Puasa Sebagai Metode Pengendalian Hawa Nafsu

Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang mesti dilakukan Muslim di bulan Ramadan untuk memenuhi rukun Islam yang ketiga. Di samping untuk memenuhi dan menjalani ibadah, puasa juga memiliki berbagai manfaat. Adalah salah satu manfaat puasa untuk mengontrol hawa nafsu.

Pengertian serta Anjuran Puasa Bagi Umat Islam

pengertian puasa

Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang harus dikerjakan oleh tiap muslim yang beriman. Puasa artinya menahan, di mana hal tersebut juga memiliki arti, yakni sebuah usaha bagi seorang mukallaf untuk menahan diri dari berbagai pembatal puasa disertai dengan niat beribadah kepada Allah, dimulai sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Anjuran berpuasa ini tercatat dalam Alquran:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu.”

[Q.S Al-Baqarah (2): 183]

Dalam ayat tersebut telah dijelaskan mengenai perintah Allah SWT bagi kaumnya untuk melaksanakan puasa pada bulan Ramadan sebagai bentuk ketakwaan kepadaNya.

Manfaat Puasa untuk Mengontrol Hawa Nafsu Menurut Para Ahli

manfaat puasa

Puasa memang ibadah yang harus dijalankan oleh setiap umat Islam yang diwajibakan. Namun, terkadang ketika sedang berpuasa seringkali tidak menyadari terdapat hal-hal yang dapat menghalangi pahala puasa datang. Seperti, mengontrol hawa nafsu untuk marah, bergunjing, bahkan terkadang hawa nafsu untuk melakukan hubungan seksual bersama pasangan.

Akan tetapi, hal-hal yang disebutkan barusan bisa jadi adalah hal yang dapat membatalkan puasa Anda. Untuk itu, dalam urusan puasa ini, Allah SWT tidak hanya menyuruh umat-Nya untuk menahan lapar dan haus ketika menjalankannya. Lebih dari itu, puasa adalah sebuah mediasi bagi seseorang untuk bisa mengendalikan nafsu yang ada dalam dirinya.

Berikut adalah tafsir tentang manfaat puasa untuk mengontrol hawa nafsu dari beberapa ahli:

1. Fakhir Ar-Razi

Fakhir Ar-Razi adalah seorang filsuf sekaligus ahli tafsir asal Iran yang mengatakan bahwa puasa bisa melahirkan ketakwaan karena mengandung unsur pengendalian syahwat. Selain itu, puasa dapat membentengi seseorang dalam perilaku-perilaku yang buruk.

Dalam tafsir Muslim: II/770-771, hadis nomor 46, dikatakan bahwa puasa dapat dijadikan sebagai ajang melatih dan mengendalikan nafsu dan menghindari kecerobohan, serta membuat seseorang dapat terhindar dari perbuatan keji. Ia juga mengatakan bahwa  puasa mampu menurunkan tensi nafsu perut dan seks seseorang.

2. Abdurrahman Habnakah al-Maidani

Abdurrahman Habnakah al-Maidani adalah seorang peneliti modern. Di dalam buknya, yaitu ‘Ash-Shiyam wa Ramadhan fi as-Sunnah wa Alquran’ ia mengatakan bahwa taqwa artinya menjaga dan melindungi diri dengan langkah preventif. Puasa ditujukan bagi orang-orang yang bertakwa. Maka dari itu, melalui puasa segala keinginan yang didasari hawa nafsu dapat dibentengi dengan cara berpuasa.

Selain itu, Nabi Muhammad juga menjelaskan bagi pemuda yang belum siap untuk melakukan ibadah pernikahan sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sebagai bentuk pengendaliannya terhadap hawa nafsu. Dalam hal ini, puasa adalah salah satu solusi untuk membuah orang yang melakukaknnya untuk menahan diri.

Manfaat puasa untuk mengontrol hawa nafsu sudah sangat jelas karena hal tersebut dapat mengajarkan tentang makna bersabar dan menunggu. Sederhana saja, misalnya lewat berpuasa Anda akan dituntut untuk bersabar saat menunggu waktu berbuka atau mengendalikan diri supaya tidak terlalu banyak makan ketika berbuka puasa.

Selain sebagai menjadi media pengontrol hawa nafsu, puasa juga bermanfaat sebagai kegiatan untuk mengistirahatkan sistem pencernaan di dalam tubuh sehingga terjaga kesehatannya.

2019-05-29T14:24:30+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!