Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Penyakit Salpingitis Peradangan Alat Reproduksi Wanita

Jika Anda belum mengetahui apa itu salpingitis, penyakit tersebut merupakan salah satu penyakit yang bisa mengancam kesehatan organ reproduksi wanita. Peradangan alat reproduksi wanita ini dapat terjadi dikarenakan adanya infeksi. Walaupun bukan hanya satu alat dalam panggul dan jaringan-jaringan di sekitarnya yang terlibat, biasanya saluran indung telurlah yang lebih lazim terkena penyakit salpingitis.

Mengenal Apa Itu Salpingitis pada Wanita

pengertian salpingitis

Salpingitis menyerang dan dapat ditandai dengan munculnya keputihan yang tidak normal (abnormal). Mula-mula, organ reproduksi terkena kotoran atau kuman sehingga menimbulkan infeksi serta peradangan pada jaringan atau area kewanitaan sehingga menyebar ke beberapa organ reproduksi wanita yang lainnya.

Penyakit ini juga dapat disebut dengan penyakit radang panggul (PID), yang akhirnya mengacu pada organ reproduksi. Penyakit ini kemudian akan berkembang  ketika bakteri berbahaya memasuki saluran reproduksi. Salpingitis dan bentuk penyakit radang panggul lainnya biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) yang  secara umum melibatkan bakteri, seperti klamidia atau gonorea.

Apa Hal yang Menyebabkan Salpingitis?

penyebba salpingitis

Salpingitis menyebabkan peradangan pada saluran tuba. Peradangan dapat menyebar dengan mudah dari satu tabung ke tabung lainnya, sehingga kedua tabung tersebut bisa terkena. Jika tidak diobati, salpingitis dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang dan sangat berbahaya bagi kesehatan organ kewanitaan.

Infeksi juga dapat disebabkan disebabkan oleh organisme atreptococci atau staphylococci yang mulai datang setelah melahirkan. Kuman-kuman ini memasuki jaringan-jaringan leher rahim yang telah mengalami kerusakan pada waktu melahirkan, keguguran atau menggugurkan.

Dalam perkembangan infeksi ini, kuman-kuman itu memasuki jaringan-jaringan di sekitar rahim yang kemudian terbawa ke dalam pembuluh darah dan kantong-kantong limfe dan terus kedalam saluran indung telur. Selaput saluran ini tidak selamanya mengalami kerusakan, sehingga dalam beberapa hal penderita ini masih dapat hamil setelah hilang infeksi itu.

Apa Saja Gejala Radang Panggul atau Salpingitis?

gejala salpingitis

Menurut dunia medis, penyakit ini bisa dikatakan masuk ke dalam kategori penyakit akut dan kronis. Pada salpingitis akut, saluran tuba biasanya menjadi bengkak dan sering mengeluarkan cairan yang cukup deras sehingga bagian dinding dalam tabung saling menempel. Lalu, pada kasus salpingitis kronis, biasanya mengikuti dan berawal dari gejala akut tersebut. Berikut iini gejala yang dapat dialami oleh penderita radang panggul:

  • Keputihan berbau busuk dan warnanya kuning (abnormal).
  • Rasa sakit saat ovulasi, menstruasi, atau pada saat melakukan hubungan seks.
  • Sakit perut yang berkepanjangan.
  • Mengalami demam, mual, muntah, dan sering buang air kecil.

Namun kadang-kadang, gejala dapat hilang tanpa pengobatan, memberikan kesan yang salah bahwa infeksi yang mendasarinya tidak ada lagi. Jika infeksi tidak diobati, itu dapat mengakibatkan komplikasi yang akan sangat berbahaya dan berpengaruh terhadap kesehatan organ reproduksi wanita.

Bagaimana Pengobatan Terhadap Penderita Salpingitis?

obat salpingitis

Apabila Anda dinyatakan positif mengidap salpingitis setelah menjalani berbagai pemeriksaan, biasanya dokter Anda akan meresepkan antibiotik oral atau intravena untuk membersihkan infeksi bakteri. Selain itu, pasangan seksual Anda juga akan membutuhkan antibiotic untuk mencegah penularan penyakit tersebut.

Sementara itu, apabila infeksi  serta radang telah menyebabkan abses, dokter Anda dapat melakukan operasi poroskopi untuk mengeringkannya. Dokter juga kemungkinan akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi jika Anda berencana mengadakan program kehamilan.

Namun, hal yang paling penting dalam melakukan pengobatan adalah memerhatikan perwatan untuk mencegah datangnya penyakit kelamin lainnya yang dapat membahayakan Anda. Bahkan, jenis perawatan organ reproduksi bisa dilakukan di rumah dengan cara mengonsumsi suplemen pencegah penyakit wanita, seperti Rose V serta alat untuk menjaga kebersihan organ intim, seperti Crystal X. Kedua produk kesehatan wanita tersebut dijamin aman karena dibuat dengan bahan-bahan herbal yang tidak berbahaya.

2019-04-23T09:41:20+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian