Kondisi yang Akan Terjadi Disebabkan Kurang Tidur

Barangkali Anda sudah tahu bahwa terdapat banyak manfaat istirahat cukup yang bisa Anda dapatkan. Selain dapat meningkatkan energi dan produktivitas dalam melakukan sesuatu, istirahat yang cukup juga dapat menjaga kestabilan kondisi psikis Anda. Namun, bagaimana efek kurang tidur dan apa yang akan terjadi jika seseorang kekurangan waktu untuk beristiahat?

Kebutuhan akan tidur dan istirahat yang cukup rupanya setara dengan pentingnya kebutuhan manusia akan makan dan bernapas. Jika tubuh dibiasakan mendapatkan kekurangan jam tidur, hal tersebut  dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Efek Kurang Tidur Bagi Tubuh Seseorang

efek kurang tidur

Bagi Anda yang memiliki kegiatan serta aktivitas yang padat, pasti sudah pernah secara langsung merasakan efek kurang tidur, seperti  mudah marah-marah, tidak bisa konsentrasi, dan produktivitas pun menurun lantaran terganggu oleh rasa kantuk.

Berikut ini adalah beberapa efek yang bisa terjadi pada diri Anda jika kekurangan jam tidur:

1. Berisiko Terkena Penyakit  Serius

Barangkali Anda menganggap bahwa kekurangan tidur hanya akan mendatangkan kelelahan sekaligus mengurangi produktivitas dalam melakukan pekerjaan. Akan tetapi, efek yang akan timbul dari kurangnya istirahat dan waktu tidur ternyata akan berdampak lebih parah dari itu, yaitu berisiko terkena penyakit serius seperti jantung, diabetas, hingga depresi.

Penelitian menyatakan bahwa penderita insomnia memiliki risiko yang lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, serta masalah kesehatan mental seperti gangguan mood dan kecemasan dibanding yang tidak kekurangan jam tidur.

2. Kemampuan Berpikir Berkurang

Efek selanjutnya yang akan timbul jika seseorang kekurangan waktu tidur adalah kemampuan berpikirnya akan berkurang. Sebuah riset dari Experimental Brain Research menyatakan bahwa fungsi otak sebagai penampung daya ingat, kemampuan membuat keputusan,  argumen, dan menyelesaikan masalah dapat turun drastis jika seseorang kurang tidur dan istirahat.

3. Mudah Sakit dan Sisitem Kekebalan Tubuh Menurun

Seperti yang telah Anda tahu bahwa sistem kekebalan tubuh bisa menghasilkan jenis protein yang dinamakan sitokin yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi, peradangan, dan stres. Sementara itu, saat kita tidur, tubuh akan melepaskan sitokin. Jika kita kurang tidur, maka produksi sitokin ini juga akan berkurang.

4. Menurunnya Performa Atau Gairah dalam Melakukan Aktivitas Seksual

Jika tubuh Anda cukup beristirahat dapat menambah kesenangan serta gairah seksual, maka kurangnya istirahat akan mengalami penurunan terhadap performa seks. Hal ini dapat terjadi dikarenakan hasrat beserta ketertarikan untuk berhubungan seksual dapat berkurang akibat kelelahan, rasa kantuk, dan meningkatnya stres karena kurang tidur.

5. Terlihat Cepat Tua

Efek kurang tidur yang dapat dirasakan seseorang selanjutnya adalah akan terlihat lebih cepat tua. Apa bila Anda mengalami gangguan tidur atau insomnia yang terjadi secara terus-menerus,  maka kondisi kulit akan menjadi kusam, timbul kerutan halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata (mata panda).

Hal ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol yang berlebihan dan dapat menghancurkan kolagen dalam tubuh untuk menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan, yang memiliki peran dalam meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

Sebetulnya, banyak sekali dampak atau efek kurang tidur yang bisa dirasakan seseorang. Tidak memiliki cukup waktu istirahat juga dapat menyebabkan gangguan mood dan efek psikologis lainnya yang dapat menyerang tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki jam tidur yang tidak teratur, maka harus memperbaiki pola tidur dalam upaya menjaga kebugaran tubuh Anda.

2019-05-29T14:10:46+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!