Daftar Nama Negara yang Memberi Dukungan Pada LGBT

Perilaku penyimpangan seksual seperti homoseksual atau LGBT memang kerap menjadi polemik dan menimbulkan pro serta kontra di hampir semua negara. Namun, setelah Negara Amerika Serikat melakukan perundingan bersama Mahkamah Agung tentang pelegalan LGBT pada 26 Juni 2015 lalu, beberapa negara pun juga ikut terbuka serta ikut serta melegalkan pernikahan sesama jenis. Sejauh ini terdapat banyak daftar negara yang mendukung LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgerder) ini.

Hubungan atau pernikahan sesama jenis ini dilegalkan atas dasar kemanusiaan (Hak Asasi Manusia), yang masuk ke dalam hak dasar yang mesti dimiliki oleh setiap manusia.

Daftar Negara yang Mendukung LGBT

negara pendukung lgbt

Keputusan Amerika Serikat terkait dengan pelegalan LGBT berhasil membuat gempar warga dunia. Yang sebetulnya hal ini telah menjadi rencana sejak tahun 2001 sebagai Belanda menjadi negara pelopor pelegalan hubungan sesama jenis, termasuk dalam hal pernikahan.

Sejauh ini, terdapat 22 dari 204 negara yang telah mengakui pelegalan pernikahan sesama jenis (menurut pencatatan PBB) secara de facto. Dan berikut ini adalah beberapa daftar negara yang mendukung LGBT, termasuk dalam urusan pernikahan sesama jenis:

1. Belanda

Belanda merupakan pelopor pelegalan hubungan serta pernikahan di kalangan LGBT. Pemerintah Belanda sendiri telah melegalkan pernikahan sejenis sejak tahuan 1996. Pada saat itu, Parlemen Belanda membentuk satu komisi khusus untuk sekadar melihat efek hukum dari legalitas pernikahan sejenis. Kemudian, empat tahun setelahnya undang-undangnya pun disahkan, teaptnya pada 1 April 2001.

2. Denmark

Kemudian,Denmark pun masuk ke dalam daftar negara yang mendukung LGBT. Parlemen Denmark telah mengesahkan undang-undang yang memperbolehkan pasangan homoseksual melangsungkan pernikahan di gereja Evangelis Lutheran milik negara. Aturan tersebut sudah dilegalkan dan mulai berlaku sejak 15 Juni 2013.

Akan tetapi, Sebenarnya pada 1989, pemerintah negara itu membolehkan pecinta sesama jenis menikah di luar gereja yang juga harus mendapat restu dari pendeta. Selain itu, setelah 20 tahun berlalu, pemerintah Denmark pun memperbolehkan pasangan LGBT mengadopsi anak dari pernikahannya.

3. Afrika Selatan

Afrika Selatan memiliki hukum berbeda, di mana negara tersebut memberi hak-hak kepada kaum LGBT) untuk menikah secara resmi. Ketentuan tersebut sudah diberlakukan sejak 30 November 2006.

4. Belgia

Satu tahun setelah legalitas pernikahan sejenis diberlakukan di Belanda, undang-undang serupa pun akhirnya diajukan pula ke parlemen Belgia. Akhirnya tepatnya pada tanggal 1 Juni 2003 pun dilegalkan. Pasangan LGBT pertama yang menikah di Belgia pada saat itu adalah Alain De Jonge dan Olivier Pierret.

5. Kanada

Sebetulnya sebelum Parlemen Kanada mengesahkan pernikahan gay pada 20 Juli 2005 secara resmi, hampir semua provinsi di Kanada tercatat telah dahulu melegalkan hukum pernikahan bagi kaum LGBT. Namun akhirnya, UU tersebu disahkan. Kanada menerbitkan lebih dari 15.000 surat nikah bagi pasangan sejenis yang tinggal di negara tersebut.

6. Perancis

Presiden Prancis Francois Hollande telah menandatangani undang-undang yang cukup kontroversial pada tanggal 18 Mei. Hal tersebut telah membuat negaranya menjadi negara ke-9 di Eropa yang tercatat melegalkan pernikahan sejenis.

7. Spanyol

Parlemen Spanyol melegalkan pernikahan sejenis pada tanggal 30 Juni 2015. RUU tentang pelegalan pernikahan sejenis ini awalnya sangat ditentang oleh Gereja Katolik. Tapi hasil jajak pendapat menunjukkan 62% dari majelis yang mengabulkannya.

8. Norwergia

Pernikahan sejenis menjadi topik serta isu diskusi di dewan pemerintah Norwegia sejak lama. Akhirnya, pada tahun 1993, Norwegia menjadi negara kedua, setelah Denmark, yang melegalkan pernikahan bagi kaum LGBT.

9. Inggris dan Wales

Setelah Ratu Elizabeth II memberikan persetujuan kerajaan tentang pernikahan sesame jenis, akhirnya Inggris pun melegalkannya. Ketua parlemen Inggris, John Bercow mengatakan persetujuan kerajaan telah diberikan pada Rabu, 17 Juli 2013.

RUU tersebut sangat memungkinkan pasangan LGBT untuk menikah dalam perayaan agama dan sipil di England dan Wales. Selain itu, hal tersebut juga mengizinkan pasangan yang sebelumnya telah hidup bersama untuk meresmikan hubungan mereka dalam ikatan pernikahan.

10. Meksiko

Pernikahan sesama jenis boleh dilakukan di ibukota Meksiko sejak 21 Desember 2009, yaitu Mexico City. Meksiko City adalah salah satu ibu kota pertama Amerika Latin yang sepenuhnya mengakui perkawinan sejenis.

 

2019-05-30T10:15:42+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!