Bahanya dari Aktivitas Seks Usia Dini

Dilansir dari sebuah situs bahwa satu dari enam anak perempuan atau sebanyak 340.000 anak per tahun di Indonesia melakukan pernikahan di usia yang masih sangat belia, yaitu sebelum usia 18 tahun. Tentu saja angka ini cukup mengkhawatirkan karena bahaya seks di usia dini sangat berisiko terhadap beberapa faktor.

Melakukan aktivitas seksual sebelum waktunya di mana alat reproduksi belum matang dapat menyebabkan berbagai masalah, diantaranya adalah kerentanan tinggi terkena infeksi atau juga kehamilan di usia dini.

Risiko Serta Bahaya Seks Usia Dini

risiko seks usia dini

Berdasarkan data yang diambil dari Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada tahun 2012,  terdapat sekitar 25% wanita menjalankan pernikahan dibawah usia 18 tahun. Meskipun ternyata angka pernikahan di bawah usia 15 tahun menurun tiap tahunnya. Akan tetapi,  pernikahan di usia dini (yakni antara 16 dan 17 tahun) kian meningkat. Hal inilah yang kemudian menjadikan masyaraat perlu menyadari adanya perlindungan untuk anak.

Terdapat beberapa hal yang akan menjadi dapka buruk atau risiko terkait keberadaan melakukan hubungan seksual pada usia dini, antara lain adalah:

1. Risiko Terkena Penyakit Menular Seksual

Risiko yang paling rentan dialami oleh pelaku aktivitas seksual adalah terkena berbagai macam penyakit, termasuk penyakit  seksual  yang menyerang organ reproduksi(PMS).

Bagi kebanyakan remaja, terutama remaja wanita memahami dan menyadari bahaya perilaku seks bebas pada usia dini adalah hal yang sangat dianjurkan supaya  mereka terhindar dari berbagai bahaya yang dapat merusak kehidupan dan masa depan mereka.

Pada masa transisi (pubertas) perempuan akan lebih rentan terkena infeksi ketika melakukan hubungan seksual  sebelum waktunya. Infeksi yang disebutkan disini dapat mencakup bakteri, jamur hingga virus seperti Human Papilloma Virus (HPV) yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Maka dari itu, sangatlah diperlukan dukungan berbagai pihak dan masyarakat sosial, terutama bimbingan orang tua, lingkungan sekitar, dan lingkungan pendidikan untuk menyampaikan apa yang remaja butuhkan tentang pengetahuan seks bebas dan bahaya yang mengancamnya.

2. Risiko Gangguan Emosi dan Mental

hal lainnya yang dapat menjadi bahaya seks usia dini adalah adanya risiko gangguan emosi dan mental. Kurangnya pendidikan seksual pada saat remaja akan mengakibatkan mereka gegabah dalam melakukan hal yang membuat mereka penasaran, dalam hal ini termasuk hubungan seksual. Hal tersebut bahkan bisa mengakibatkan kehamilan tak terencanakan oleh remaja.

Mengalami kehamilan  di usia remaja yang disebabkan karena hubungan di luar nikah jelas akan mempengaruhi kondisi emosional dan sosial remaja, terutama wanita. Selain itu, hal ini juga akan berdampak bagi bayi bayi yang dikandungnya yang kelak juga akan menjadi bagian dari lingkungan sosial. Karena itu, pengawasan dan pendidikan seksual sangat dibutuhkan.

Usia Ideal Menikah

menghindari seks usia dini

Aktivitas seksual merupakan salah satu kebutuhan biologis setiap makhluk hidup. Namun, aktivitas seksual yang dilakukan pada usia dini akan membahayakan. Maka dari itu, terdapat usia ideal yang baik untuk melangsungkan pernikahan.

Usia ideal untuk melakukan pernikahan adalah pada usia 20 sampai dengan 35 tahun (bagi perempuan). Mengapa? Karena pada usia usia itu, alat reproduksi mulai mengalami kematangan  secara sepenuhnya. Pada usia ini pun seseorang dianggap mampu secara psikologis untuk mengemban tanggung jawab dalam membina keluarga  yang akan dijalaninya, termasuk dalam hal  memiliki anak.

Meskipun demikain, tentu ada kemungkinan setiap orang memiliki latar belakang dan kasus yang berbeda. Karenanya, bekali diri dengan pendidikan seksual. Selain itu berikan pengarahan pada  anak terkait informasi tentang alat reproduksi sejak dini.

2019-05-09T10:46:13+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!