LGBT, Antara HAM dan Penyimpangan

Hidup di masa sekarang terkadang dipenuhi dengan kebingungan tentang menentukan mana yang yang benar dan mana yang salah. Salah satu isu yang sampai saat ini masih menjadi polemik di masyarakat umum adalah mengenai LGBT, di mana banyak orang yang juga masih merasa perlu mendapatkan kejelasan LGBT apakah penyimpangan atau HAM (Hak Asasi Manusia).

Untuk mengetahui hal tersebut, maka diperlukan penelaahan lebih jauh dari kedua sisi, misalnya dari segi agama dan permasalahan psikologi yang dialami  para pelaku LGBT.

Pengertian LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Trasngender)

lgbt apakah penyimpanga atau HAM

Sebelum mengetahui LGBT apakah penyimpangan atau HAM, maka sebelumnya Anda mesti tahu apa pengertian LGBT itu sendiri. Hal tersebut merupakan singkatan dari empat macam orientasi seksual yang dianggap sebagai penyimpangan seksual yang bisa dialami manusia, yakni lesbian, gay, biseksual dan transgender.

Amerikan Psyciatric Association sendiri mengatakan bahwa tiap orientasi seksual seseorang akan mengalami perkembangan. Hal tersebut dibagi menjadi tiga kategori di antaranya adalah hasrat seksual, dorongan seksual, serta ketertarikan romantismenya. Selain itu ini juga berkaitan dengan perasaan emosional, fisik,  cinta.

Berikut ini adalah penguraian mengenai orientasi seksual LGBT itu sendiri:

  • Lesbian => gangguan seksual yang menyimpang di mana wanita memiliki ketertarikan pada sesama jenisnya, yaitu wanita lagi.
  • Gay => gangguan seksual di mana pria mengalami ketertarikan pada sesama jenisnya, yaitu sesama pria.
  • Biseksual => sebuah perilaku penyimpangan seksual di mana seseorang bisa memiliki ketertarikan pada dua jenis kelamin atau gender sekaligus.
  • Transgender => pengubahan alat kelamin dikarenakan seseorang merasa alat kelaminnya tidak menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya. Biasanya, seorang pria akan mengubah alamat kelaminnya menjadi alat kemain wanita.

Faktor-Faktor Penyebab LGBT

lgbt penyimpangan ham

Tidak semua orang mengalami perkembangan orientasi seksual secara normal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa faktor yang bisa saja menjadi alasan bagi seseorang untuk memutuskan menjadi seorang yang berperilaku menyimpang seperti LGBT, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Keluarga

Keluarga merupakan faktor utama dalam pembentukan karakter seseorang. Hal ini dikarenakan seseorang mengalami masa dan fase tumbuh dan berkembang bersama keluarganya yang merupakan lingkungan terdekatnya. Maka dari itu, kelaurga juga dapat memengaruhi seseorang dalam pembentukan orientasi seksual.

Misalnya tentang bagaimana cara orangtua memperlakukan anak laki-laki dan perempuannya. Meski tidak semua kasus LGBT ini dipengaruhi dari faktor keluarga, namun kelaurga dapat memberikan pengaruh yang kuat terkait orientasi seksual seseorang.

2. Trauma Masa Lalu

Trauma juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami penyimpangan seksual. Bisa jadi, seseorang menjadi seorang LGBT setelah mengalami pengalaman yang  begitu traumatis dari lawan jenisnya, misalnya menjadi penyintas atau korban kekerasan seksual. Trauma yang timbul karena hal tersebut bisa menjadi alasan yang kuat yang menyebabkan seseorang menjadi seorang LGBT.

3. Gen dan Lingkungan

Selain lingkungan keluarga sebagai lingkungan terdekat, ternyata lingkungan lain pun akan sangat berpengaruh bagi pembentukan karakter seseorang, termasuk dalam hal orientasi seksualnya. Selain itu, gen juga dapat menjadi faktor yang menentukan hal tersebut. Satu-satunya yang mendapat pengaruh dari faktor genetis adalah kaum interseks.

LGBT Apakah Penyimpangan atau HAM?

tentang lgbt

Setiap orang wajib menghormati Hak Asasi Manusia, hal tersebut pun telah tercatat dalam Undang-Undang. Namun bagaimana dengan LGBT? Apakah hal tersebut masuk ke dalam kategori hak asasi manusia atau malah sebaliknya, yaitu penyimpangan?

Seseorang mengatakan bahwa hak asasi manusia dijalankan tanpa harus bertentangan dengan agama dan keyakinan seseorang. Dalam Islam sendiri dikenal dengan sebutan  Liwath (gay) dan Sihaaq (lesbian) – di mana ayat tentang ini termaktub dalam Al-Quran:

“Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun sebelummu. Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melampiaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita.” (Q.S. Al-Araf (8): 81-82)

 

 

2019-05-30T10:27:30+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!