Hal-hal yang Menyebabkan Penyebaran Prostitusi Online

Beberapa waktu lalu para masyarakat di Indonesia dihebohkan dengan maraknya prostitusi online yang terjadi. Keberadaan fenomena ini juga menyebar ke beberapa daerah, termasuk di beberapa wilayah. Yang lebih menghebohkan dari hal tersebut, fenomena prostitusi online ini juga terjadi dan melibatkan banyak pihak, terutama kalangan selebritis tanah air.

Efek Buruk Internet Sebabkan Maraknya Prostitusi Online?

maraknya prostitusi online

Perkembangan teknologi memberikan dampak besar bagi kehidupan masyarakat. Namun terkadang adanya hal tersebut juga dapat menyebabkan efek buruk, salah satunya adalah maraknya prostitusi online yang saat ini dijadikan sebagai “peluang besar” sebuah bisnis.

Mengapa keberadaan intenet bisa menimbulkan efek tersebut? Karena, telah Anda tahu bahwa pada era sekarang siapa pun tak pernah lepas dari penggunaan internet. Hal itu pula yang menjadikan prostusi online juga dapat dijangkau oleh siapa pun, baik itu “penjajak” atau pun pengguna jasanya.

Gaya Hidup Sosialita Menjadikan Prostitusi Sebagai Jalan Keluar

maraknya prostitusi daring

Selain efek buruk dari perkemabangan teknologi dan internet, gaya hidup yang konsumtif menjadikan seseorang rela menjadikan dirinya tumbal untuk memenuhi segala keinginan dan kebutuhan materinya. Apalagi jika orang tersebut sudah telanjur masuk ke dunia hiburan yang memang sangat mudah untuk memasuki dunia gelap.

Selain itu, dunia hiburan juga penuh dengan persaingan di mana para pekerja di dunia hiburan perlu pengakuan dari masyarakat atau pun orang-orang di luar yang terlibat. Karena itu, mereka pun membutuhkan eksistentsinya supaya kepopulerannya pun masih bisa bertahan. Untuk mempertahankan eksistensi dan tetap bertahan di dunia tersebut, mereka pun membutuhkan biaya untuk bisa tetap pamor atas namanya.

Banyaknya kebutuhan yang tidak sedikit, terutama bagi selebritis dan orang-orang yang bergelut di dunia hiburan pun bisa jadi salah satu alasan maraknya prostitusi online. Selain itu, menjadikan internet sebagai lahan bisnis juga akan lebih memberi kemudahan bagi kedua belah pihak dalam bertransaksi.

Belum Ada Hukum Tentang Prostitusi Online

hukum prostitusi online

Meskipun masyarakat sudah mengetahui bahwa prostitusi online merupakan penyakit masyarakat yang cukup serius untuk ditangani. Namun hingga detik ini belum ada undang-undang atau hukum positif yang mengaturnya.

Seperti yang telah dikatakan oleh Suparji Ahmad, Pengamat Hukum dari Universitas Al Azhar yang mengatakan bahwa para pelaku dalam bisnis prostitusi tidak bisa dijerat dengan pasal yang ada dalam hukum positif, meskipun pelaku sendiri yang menginginkan pratik tersebut. Akan tetapi, germo atau mucikari dari bisnis prostitusi bisa terjerat hukum pidana atau prostitusi online.

Lemahnya penegakkan hukum di Indonesia ini sendiri pula yang menjadikan maraknya prostitusi online. Sehingga, para pelaku tidak akan terkena efek jera atas perbuatan yang telah dilakukannya. Kecuali jika Pekerja Seks Komersial (PSK) yang terlibat dalam bisnis tersebut kedapatan mengunggah foto atau video yang bertujuan menunjukan atau merangsang hasrat seksual, maka ia dapat dikenakan sanksi atas Undang Undang pornografi.

Permasalahan mengenai maraknya prostitusi online ini harus segera ditangani oleh pemerintah supaya keberadaannya pun tidak semakin banyak. Akan tetapi, hal yang harus lebih diwaspadai adalah dengan menjaga diri dari berbagai hal yang dapat membuat diri Anda terjerumus dalam lingkaran yang salah, salah satunya adala prostitusi.

Dari sana pun sebenarnya sudah dapat disimpulkan bahwa bisnis haram tersebut tidak lagi hanya dilakukan atas dasar keterbatasan kondisi ekonomi seseorang. Sebaliknya, kasus prostitusi online kebanyakan disebabkan karena efek buruk perkembangan teknologi (internet) serta nafsu untuk dapat memenuhi gaya hidup yang konsumtif.

 

2019-06-23T12:43:38+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!