Menelusuri Fenomena Prostitusi Daring yang Terjadi

Baru-baru ini, Indonesia dikagetkan dengan sebuah fenomena yang sebetulnya telah terjadi sejak lama. Namun, karena hal ini melibatkan nama seorang selebritis terkenal, maka nyaris seluruh media berita yang membahas tersebut akhirnya di-blow up dan banyak yang membicarakannya. Tak lain dan tak bukan hal ini berkaitan dengan fenomena prostitusi online di kalangan selebritis tanah air.

Namun meskipun demikian, hukum belum bisa menjerat VA dan SA selaku pihak yang terlibat dalam kasus tersebut. Hal ini dikarenakan status mereka masih menjadi saksi. Selain itu, ini terjadi dikarenakan belum ada perundang-undangan yang atau ketentuan yang mengatur hal tersebut.

Masyarakat Memandang Fenomena Prostitusi Online yang Terjadi

isu prostitusi online

Seperti yang telah Anda semua tahu bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih akan sangat memengaruhi hampir seluruh tatanan kehidupan masyarakat, termasuk di Indonesia. Begitu pun keberadaan fenomena prostitusi online ini yang juga ikut menjadi bagian dari perkembangan teknlogi dan informasi yang diterima oleh masyarakat.

Seperti dalam kasus yang akhir-akhir ini kerap menjadi perbincangan hangat, yaitu kasus prostitusi online seleberitis tanah air yaitu  VA. Hal tersebut pun banyak menjadi polemik di masyarakat yang pada akhirnya menjadi sebuah isue yang mendatangkan pendapat tentang pro dan kontra terkait kegiatan industri seks komersial di ranah internet.

Tidak seperti di negara penganut seks bebas seperti Amerika, Spanyol, dll. Masyarakat Indonesia memangdang bahwa VA, sebagai pihak terlibat memang salah. Namun di lain sisi, hukum pun belum bisa menjadikan VA sebagai tersangka pada kasusu ini. Seperti pada pasal 2 ayat 1 tentang undang-undang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang alias human trafficking atau perdagangan manusia – yang artinya hanya mucikari yang dapat dikenakan hukuman.

Proses Terjadinya Prostitusi Online

fenomena prostitusi online

Prostitusi merupakan industri yang memang jarang sekali dilirik sebagai hal yang melanggar hukum. Namun di balik itu semua, prostitusi juga masuk ke dalam kategori human traficking atau perdagangan manusia di mana manusisa dijadikan objek (produk) perdagangan. Hal tersebut telah tercatat dalam rangkaian Undang-Undang di mana pelaku perdagangan akan mendapat ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara atua menurut Pasal 296 KUHP, pelaku diancam hukuman maksimal 1 tahun 4 bulan penjara.

1. Perubahan Praktik Prostitusi Konvensional Menjadi Prostitusi Online

Fenomena prostitusi online ini terjadi akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dulunyabiasa dilakukan secara konvensional. Di mana, para pelaku pekerja seks komersial (PSK) ini langsung menjajakkan tubuhnya dan menawarkannya pada calon pelanggannya.

Namun, akhirnya pada situasi dan tata sosial produk berdasarkan adanya perkembangan teknologi informasi, globalisasi, fragmentasi gaya hidup, dan konsumerisme yang berlebihan hal ini pun bisa dilakukan dengan cara online.

2. Praktik Prostitusi Online Melaui Media Sosial

Adanya prostitusi online yang tak bisa luput dari berkembanganya teknologi ini ternyata praktiknya bisa melalui media sosial, seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Di sana biasanya para mucikari akan menarwarkan serta membagikan keterangan-keterangan tentang “pekerja” bagi calon pelanggan. Bahkan, ada pula yang secara gamblang memasangkan foto-foto wanita yang akan ditawakan pada mereka.

Dengan memasang foto tersebut, para pelanggan tahu bagaimana kondisi sang “pekerja”. Selain itu, sebetulnya para wanita yang di foto tersebut tidak selalu sama dengan wanita aslinya, karena untuk benar-benar bisa berkencan dengan wanita tersebut harus melalui transaksi dengan menghubungi nomor telepon yang tersedia ataupun dengan syarat-syarat lain.

Di Indonesia sendiri fenomena prostitusi online ini begitu populer dan sebetulnya telah terjadi sejak mulainya teknologi internet masuk ke negara ini.

2019-05-29T16:04:43+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!