Penyebab Siklus Mentruasi Tidak Teratur

Kondisi haid tidak teratur merupakan salah satu kondisi yang kerap di alami oleh beberapa wanita. Kondisi  tersebut bisa terjadi pada saat siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Penyebab Haid Tidak Teratur

siklus haid tidak teratur

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan. Fase ini biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi itu sendiri juga umumnya terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. Dan setiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang. Namun terkadang, beberapa wanita mengalami menstruasi tidak lancar.

1. Kondisi Mental yang Menurun (Stres)

Saat seorang wanita mengalami penurunan kondisi mental atau  stress,biasanya secara otomatis tubuh mencegah proses ovulasi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada periode haid yang tidak teratur.

Stres menyebabkan terganggunya hormon seks seperti estrogen. Juga, tingkat hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon Luteinizing (LH) menurun. Keberadaan kondisi sepert ini juga dapat mencegah pembentukan rahim.

2. Diet dan Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Jika Anda berpikir bahwa melakukan diet itu menyehatkan, hal itu tidak selalu benar. Diet yang rendah nutrisi serta rendah antioksidan akan memicu haid jadi tidak teratur.

Jika nutrisi di tubuh Anda berkurang, fungsi hormon seks akan terhalang serta menimbulkan  kekacauan pada siklus haid Anda. Pastikan untuk memiliki diet seimbang jika kondisi tersebut Anda alami. Diet serta pola makan yang baik akan memperbaiki fungsi sistem reproduksi kamu.

3. Terlalu Banyak Melakukan Latihan Berat

Terlalu banyak latihan memberi tekanan berlebihan pada kelenjar adrenal dan kelenjar pituitari pada tubuh Anda. Saat melakukan latihan intensif yang berlebihan, tubuh pun ikut menghasilkan kortisol (hormon stres).

4. Karena Penyakit Tiroid

Kelenjar atau penyakit tiroid menghasilkan hormon yang menciptakan ketidakseimbangan hormon seks. Hipotiroidisme (kekurangan tiroid) dan hipertiroidisme (kelebihan tiroid) juga penyebab haid Anda tidak teratur.

Hal itu juga memnyebabkan banyak kortisol beredar di tubuh sehingga menciptakan gangguan hormonal. Ini berarti kamu bisa menderita menstruasi tidak teratur karena kelainan tiroid.

5. Polycystic Ovarian Syndrome

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan kondisi ketika kista sangat kecil berkembang di ovarium.  Perempuan yang menderita PCOS biasanya tidak berovulasi secara teratur. Ovulasi adalah proses ketika salah satu indung telur kamu melepaskan sel telur. Bila proses ini tidak terjadi, hal itu berakibat pada ketidakseimbangan hormon.

6. Anemia yang Parah

Anemia merupakan kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah rendah. Anemia yang parah bisa memberikan efek yang lebih jauh dari sekedar tubuh kamu mudah merasa lelah. Anemia yang parah bisa mempengaruhi siklus haid, sehingga terkadang siklus menstruasi tidak akan lancar.

Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

haid tidak lancar dan teratur

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi menstruasi tidak lancar, terlebih dahulu Anda harus tahu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur.

  • Mengubah pola dan  hidup
  • Melakukan pengobatan tiroid
  • Melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik.
  • Melakukan konseling jika Anda mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis.
  • Melakukan terapi hormonal

Pada dasarnya, haid yang tidak teratur berawal dari salahnya gaya hidup. Untuk itu, jika Anda mengalami kondisi tersebut lebih baik konsultasikan ke dokter. Selain itu, perawatan kesehatan organ reproduksi pun sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen Rose V yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda.

 

2019-04-30T14:20:43+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!