Beberapa Kewajiban Istri Kepada Suami yang Harus Dilakukan

Membangun sebuah kehidupan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan beberapa aspek dan hal-hal yang mesti dilakukan dalam menjalaninya, salah satu hal tersebut adalah memenuhi kewajiban istri pada suami.

Selain itu, dalam membina bahtera serta hubungan rumah tangga, perlu sekali saling membagi kasih sayang serta pengertian di antara kedua belah pihak, baik istri maupun suami. Sehingga, akan tercipta hubungan rumah tangga yang harmonis dan ideal. Sebaliknya, apabila dalam kehidupan rumah tangga ada di antara salah satu pihak yang merasa dominan dan peling berkuasa, maka kehidupan rumah tangga pun tak akan berjalan dengan baik dan justru memicu berbagai masalah.

Kewajiban Istri pada Suami yang Mesti Dipenuhi

kewajiban istri terhadap suami

Seperti yang telah kita tahu, bahwa baik suami maupun istri memiliki hak dan kewajiban tertertentu dalam menjalani sebuah hubungan pernikahan. Begitu pun bagi seorang istri, ia harus melakukan beberapa kewajiban seorang istri pada suami, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyenangkan Suami saat Berada di Rumah dengan Cara Menunjukan Muka “Manis”

Sebagai seorang istri, Anda dituntut untuk selalu senantiasa menyenangkan suami saat berada di rumah, salah satunya dengan cara menunjukan muka manis. Dalam hal ini, istri dituntut untuk bisa mengontrol emosi serta suasana hati atau mood-nya saat ia sedang bersama suaminya. Usahakan supaya tidak menunjukan muka yang masam dan tak enak untuk dilihat saat suami pulang bekerja.

Salah satu cara untuk menyenangkan suami juga dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal yang ia sukai, misalnya memasak makanan kesukaannya, menyediakan minuman saat ia pulang bekerja, serta hal-hal lainnya.

2. Tidak Keluar Rumah Tanpa Izin Sang Suami

Hal yang satu ini barangkali sering luput diingatan sebagian istri, yaitu tidak keluar rumah saat suami belum mengizinkannya. Hal ini pun telah diterangkan dalam sebuah ayat Al-Quran:

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab : 33)

Karena itu, bagi seorang istri, hendaklah meminta izin suami sebelum Anda pergi ke luar rumah.

3. Senantiasa Taat Kepada Suami

Kewjiban istri pda suami selanjutnya yang paling utama adalah senantiasa taat kepadanya. Dalam hal ini, istri hanya perlu melaksanakan ketaatannya kecuali dalam melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama (Islam) dan juga kesusilaan.

Namun hal ini juga sebelumnya perlu disepakati dan persetujuan di antara kedua belah pihak. Misalnya, terkait hal-hal yang berhubungan pekerjaan, karier, keluarga, pendidikan anak, dan lain sebagainya. Sehingga, makna dari “taat” di sini tidak diartikan secara absolut atau mutlak, melainkan bersifat opsional yang telah disepakati bersama sebelum melangsungkan pernikahan.

4. Menjaga Harta Beserta Kehormatan Dirinya dan Suami

Kewajiban istri pada suami yang selanjutnya adalah tentang menjaga harta beserta kehormatan. Hal ini juga bersifat fleksibe atau opsional di mana peru juga kesepakatan di antara kedua belah pihak.

Namun memang pada umumnya istrilah yang akan mengemban  tugas terkait pengelolaan keuangan keluarga, apalagi jika istri yang tidak bekerja dan  tidak memiliki penghasilan tetap dalam rumah tangganya.

Jadi, hal yang paling ditekankan dalam urusan ini adalah bahwa istri harus turut serta aktif dalam menjaga serta dapat mengelola harta yang dimiliki dalam sebuah keluarga. Untuk itu, pembagian kerjanya adalah jika suami berupaya mendapatkan harta, maka istri memiliki bertugas dalam merawat dan menjaganya, bahkan juga bisa mengembangkannya bila memungkinkan.

 

2019-05-14T09:05:38+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!