Makna di Balik Kalimat “Malam Jumat Sunnah Rosul”

Bagaimana cara memaknai kalimat malam Jumat sunnah Rosul yang sering dibicarakan orang-orang? Sebagai umat Islam, diwajibkan menunjunjung nabi Muhammad sebagai Rasulullah. Tentunya, juga sangat dianjurkan untuk mengikuti dan mengamalkan sunnahnya.

Namun, di dalam Islam sebagaimana kita ketahui bahwa terdapat empat mazhab di mana banyak ulama  beranggapan tentang berbagai sunnah. Tentunya, Anda pun tidak asing lagi juga sering mendengar istilah malam Jumat sunnah Rosul apalagi orang awam.

Malam Jumat Sunah Rosul Bagi Orang Awam

sunah rosul malam jumat bagi awam

Bagi beberapa pemuda yang masih awam mungkin masih bertanya-tanya apa maksud dari kalimat malam Jumat sunah rosul dan hal-hal yang berkaitan dengan itu semua. Namun, yang lebih di sayangkan lagi yaitu mereka yang sudah belajar agama lebih dalam juga memaknai istilah tersebut hanya merujuk pada hubungan suami istri dalam ikatan pernikahan.

Kebanyakan morang awam atau yang belum mempelajari agama dengan baik atau sama sekali belum mendalami hanya menyerap sebuah istilah-istilah yang memang mereka sendiri tidak mengetahui sumber keasliannya sehingga membuat mereka langsung menerima apa yang ramai di perbincangkan di masayarakat. Contohnya istilah malam Jumat sunnah rosul itu sendiri sebagai istilah khusus untuk menghaluskan sebutan bagi hubungan suami istri.

Hadist Tentang Malam Jumat Sunnah Rosul

hadist malam jumat sunah rosul

Bagi umat muslim sebagian  besar memang sering mendengar sebuah hadist yang berkaitan dengan istilah sunah rosul pada malam jumat yaitu:

Barangsiapa melakukan hubungan suami istri di malam Jumat (Kamis malam) maka pahalanya sama dengan membunuh 100 Yahudi. [Dalam hadits yang lain disebutkan sama dengan membunuh 1000 atau 7000 yahudi.

Namun ternyata dari hadist di atas telah dibantah oleh beberapa ulama yang menyatakan bahwa di dalam alquran atau kitab hadist belum pernah di temukan sebuah keterangan yang mirip dengan hadist di atas. Bahkan, di setiap kitab fiqih, kitab hadist shahih dan kita hadist palsu pun tidak akan pernah di temukannya keterangan di atas. Jadi, keterangantersebut bukanlah hadist atau dapat disebut sebagai hadist yang sangat palsu.

Lalu, apa maksud dari sunnah rosul malam jumat yang sebenarnya?

Dari Aus bin Abi Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan memandikan, dia berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, serta berkonsentrasi mendengarkan khotbah maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun.” (H.R. Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Imam An-Nawawi dan Syekh Al-Albani).

Kemudian hal tersebut juga dilanjutkan oleh keterangan beberapa ulama yang mengatakan:

“Kami belum pernah mendengar satu hadis sahih dalam syariat yang memuat pahala yang sangat banyak selain hadis ini.” Karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan semua amalan di atas, untuk mendapatkan pahala yang diharapkan.” (Al-Mirqah, 5:68).

Untuk mengartikan kata “memandikan” dengan menggauli istri karena jika seroang suami menggauli istri maka ia sama dengan memandikan istrinya. Dengan ini, seorang suami melakukan ini dianjurkan sebelum berangkat sholat jumat agar bisa menekan syahwatnya dalam menuju masjid (Aunul Ma’bud Syarh Sunnan Abu Daud).

Jadi, sunnah rosul pada malam jumat itu tidak ada karena hadist yang shahihnya adalah jika diartikan hubungan suami istri maka di lakukan pada hari Jumat sebelum melakukan sholat Jumat. Untuk itu, sebagai umat Muslim harus bisa berhati-hati memaknai hadist tertentu, termasuk untuk istilah malam Jumat sunnah rosul itu sendiri.

 

2019-06-29T09:37:20+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!