Berbagai Tujuan dalam Melangsungkan Pernikahan

Bagi beberapa orang, menikah adalah sebuah keharusan dalam beberapa alasan. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bagian dari kehidupan. Bahkan, banyak pula orang memercayai bahwa pernikahan adalah sebuah fase dalam kehidupan manusia yang harus dijalani. Di samping itu semua, tak banyak orang yang tahu tentang tujuan menikah. Lalu apa saja tujuan menikah yang sebenarnya itu?

Pengertian Menikah Berdasarkan Beberapa Ahli

tujuan menikah

Pernikahan bukanlah hal yang spele. Sebaliknya, dalam sebuah ikatan bernama pernikahan akan ada tanggung jawab besar setelah itu terjadi. Ketika ijab qabul, maka pernikahan telah diselenggarakan sesuai syarat dan rukunnya. Oleh karena itu, pada saat itu pula seorang laki-laki telah mengambil alih tanggung jawab besar seorang anak perempuan dari ayahnya – yakni menjadi seorang suami. Apa itu makna dari pernikahan berdasarkan beberapa ahli?

  • Mahmud Yunus =>  akad antara calon suami bagi istri untuk memenuhi hajat jenisnya seperti yang telah diatur oleh syariat. Dalam arti lain, aqad adalah ijab dari pihak wali perempuan atau wakilnya dan kabul dari calon suami atau wakilnya.
  • Ahmad Ashar Bashir => adalah melakukan suatu akad atau perjanjian pernikahan untuk tujuan mengikatkan diri antara seorang pria dengan wanita. Hal tersebut juga bertujuan untuk menghalalkan hubungan kelamin antara kedua belah pihak, dengan dasar sukarela dan keridhaan kedua belah pihak untuk mewujudkan suatu kebahagiaan hidup  dalam berkeluarga yang diliputi rasa kasih sayang dan ketentraman dengan cara-cara yang diridhai oleh Allah.

Apa Saja Tujuan Menikah yang Sebetulnya?

tujuan pernikahan

Pernikahan yang dilakukan oleh pria dan wanita hendaknya tidak dilakukan dengan paksaan. Sebaliknya, ikatan tersebut harus berdasarkan ketulusan dan kerelaan antara dua belah pihak karena tujuan tertentu. Lalu, apa saja tujuan pernikahan itu?

1. Menciptakan Kedamaian dan Ketenangan dalam Sebuah Hubungan

Salah satu tujuan menikah adalah untuk dapat menciptakan kedamaian dan ketenangan dalam sebuah hubungan. Artinya, dalam hal ini, sebuah ikatan pernikahan memiliki makna bahwa dalam kehidupan rumah tangga (suami istri) harus tercipta suasana yang merasa saling kasih, saling sayang, saling asih, saling cinta, saling melindungi, dan saling sayang.

Suasana yang seperti itu akan menciptakan ketenangan bagi siapa saja yang berada dala lingkup tersebut (pernikahan).

2. Hubungan Suami-Istri Sebagai Hubungan Partner

Bukan hanya untuk kepentingan indiidu saja, pernikahan merupakan menyatukan dua insan yang kelak akan menjadi partner dalam hidupnya. Karena itu, pernikahan bukan hal yang main-main dan spele. Hal itu dikarenakan bahwa pada ikatan tersebut, implikasi dari pasangan yang bermitra (partner) dan sejajar ini haruslah memunculkan sikap “saling”, di antaranya saling mengerti, saling menerima, saling menghormati, saling mempercayai, saling mencintai.

3.  Menumbuhkan Kasih Sayang dan Tanggung Jawab

Tujuan menikah bukan hanya sekadar untuk menyalurkan nafsu hubungan antara pria dan wanita. Lebih dari itu, yaituuntuk menumbuhkan kasih sayang dan rasa tanggung jawabnya karena peran baru dalam hidupnya.

Tanggung jawab bisa berupa tanggung jawab menjadi suami bagi pria. Juga tanggung jawab menjadi seorang istri bagi wanita. Selain itu, terdapat pula peran tambahan seperti menjadi ayah dan ibu jika dalam pernikahan memiliki anak.

4. Menumbuhkan Prinsip Keadilan dalam Berumah Tangga

Jika ada yang bertanya persoal apa saja tujuan menikah itu, salah satunya adalah untuk menumbuhkan prinsip keadilan dalam berumah tangga. Meskipun hal yang satu  ini masih mengandung banyak perdebatan. Namun,  hal ini dapat diartikan bahwa pernikahan bertujuan untuk menempatkan sesuatu pada posisi yang semestinya (proporsional).

Pernikahan juga untuk menciptakan sebuah hubungan yang harmonis. Klik di sini untuk mengetahui tetang ciri-ciri hubungan yang harmonis.

2019-05-12T08:39:42+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!