Pengertian Rahim Serta Fungsinya pada Tubuh Wanita

Ada satu hal yang memang membedakan wanita dengan pria pada tubuhnya, yakni rahim. Lalu apa itu rahim dan apa saja fungsinya bagi wanita? Terdapat beberapa perspektif tentang rahim. Seperti di dunia medis, rahim hanya dianggap sebagai organ tubuh biasa. Namun, perspektif lain menyatakan bahwa rahim adalah sesuatu yang sangatlah istimewa.

Lewat rahim sebuah kehidupan bisa bermula. Karena, hal tersebut merupakan salah satu organ reproduksi pada wanita di mana di sanalah janin akan tumbuh dan berkembang.

Mengenal Apa Itu Rahim pada Tubuh Wanita

apa itu rahim wanita

Rahim merupakan sebuah organ yang membedakan wanita dengan pria. Lalu sebetulnya apa itu rahim sebagai organ di dalam tubuh wanita? Dalam dunia medis, rahim memiliki nama lain, yakni uterus di mana merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang terhubung dengan serviks (leher rahim) yang akan menyambung ke vagina dan tuba fallopi.

Pada umumnya, wanita memiliki rahim yang bersifat bertipe simpleks. Dalam hal ini, artinya organ tersebut hanya memiliki satu ruangan. Bentuknya pun menyerupai buah pir yang  terbalik di mana bagian atas memiliki ukuran lebih besar yang disebut fundus atau kepala rahim. Semnetara itu, bagian tengah disebut cavum atau rongga rahim. Kemudian bagian yang paling bawah yang mengecil disebut serviks atau leher rahim.

Terdapat tiga lapisan pada dinding rahim itu sendiri, yakni:

  • Perimetrium => yaitu, lapisan terluar yang berfungsi sebagai pelindung rahim.
  • Miometrium => yaitu, lapisan tengah dan kaya sel otot.  Memiliki fungsi untuk proses kontraksi dan relaksasi rahim, dengan cara melebar dan kembali ke bentuk semula setiap bulannya, juga pada saat masa kehamilan berlangsung.
  • Endometrium => yaitu, lapisan terdalam dari rahim. Bagian ini banyak menghasilkan lendir dan kaya akan pembuluh darah. Sebulan sekali, ketika menstruasi, lapisan ini akan luruh yang kemudian akan terjadi perdarahan.

Apabila dilihat dari kacamata anatomi, rahim itu sendiri akan terhubung dengan organ reproduksi wanita lainnya. Seperti, ovarium atau yang sering dikenal sebagai indung telur, tuba falopi dan juga vagina.

Fungsi Rahim Sebaggai Organ Reproduksi Wanita

apa itu rahim wanita

Setelah mengetahui apa itu rahim dan bagian-bagiannya, Anda pun mesti mengetahui tentang fungsi rahim atau uterus itu sendiri. Namun yang harus Anda tahu adalah fungsi utama dari uterus atau rahim yaitu untuk menerima sel telur yang dibuahi di mana hal tersebut kemudian akan berkembang menjadi janin dan menahannya selama masa kehamilan.

Berikut ini beberapa fungsi rahim yang mesti Anda ketahui:

1. Untuk Menahan Ovum yang Dibuahi

Fungsi rahim atau uterus salah satunya adalah untuk menahan ovum yang dibuahi. Jika sel telur atau ovum telah dibuahi oleh sperma, maka organ tersebut perlu ditahan supaya dapat tumbuh dan berkembang menjadi janin. Karena, jika tidak ada proses pembuahan dalam rahim, maka sel telur (ovum) akan keluar.

2. Tempat Implantasi

Fungsi rahim yang selanjutnya adalah untuk tempat implantasi yang terjadi pada awal kehamilan. Hal itu merupakan keadaan ovum yang telah dibuahi. Kemudian, jaringan yang berada di sekitar sel telur pun akan  mengalami kerusakan pembuluh darah, sehingga darah akan keluar dan menghasilkan bercak sebagai tanda awal kehamilan pada seorang wanita.

3. Sebagai Saluran Gamet

Ejakulasi yang terjadi pada saat Anda dan pasangan Anda berhubungan intim akan membuat spermatozoa berjalan ke atas melalui servik melalui uterus menuju tuba fallopi. Pada saat ini pun kemungkinan pembuahan akan terjadi. Maka, fungsi rahim di sini adalah sebagai saluran bagi spermatozoa untuk proses pembuahan.

2019-05-29T15:34:46+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!