Pengertian Vaginitis Sebagai Infeksi yang Terjadi Pada Wanita

Apa Anda tahu apa itu vaginitis yang dapat menyerang wanita? Hal ini barangkali bisa menjadi masalah bagi kebanyakan perempuan karena berkaitan dengan perawatan organ kewanitaan yang kerap dikesampingkan daripada hal-hal lainnya. Padahal, meskipun bagian tubuh wanita yang satu ini tidak berinteraksi langsung dengan dunia luar organ kewanitaan rentan terena penyakit seperti keputihan, gatal-gatal di Miss V, infeksi pada Miss V dan masalah lainnya.

Selain itu, infeksi yang terjadi di sekitar area kewanitaan juga berbeda-beda serta tergantung bagaimana gejala dan hal-hal dapat menyebabkannya. Jika Anda memiliki ciri serta gejala infeksi seperti keluarnya cairan yang secara abnormal dari vagina, terjadi peradangan, gatal-gatal, dan sakit bisa jadi Anda mengidap vaginitis.

Mengetahui Apa Itu Vaginitis

pengertian vaginitis

Infeksi serta peradangan yang terjadi di daerah kewanitaan disebut vaginits. Kondisi ini umumnya disertai indikasi berupa munculnya keputihan yang abnormal seperti adanya perubahan warna dan volume keputihan yang dialami, bau yang ditimbulkan, iritasi atau gatal-gatal pada vagina, rasa sakit saat berhubungan seks maupun buang air kecil. Bahkan hal ini akan memuculkan flek atau pendarahan ringan pada waktu-waktu tertentu.

Sebetulnya kondisi yang seperti ini bisa ditangani tanpa bantuan ahli medis. Apalagi jika Anda sudah mengetahui berbagai gejala dan sempat mengalami hal yang sama.

Penyebab Infeksi Vaginitis

penyebab vaginitis

Setelah mengetahui apa itu vaginitis, Anda pun perlu mengetahui penyebabnya.

Keseimbangan antara bakteri jahat dan bakteri baik terkadang mengalami gangguan dan hal tersebut juga terkadang membuat bakteri jahat berkembang lebih pesat. Hal tersebut juga dapat menjadi alasan seseorang terkena vaginitis. Di bawah ini adalah beberapa penyebab vaginitis:

  • Terkena IMS (Infeksi Menular Seksual) => Vaginitis atau peradangan pada daerah kewanitaan bisa disebabkan karena penyakit menular seksual yang diderita, seperti herpes genital, trikomoniasis, dan sebagainya.
  • Infeksi Candidiasis => Salah satu jenis jamur, yaitu candida merupakan salah satu penyebab vaginitis. Sebagian kecil sel jamur atau bakteri bisa saja tidak berdampak apa pun, tapi infeksi akan terjadi jika jamur atau bakteri berkembang biak tanpa kendali.
  • Perubahan Hormon => Perubahan hormon sering sekali terjadi pada wanita, seperti ada saat PMS atau pada saat hamil atau setelah atau sedang mengalami menopause.

Selain itu, wanita yang tidak aktif melakukan hubungan seksual memiliki kemungkinan untuk dapat menderita vaginitis jika keseimbangan bakteri dalam area kewanitaannya tidak stabil.

Gejala Infeksi Vaginitis

gejala vaginitis

Gejala yang muncul akibat vaginitis ini berbeda-beda dan tergantug pada jenis apa vaginitis yang terjadi. Namun umumnya kondisi tersebut datang diawali dengan munculnya keputihan abnormal yang bisa dicium lewat baunya yang cenderung amis seperti bau ikan yang begitu kuat terutama setelah melakukan hubungan intim bersama pasangan.

Gejala lainnya juga ditandai lewat keluarnya cairan putih kental atau bahkan cairannya berwarna keabuan atau kemerahan. Juga pada saat itu Anda merasakan gatal-gatal dan area kewanitaan Anda meradang.

Cara Perawatan Vaginitis

perawatan vaginitis

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan jika Anda mengalami infeksi vaginitis:

  • Mengetahui penyebab mengapa Anda mengalami infeksi vaginitis.
  • Meminum antibiotik. Pedoman Nasional untuk Infeksi Menular Seksual mengatakan bahwa metronidazole merupakan obat pilihan untuk menangani vaginitis yang disebabkan.
  • Mengoleskan krim atau gel anti jamur.
  • Tidak melakukan hubungan seks sebelum kondisi area kewanitaan belum sembuh secara total.

Selain melakukan hal-hal tersebut, Anda juga dapat melakukan perawatan kebersihan area Miss V untuk menghindari terjadinya infeksi di sekitar organ intim Anda.

 

2019-05-29T13:52:33+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!