Tanda-Tanda Anak Perempuan Mengalami Pubertas

Masa pubertas merupakan salah satu fase yang akan dialami manusia remaja. Hal ini merupakan masa peralihan dari masa anak menuju masa dewasa. Pada fase ini, akan terjadi beberapa proses perubahan dengan berbagai tanda dan kondisis yang dialami. Baik perubahan pada tubuh ataupun psikis. Tentu kondisi seperti ini bisa terjadi, baik pada laki-laki ataupun perempuan. Lalu bagaimana ciri pubertas pada wanita yang mesti Anda ketahui?

Selain tergantung dari seberapa proses “pematangan” pada sistem reproduksinya, biasanya pada masa puber juga dapat dipicu oleh hormon, terutama hormon reproduksi. Pada remaja wanita, hormon yang berperan untuk proses tersebut adalah hormon estrogen. Hormon ini memegang peranan penting dalam perubahan tubuh pada masa tersebut.

Tanda-Tanda Remaja Wanita Mengalami Masa Puber

ciri masa puber pada wanita

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pasa saat mengalami masa puber, pada tubuhnya akan memproduksi hormon esterogen. Di mana hormon tersebut dapat memicu berbagai macam perubahan pada fisik maupun psikis, di antaranya sebagai berikut:

1. Payudara Mulai Tumbuh, Berkembang, dan Membesar

Kondisi umum yang terjadi pada saat masa pubertas remaja wanita adalah buah dada atau payudara yang membesar. Payudara yang biasanya bertekstur rata-rata, lama kelamaan akan mulai tumbuh dan berkembang. Ukurannya pun akan membesar. Pada umumnya,  perubahan kondisi tersbeut bisa terjadi pada umur 9 tahun, namun bisa lebih atau bahkan kurang dari usia tersebut.

Tanda pertumbuhan payudara pada remaja perempuan di masa puber dapat dilihat dari area sekitar putingnya yang bernama aerola. Area tersebut kemudian akan mulai berpigmen, berwarna gelap.

2. Mengalami Menarche atau Menstruasi Pertama

Menarche merupakan istilah yang diberikan untuk menstruasi pertama yang dialami oleh tiap remaja wanita. Pada umumnya, mereka akan mengalami menarche pada usia 12,5 tahun. Akan tetapi, ada juga remaja yang mengalami menstruasi pertama sebelum usia tersebut atau bahkan melebihi usia tersebut.

Salah satu penyebab menarche dini atau lebih awal bisanyanya diarenankan asupan gizi yang didapatkan lebih baik dan tercukupi.

Akan tetapi, ada kalanya siklus haid pada masa ini mula-mula tidak teratur setiap bulan, atau juga bahkan bisa 3-6 bulan sekali. Namun,  seiring berjalannya waktu, maka siklus pun akan teratur dengan sendirinya.

3. Berubahan Tinggi dan Berat Badan yang Signifikan

Ciri pubertas pada wanita selanjutnya adalah terjadinya perubahan fisik pada tinggi dan berat badan secara signifikan. Perubahan seperti ini barangkali akan terasa aneh. Pada awalnya, akan dimulai dari bagian lengan dan kaki. Selanjutnya, remaja wanita akan bertambah tinggi juga berisi dengan mengembangnya tubuh bagian pinggul dan pantat hanya dalam hitungan bulan atau tahun.

4. Tumbuh dan Munculnya Jerawat

Tanda serta ciri masa pubertas pada wanita selanjutnya adalah munculnya jerawat. Hal ini terjadi akibat perkembangan hormon di dalam tubuh. Ciri mas apuber  yang satu ini tak hanya terdapat pada wajah, akan tetapi dapat terjadi di punggung.

Kondisi tumbuh dan munculnya jerawat pada masa ini merupakan hal yang memang tidak pernah diinginkan oleh siapa pun karena akan memengaruhi penampilan.

5. Ketertarikan Pada Lawan Jenis

Pada masa masa pubertas, ciri yang umumnya akan terjadi adalah adanya ketertarikan pada lawan jenis. Dalam hal ini mereka (para remaja wanita) akan mulai tertarik dengan istilah pacaran dan mulai merasa terpesona pada laki-laki seusianya dan mencoba bereksperimen untuk mengubah penampilannya. Ini merupakan salah satu perubahan emosional yang penting dalam masa pubertas.

6. Bau Badan Khas

Ciri pubertas pada wanita yang sering terjadi adalah adanya bau badan yang khas seperti orang dewasa. Perubahan hormon yang cukup besar akan mempengaruhi kelenjar keringat pada tubuh. Hal inilah yang akan membuat mereka memproduksi keringat secara lebih.

2019-08-07T16:06:43+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!