Apa Saja Cara Mencegah Adanya Prostitusi?

Prostitusi merupakan “penyakit masyarakat” yang hingga saat ini masih menjadi masalah yang harus ditangani. Lalu, apa saja pencegahan prostitusi yang dapat dilakukan di mana hal ini terkait dengan aspek sosial, budaya, ekonomi, moral dan agama. Untuk itu,  diperlukan banyak dukungan oleh beberapa pihak supaya upaya pencegahan prostitusi dapat dilaksanakan dengan baik.

1. Pemerintah Sebagai Pengatur Hukum Prostitusi

Memang pada kenyataannya praktik prostitusi ini masih belum sepenuhnya dapat diatasi. Namun, peran pemerintah sangatlah penting dalam urusan tersebut. Pemerintah memiliki wewenang untuk dapat mencegah terjadinya praktik prostitusi di negara ini. Salah satu caranya adalah dengan mengadakanpenyempurnaan hukum serta undang-undang prostitusi dengan seadil-adilnya.

Sejauh ini, pencegahan terkait beberapa kasus prostitus telah dilakukan oleh Keminfo dengan menggunakan alat pendeteksi. Alat tersebut digunakan untuk mendeteksi beberapa kejanggalan terkait penggunaan media yang sering digunakan untuk melakukan prostitusi online.

Selian itu, pemerintah jugda dapat bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk mengadakan rehabilitasi dan resosialisasi kepada para pelaku prostitusi yang terlibat. Hal ini barangkali akan mempermudah dan menjadi langkah sebagai upaya pencegahan prostitusi.

2. Peran Keluarga Sangatlah Penting

orangtua dan pencegahan prostitusi

Fenomena prostitusi online yang marak di beritakan di berbagai media barangkali akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Untuk hal yang satu ini, orang tua juga memiliki peran penting sebagai pengawas bagi anak-anaknya yang hendak bernjak dewasa.

Apa saja pencegahan prostitusi yang dapat dilakukan orang tua? Selain melakukan pengawasan, orang tua juga memiliki peran sebagai pembimbing kepada anak-anaknya untuk memberitahu bahwa prostitusi adalah hal yang tidak dapat dibenarkan. Hal ini dapat diawali dengan memberikan pengenalan mengenai pendidikan seks sejak dini.

3. Perluasan Lapangan Kerja dari Pemerintah

apa saja pencegahan prostitusi

Kebanyanyakan praktik bisnis haram seperti prostitusi ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi. Kurangnya lapangan pekerjaan adalah salah satu alasannya. Maka dari itu banyak wanita yang terpaksa mengambil jalan pintas untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan menjadi pekerja seks komersial (PSK) atau juga mucikari. Apa saja pencegahan prostitusi selanjutnya yang dapat dilakukan?

Perluasan lapangan kerja merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh pemerintah guna mencegah maraknya praktik prostitusi. Apabila lapangan kerja dapat dipeluas, maka kondisi ekonomi yang buruk tidak dapat lagi dijadikan alasan untuk melakukan bisnis haram itu.

4. Sosialisasi Tentang Internet Sehat

mencegah prostitusi

Maraknya prostitusi online dewasa ini merupakan salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi. Beberapa orang mendapatkan akses untuk memasuki platform atau situs-situs yang secara tidak langsung mempromosikan prostitusi itu sendiri.

Untuk melakukan pencegahan prostitusi, maka pemerintah dapat memberikan sosialisasi pada masyarakat umum mengenai internet sehat atau internet positif. Hal ini pun dapat dilakukan kepada kalangan remaja yang memiliki kerentanan untuk mengakses beberapa situs berbau pornografi karena keingintahuannya.

5. Mengdakan Pendidikan Seks di Sekolah

pencegahan prostitusi lewat pendidikan seks

Orang tua memang memiliki peran penting untuk mengenalkan pendidikan seks usia dini di rumah. Namun bagaimana jika tidak semua orang tua tahu tentang betapa pentingnya sex education diberikan pada anak?

Untuk itu, pemerintah pun dapat mengadakan satu pelajaran khusus yang menjelaskan mengenai apa itu pendidikan seks kepada murid-murid di sekolahan dalam pencegahan prostitusi. Hal ini tentu akan sangat membatu.

Prostitusi merupakan sebuah aktivitas yang memang akan berdampak buruk terhadap kehidupan bermasyarakat karena hal tersebut merupakan sebuah “penyakit” sosial. Kendati untuk pencegahannya memang dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak di dalamnya.

2019-06-24T12:50:11+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!