Penyebab Istri Berselingkuh dan Cara Menyikapinya

Setiap pasangan suami istri tentu saja menginginkan hubungannya langgeng dan jauh dari perselingkuhan. Namun terkadang dalam sebuah ikatan pernikahan pun banyak  hal yang menjadi penyebab seorang istri selingkuh dan menodai janji suci yang telah lama dijaga. Lalu, bagaimana juga cara menyikapinya jika Anda mengetahui bahwa istri berselingkuh dan mengkhianati?

Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Istri Selingkuh?

penyebab istri selingkuh

Tanda hubungan suami istri harmonis salah satunya adalah bebas dari perselingkuhan. Hal tersebut merupakan salah satu prahara dalam rumah tangga yang sangat ditakuti tiap pasangan suami istri. Apalagi jika yang kedapatan berselingkuh adalah istri yang Anda anggap akan setia menjaga keutuhan rumah tangga.

Perselingkuhan yang dilakukan seorang istri dapat dikarenakan beberapa sebab, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Merasa Salah Memilih Pasangan yang Tepat

Dalam sebuah ikatan pernikahan tidak dapat dilakukan dengan sembarang orang, melainkan harus dengan orang yang dianggap tepat untuk mendampingi. Namun, seorang istri akan merasa telat menyadari ketikdakcocokan dan merasa suaminya bukanlah pasangan yang tepat untuk dirinya.

Perasaan seperti itu akan membuat seorang istri bisa berselingkuh. Terlebih jika ada orang lain yang membuatnya lebih nyaman dan dirasa lebih ideal. Padahal, kecocokan menjalin hubungan suami istri juga tidak melulu terpatok pada idealisme yang dibayangkan.

2. Kepuasan Seksual yang Tidak Terpenuhi

Kepuasan seksual tidak hanya dibutuhkan oleh seorang pria sehingga suami betah di rumah. Hal demikian juga sangat dibutuhkan oleh istri sehingga rumah tangga pun menjadi lebih harmonis dan baik-baik saja.

Dalam bukunya yang berjudul “The Secret Lives of Cheating Wives”, Alicia Walker, seorang ahli sosiologi dari Missouri State University pun mengatakan bahwa seorang istri yang berselingkuh sebenarnya sangat mencintai pasangannya. Akan tetapi karena alasan kebutuhan seksual yang tidak didapatkan dari pasangannya, maka wanita memutuskan untuk berselingkuh.

Jika seorang istri tidak mendapat kepuasan di ranjang, maka hal tersebut dapat membuatnya melakukan “pencarian” di luar sana sampai ia mendapatkan kepuasan tersendiri.

3. Merasa Sangat Kesepian

Di antara pasangan suami istri, ada beberapa pasangan yang terpaksa harus melakukan LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh. Misalnya, sang suami bekerja di luar kota sementara istri diam di rumah untuk mengerjakan berbagai kegiatan domestik.

Jika istri tidak sabar dan kuat dengan kondisi yang seperti itu, maka ia akan merasa sepi. Kesepian yang memuncak bagi seorang istri yang ingin selalu mendapat perhatian suami terkadang akan menjadi penyebab istri selingkuh.

4. Masalah Ekonomi

Berbeda dengan penyebab suami selingkuh yang pada dasarnya memang dikarenakan tabiatnya, penyebab istri selingkuh pada umumnya disebabkan oleh masalah ekonomi. Tidak dapat dipungkiri bahwa memenuhi kebutuhan finansial supaya lebih baik adalah salah satu tujuan dari pernikahan.

Apabila seorang istri merasa kebutuhannya selama berumah tangga kurang terpenuhi, ketika ia menemukan pria lain yang memiliki “kelebihan” dari suaminya. Maka, kemungkina adanya perselingkuhan dapat terjadi.

5. Merasa Kurang Penghargaan

Dalam berumah tangga, prinsip yang mesti dijalankan adalah prinsip “saling”. Di mana, suami dan istri bisa saling menyayangi, mengerti, dan juga menghargai. Namun terkadang ada suami yang menginginkan istrinya melakukan banyak hal dalam menjalankan rumah tangganya namun kurang menghargainya.

Kurangnya rasa dihargai oleh suami juga dapat menjadi penyebab serta alasan istri selingkuh dengan pria lain.

Cara Menyikapi Istri Selingkuh

menyikapi istri selingkuh.jpg

Sebagai seorang suami, Anda akan merasa terhina jika mendapati istri berselingkuh dengan pria lain. Sehingga terkadang Anda ingin melakukan sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan karena membutuh banyak pertimbangan. Walaupun demikian, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyikapi perilaku istri Anda yang demikian, di antaranya adalah:

1. Berusaha Menahan Diri dan Emosi

Ketika sebagai seorang suami Anda mampu bersabar menghadapi kenyataan bahwa istri Anda melakukan hubungan terlarang dengan laki-laki lain, maka Anda pun dapat menahan diri Anda. BAhkan jika saja perselingkuhan tersebut Anda saksikan secara langsung, semua suami pasti ingin memukul pria yang menjadi selingkuhan istrinya. Selain itu pula, keinginan untuk melampiaskan kemarahan pada istri Anda secara fisik pun memuncak.

Namun berbuat demikian justru akan memperburuk keadaan dan akan semakin membuat masalah memanjang. Oleh karena itu, menahan diri dan melakukan pendekatansecara baik-baik kepada istri untuk menyelesaikan masalah akan memudahkan segalanya.

2. Melakukan Komunikasi Empat Mata

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan dalam menyikapi istri selingkuh adalah dengan melakukan komunikasi secara empat mata bersamanya. Tanyakan pula pada istri Anda apa alasan ia berselingkuh. Biarkan sejenak ia menjelaskan segalanya pada Anda.

Setelah semuanya terjelaskan, maka Anda pun boleh memutuskan tindakan apa yang selanjutnya harus dilakukan.

3. Hindari Melakukan Kekerasan

Emosi yang memuncak akibat mengetahui perselingkuhan istri akan membuat seorang suami merasa terhina. Terkadang, dari perasan seperti itu akan muncul keinginan lain seperti melakukan kekerasan. Misalnya, memukul dan lain sebagainya kepada sang istri karena sangat terluka

Namun, hal tersebut akan menimbulkan masalah yang baru. Jadi, sebisa mungkin tahanla emosi dan hindari untuk melakukan kekerasan, baik itu secara verbal maupun fisik.

4. Berikan Jarak untuk Sementara Waktu

Memberi jarak untuk sementara waktu dengan pasangan akan lebih baik ketimbang melakukan tindakan yang gegabah, seperti melakukan kekerasan atau menceraikan istri Anda.

Jika Anda mengetahui istri Anda selingkuh dengan orang lain, maka berikanlah jarak dalam kurun waktu tertentu. Hindarilah mengucapkan kata-kata yang kasar yang jutru juga akan menyakiti kedua belah pihak.

Setelah dirasa cukup memberikan jarak, Anda pun dapat melakukan komunikasi tentang sebab istri berselingkuh.

5. Introspeksi Diri dan Kekurangan Selama Berumahtangga

Instrospeksi merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum Anda meluapkan kekesalan Anda pada istri yang berselingkuh. Apakah selama hidup berumah tangga mamang terdapat hal yang salah dan harus segera diperbaikin atau diselesaikan?

Jika sudah berintrospeksi, maka tanyakan pada istri mengenai berbagai alasan mengapa dirinya dapat melakukan perselingkuhan dan mengkhianati pernikahan.

6. Hindari Media Sosial

Beberapa orang  melampiaskan kekesalan dan kegalauannya di media sosial. Khusus untuk maalah yang satu ini, sebaiknya Anda harus menghindari media sosial. Terlebih jika Anda menceritakan perselingkuhan istri Anda dengan orang lain.

Menghindari media sosial akan membantu Anda dalam melatih kesabaran Anda. Sebaiknya, simpan maslah rumah tangga Anda sendiri dan akan lebih baik jika Anda mencari solusinya.

Perselingkuhan memang hal yang sangat menyakitkan, terlebih jika sudah percaya pada kesetiaan pasangan namun dengan mudahnya ia berkhianat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui mengapa istri bisa sampai berselingkuh. Selain itu, Anda pun harus tahu bagaimana cara menyikapi perselingkuhan tersebut.

Setelah bisa menyikapi semua yang terjadi, Anda pun dapat mengambil keputusan yang terbaik yang dapat dilakukan dan disepakati bersama. Jika hubungan Anda dengan istri memang sudah tidak dapat dipertahankan karena perselingkuhan, barangkali berpisah akan membuatnya baik-baik saja.

 

 

2019-06-28T09:23:58+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!