Mengetahui Tentang Penyakit Kelamin Trikomoniasis

Mendengar apa itu trikomoniasis, penyakit ini merupakan salah satu dari sekian Penyakit Menular Seksual (PMS) yang dapat menyerang pria maupun wanita. Walaupun jumlah dari wanita yang terinfeksi lebih besar daripada pria, pria cenderung lebih sulit mendeteksi penyakit daripada wanita. Penyakit ini paling banyak terjadi pada wanita berusia 16 – 35 tahun.

Yang harus Anda tahu dari penyakit ini, bahwa tidak semua pengidapnya akan mengalami gejala. Sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi parasit ini tidak mengalami gejala apa pun.

Mengenai Apa Itu Trikomoniasis

pengertian trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan satu dari beberapa penyakit menular seksual  (PMS) yang cukup berbahya. Penyakit yang satu ini disebabkan Trichomonas vaginalis, sebuah parasit yang dapat menyerang tubuh manusia. Penyakit trikomoniasis dapat menularkannya melalui seks vaginal, seks oral, maupun seks anal. Sementara itu, aktivitas ciuman dan penggunaan barang bersama pengidap penyakitnya, contohnyaseperti penggunaan alat makan, dudukan toilet, atau penggunaan handuk tidak dapat menularkan penyakit tersebut.

Peningkatan risiko penularan trikononiasis juga dapat terjadi apabila berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi sejenis kondom, sering berganti-ganti pasangan, sering berganti alat atau mainan seks (sex toys), serta jika memiliki riwayat penyakit trikomoniasis dan penyakit menular seksual lainnya.

Gejala Penyakit Trikomoniasis

gejala trikomoniasis

Wanita mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk terkena trikomoniasis jika dibandingkan dengan pria. Selain itu, wanita dapat dengan jelas mengetahui gejala serta tanda-tanda munculnya penyakit ini. Sedangkan,  jika penyakit tersebut dialami oleh pria, gejalanya tak dapat dirasa bahkan cenderung tidak dapat diketahui.

Jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala trikomoniasis seperti:

  • Cairan vagina memiliki bau yang tidak sedap.
  • Terasa sakit diikuti rasa panas saat melakukan buang air kecil.
  • Sakit saat melakukan hubungan intim.
  • Serta mendapatkan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.
  • Keputihan abnormal, yakni cairan menjadi kental, encer, berbusa, bau amis, dan berwarna kekuningan atau kehijauan.

Maka, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik untuk pengobatan dini terhadap gejala yang Anda alami.

Penyebab Penyakit Trikomoniasis

penyebab penyakit trikomoniasis

Trikomoniasis umumnya disebabkan oleh parasit protozoa yang disebut Trichomonas vaginalis, yang ditemukan di manapun. Parasite jenis ini ditularkan selama berhubungan seksual. Periode inkubasi dari parasit ini belum dapat ditetapkan secara pasti, tetapi biasanya sekitar 5 hingga 28 hari. Berikut adalah penjelasan rinci tentang trikomoniasis:

  • Reproduksi parasit terjadi setiap 8-12 jam
  • Sekitar 174 juta orang di seluruh dunia terinfeksi parasit ini setiap tahunnya, menjadikannya Infeksi Menular Seksual (IMS) paling umum di seluruh dunia.
  • Ukuran rata-rata trichomonad adalah 15 mm dan tidak dapat terlihat dengan mata telanjang.

Pencegahan dan Pengobatan Trikomoniasis

pengobatan trikomoniasis

Berikut ini upaya dalam  pencegahan serta pengobatan penyakit menular seksual trikomoniasis yang dapat Anda lakukan:

  • Menggunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan.
  • Melakukan perawatan kesehatan organ reproduksi dengan mengonsumsi suplemen kesehatan seperti Rose V supaya terhindar dari penyakit seksual yang membahayakan tubuh.
  • Sebisa mungkin, hindari penggunaan alat atau mainan seks secara bergantian.
  • Jika mengalami gejala yang disebutkan di atas, segera berbicara dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.
  • Pasangan pengidap trikomoniasis perlu mendapat pengobatan dan dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum pasangan selesai menjalani pengobatan dan dinyatakan sembuh.
  • Jika positif terinfeksi trikomoniasis, lebih baik tidak melakukan hubungan intim sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

Menjaga kesehatan organ reproduksi sangat penting dilakukan, terutama untuk menghindari penyakit menular seksual yang dapat membahayakan nyawa. Karena itu, penting untuk Anda dalam mengetahui tentang hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit terjadi.

 

 

 

2019-04-22T18:07:38+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!