Beberapa Tanda Pubertas Pada Laki-laki

Berbicara mengenai pubertas, maka akan sangat berbeda antara ciri pubertas laki-laki dan ciri pubertas perempuan. Ketika seorang anak perempuan mengalami pubertas maka anak sangat jelas untuk dilihat dari segi fisiknya ditambah dengan datangnya masa mentsruasi antara usia 9 sampai 14 namun ada pula yang menunggu hingga usia di atas 14  tahun.

Akan tetapi, untuk masa pubertas laki-laki tidak di tentukan usia dan sulit terlihat secara jelas. Selain dari ciri fisiknya yang berubah biasanya anak laki-laki yang sudah pubertas maka akan mengalami mimpi basah dan ini tergantung oleh siap tidaknya tubuh seorang anak.

Ciri Pubertas Laki-laki Dilihat dari Fisiknya

pubertas laki-laki secara fisik

Secara umum yang biasanya kita pelajari dalam pelajaran biologi yang menjelaskan tentang ciri pubertas laki-laki adalah sebagai berikut:

1. Badan yang Bertumbuh Tinggi

Sudah jelas bahwa ketika anak laki-laki mengalami pubertas maka pertumbuhan badannya semakin cepat dibandingkan perempuan. Jadi wajar saja jika laki-laki akan selalu lebih tinggi dari perempuan.

2. Munculnya Jerawat

Sebetulnya, ciri pubertas dengan munculnya jerawat juga biasanya terjadi pada para perempuan. Namun, tidak semua laki-laki cuek dengan jerawat yang muncul. Beberapa dari mereka pun merasakan risih dan repot untuk mengatasi jerawat.

3. Volume Suara Lebih Besar dan Parau

Suara laki-laki yang mamasuki masa puber biasanya  volumenya lebih besar dan terdengar gagah juga agak parau. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh ukuran laring atau kotak suara yang juga ikut membesar.

4. Buah Dada Membengkak Sementara Karena Hormon

Maksud dari buah dada yang membesar untuk laki-laki tidak  sama dengan perempuan yang membuahkan payudara. Pembesaran buah dada ini hanya sementara dan hanya berisi jaringan lemak belaka yang disebabkan oleh peningkatan hormon.

5. Sering Berkeringat dan Bau Badan

Ketika anak laki-laki yang mengalami pubertas, biasnaya maka  akan menanyakan tentang bau badannya yang mungkin diri mereka sendiri merasakan tidak nyaman. Dengan adanya bau badan tersebut, mendorong mereka untuk lebih sering mandi dan menggunakan deodorant.

6. Tumbuh Rambut di Beberapa Area

Dengan adanya testoteron, rambut atau dikenal sebagai bulu halus pada area kemaluan semakin menjadi tebal dan mengeriting dalam hitungan tahun. Kemudian bulu ini akan menyebar ke area lainnya seperti paha hingga pusar.

Selain itu, rambut juga mucul di area ketiak. Hal tersebut juga menjadi salah satu sumber adanya bau badan. Maka, perlu untuk merawatnya agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.

7. Kemaluan Berkembang

Selama masa pubertas, ukuran testis dan skr0tum dapat berkembang hingga 2 kali lebih besar. Sementara testis terus tumbuh, kulit skrotum yang tadinya kemerahan mulai berubah menjadi lebih gelap dan dipadati dengan folikel rambut.

Ciri Pubertas Laki-laki Bukan Dari Fisik

ciri pubertas laki-laki bukan fisik

Selain dari fisik, biasanya ciri pubertas laki-laki itu juga dapat dilihat dari hal-hal yang berada di luar fisik, di antaranya:

1. Mengalami Mimpi Basah

Mimpi basah biasanya muncul ketika tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon testosterone. Proses mimpi basah yaitu adanya ejakulasi tanpa sadar yang terjadi saat anak laki-laki sedang terlelap untuk mempersiapkan kejantanannya. Bukan hanya ejakulasi, namun mereka pun akan mengalami ereksi yang mengakibatkan mereka malu untuk mengakuinya.

2. Mood yang Labil

Mood disini berhubungan dengan mental anak laki-laki. Ketika usia sudah mencapai pubertas maka akan merasakan stres atau depresi dan ini sebagai tanda bahwa anak laki-laki harus mengatasi mood-nya sendiri.

3. Ketertarikan Kepada Lawan Jenis

Ciri pubertas laki-laki yang normal adalah kemungkinan mengalami ketertarikan kepada lawan jenisnya. Selain itu, biasanya ia mulai mencari perhatian khusus pada lawan jenis yang ia sukai.

2019-06-29T10:54:25+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!