri dapat membantu untuk memperikaran usia kehamilan seseorang.

2. Korpus Uteri

Korpus uteri adalah bagian badan rahim yang paling utama dan terbesar. Bagian rahim yang satu ini pada umumnya akan tampak menyempit di bagian bawahnya dan berlanjut sebagai serviks.

3. Serviks Uteri

Serviks uteri (serviks) adalah bagian penonjolan ke dalam vagina pada dinding depan pada rahim. Organ yang satu ini terdiri dari dua bagian,yaitu

  • Pars vaginalis (porsio serviks)
  • Pars Supravaginalis (bagian serviks uteri yang terletak di atas vagina)

Sementra itu, saluran yang terbentuk pada serviks disebut kanalis serviks. Bentuk dari saluran yang satu ini menyerupai saluran lonjong. Selain itu panjangnya berkisar antara 2,5 cm.

Struktur Lapisan Rahim pada Wanita

apa itu rahim

Sementara itu, terdapat lapisan yang menyusun dari dalam menuju ke luar dinding rahim, di antaranya:

1. Endometrium

Endometrium merupakan lapisan selaput lendir yang disusun oleh jaringan epitel, kelenjar dan banyak pembuluh darah pada rahim. Epitel penyusunnya di antaranya ada epitel selapis silindris,di mana banyak kelenjar yang memproduksi lendir pada bagian ini. Selain itu, 2/3 bagian atas dari rahim bagian dalam dilapisi oleh epitel silindris dengan selaput lendir. Sementara itu,  bagian sepertiga bawahnya dilapisi oleh epitel berlapis gepeng yang menyatu dengan epiter vagina.

Endometrium merupakan lapisan yang memiliki peran yang sangat penting selama proses menstruasi. Dinding endometrium inilah yang akan luruh bersamaan dengan sel ovum atau sel telur matang yang tidak dibuahi saat masa menstruasi.

2. Myometrium

Selanjutnya ada lapisan myometrium yang merupakan lapisan otot yang disusun oleh kumpulan otot polos. Pada bagian dalam lapisan tersebut umumnya disusun oleh otot yang berbentuk melingkar. Sementara itu,pada bagian luar lapisan tersebut berbentuk longitudinal. Kemudian, di antara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan paling kuat dan mengandung banyak pembuluh darah yang disebut oblik.

3. Perimetrium

Lapisan selanjutnya adalah primetrium yang merupakan lapisan terluar dari rahim. Lapisan ini juga sering disebut dengan lapisan serosa. Ini merupakan membran berlapis ganda yang akan berlanjut ke abdomen dan disebut peritoneum.

Karena Anda telah mengetahui apa itu rahim dan fungsinya yang sangat penting. Maka, Anda pun harus bisa menjaganya supaya terbebas dari berbagai penyakit yang membahayakan seperti kanker serviks.

2019-06-30T15:15:44+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!