Memaknai Doa Sakinah Mawadah Warohmah dalam Pernikahan

Pada saat seseorang melangsungkan pernikahannya, seringkali kita mengatakan, “Semoga sakinah mawadah warohmah”. Namun, sebetulnya apa makna sakinah mawadah warohmah yang sering kita ucapkan pada kawan atau kerabat yang menikah? Ungkapan tersebut adalah harapan dan doa yang ditujukan kepada kedua mempelai sebagai ucapan selamat terhadap kehidupan baru mereka setelah menikah.

Dalam pandangan Islam sendiri, pernikahan merupakan salah satu ibadah yang dapat menyempurnakan iman. Di mana di dalamnya terdapat berbagai harapan supaya tujuan pernikahan yang dilakukan dapat terwujud sesuai yang diinginkan.

Makna dari Doa Sakinah

makna sakinah

Makna sakinah mawadah warohmah ini selalu diucapkan kepada kedua mempelai dalam pernikahan. Dalam bahasa Arab sendiri, kata “sakinah” memiliki arti kedamaian, tenang, tentram, dan aman.

Kata tersebut bermula dari Al-Quran Surah Ar-Rum ayat 21:

“Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang”. (QS. Ar-Rum (30): 21)

Untuk mendapatkan hubungan suami istri yang harmonis, melalui surat tersebut telah dijelaskan bahwa sebagai pasangan suami istri harus bisa membuat pasangannya senantiasa merasa tentram, tenang, nyaman dan damai dalam menjalani kehidupan rumah tangganya.

Untuk menjadikan hal tersebut nyata, maka dibutuhkan sebuah iman dan ikatan hati yang kuat yakni berupa kesetiaan dengan pasnagannya. Kesetiaan tersebut diartikan sebagai penerimaan kepada pasangan yang telah dipilih. Misalnya, menghindari hal-hal yang menjadi penyebab suami selingkuh, maupun istri yang selingkuh.

Makna atau Arti Doa Mawadah

makna mawadah

Setelah kata “sakinah”, doa yang kedua yang sering diucapkan kepada pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahannya adalah mawadah.
Mawaddah jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti cinta atau sebuah harapan.

Ketika menjalin sebuah ikatan pernikahan, cinta merupakan sesuatu yang mesti terus ada dan terjaga demi kelanggengan rumah tangga. Biasanya pada saat hubungan telah berlangsung sekian lama dengan adanya nyaman. Maka, saat itu pula cinta akan berangsur tumbuh.

Cinta dalam ikatan pernikahan juga melibatkan cinta kepada Sang Pencita (Allah SWT). Maka dari itu, pernikahan merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling nikmat.

Makna atau Arti Doa Warohmah

makna warohmah

Makna kata warohmah itu sendiri tidaklah jauh dari kata sakinah dan mawaddah. Sebab, ketiga kata tersebut memiliki sebuah relasi yang saling terkait satu sama lain. Arti dari  warohmah jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna: “dan kasih sayang”.

Adanya kasih dan sayang dari ikatan pernikahan merupakan inti supaya hubungan keluarga bisa berlangsung harmonis dan memeproleh kebahagiaan dari hubungan tersebut. Karena itu, sepasang suami istri harus bisa saling membagikan rasa kasih sayang satu sama lain supaya ikatan pernikahan mereka bisa berlangsung dengan penuh kebahagiaan.

Sakinah, mawaddah, wa rahmah itu sendiri adalah tiga pokok yang mesti ada dalam ikatan pernikahan, rumah tangga, dan keluarga.  Jika dalam pernikahann bisa mendapatkan makna sakinah mawadah warohmah, maka kehidupan suami istri pun dapat menjadi aman, tentram dan damai, penuh cinta, dan kasih sayang.

Oleh karena itu, kedua belah pihak, baik itu istri maupun suami diharuskan untuk saling pengertian, saling mencintai, saling menjaga, saling memberi kepercayaan dan kasih sayang sepenuhnya. Misalnya, seorang istri selalu membuat suami betah di rumah.

Ketiga aspek (sakinah, mawdah, warohmah) merupakan hal-hal yang harus dijadikan sebagai pedoman supaya pernikaha bisa berlangsung dengan harmonis. Hal tersebut juga ditujukan supaya hubungan pernikahan pun penuh dengan kedamaian dan dapat saling membahagiakan satu sama lain.

2019-06-29T11:30:40+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!