Pentingnya Menentukan Batas Usia Pernikahan

Berapakah minimal usia menikah yang sebaiknya dilakukan? Menikah merupakan dambaan yang ditunggu-tunggu oleh sebagian kaum muda yang sudah memasuki usia matang. Dalam ajaran Islam sendiri, pernikahan adalah salah satu yang harus terpenuhi karena termasuk dengan menggenapkan separuh agama dengan tujuan yang baik dan sesuai dengan syariat.

Minimal Usia Menikah Berdasarkan Undang-Undang

minimal usia menikah menurut hukum

Di zaman yang sudah modern ini sering kali dijumpai beberapa pernikahan dini dikarenakan beberapa faktor seperti perjodohan atau faktor yang dibawa oleh aturan agama yaitu menghindari zina.

Dengan maraknya pernikahan dini, maka pemerintah mengatur minimal usia menikah melalui undang-undang dan ini juga berkaitan dengan kematangan fisik seseorang.

Pemerintan atau PPPA Pribudiarta Nur Sitepu menetapkan melalui ungkapannya bahwa usia minimal menikah yang sangat ideal adalah 21 tahun karena ini sesuai dengan UU No.1974 mengenai perkawinan pasal 6.

Disana, terdapat syarat-syarat perkawinan seseorang yang belum mencapai usia 21 thaun harus mendapatkan izin dari kedua orang tuanya masing-masing. Disini, diteragkan bahwa UU sudang mengamanatkan batas usia menikah yang sangat ideal.

Minimal usia menikah yang sudah diterangkan ditujukan untuk laki-laki dan perempuan yang ingin menikah harus sudah mencapai minila usia yaitu 21 tahun. Karena menurutnya, pada usia tersebut seseorang sudah memiliki empat faktor yaitu: ekonomi, sosial, biologis dan psikologis.

Tujuan dari PPA yang menerangkan batasan usia yaitu untuk mencegah atau mengurangi adanya laporan perkawinan anak yang bermasalah akibat KDRT dan berujung pada perceraian.

Aturan Minimal Usia Menikah Dilihat dari Kondisi Fisik dan Psikis

batas usia minimal menikah

Pemerintah memang ingin anak bangsa yang menikah sudah memiliki kematangan fisik dan psikis. Tidak asal menikah saja yang berujung pada permasalahan. Namun, keputusan MK membedakan antara batasan usia menikah antara laki-laki dan perempuan yaitu laki-laki usia 21 tahun dan perempuan usia 16 tahun.

Lalu, apa saja yang masuk ke dalam kematangan fisik dan psikis sehingga menjadi ketettapan batas minimal usia menikah? Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda ketahui:

1. Emosi yang Matang dan Tidak Lagi Labil

Dalam sebuah pernikahan di butuhkan adanya kelanggengan dan keharmonisan suami istri dalam rumah tangga. Salah satu yang dapat menentukan kedua hal tersebut adalah kematangan emosi yang di miliki oleh dua orang pelaku pernikahan. Kematangan emosi sangatlah dibutuhkan guna menghindari perceraian, terutama yang diakibatkan dari pengendalian emosi.

2. Toleransi

Pernikahan adalah berkumpulnya dua orang yang memiliki banyak perbedaan sehingga toleransi adalah satu-satunya jalan agar tumbuh saling pengertian akan adanya perbedaan. Dan ini merupakan aspek yang cukup penting dalam pernikahan.

3. Cinta

Cinta dan kasih sayang sangatlah dibutuhkan untuk membangun pernikahan yang langgeng dan harmonis. Pernikahan tidak akan bertahan lama jika antara keduanya tidak di dasari rasa kasih sayang.

4. Komunikasi yang Baik

Permasalahan yang sering muncul di rumah tangga adalah karena kurangnya komunikasi yang baik antara kedua pelaku sehingga ini memicu adanya perselisihan hingga perceraian.

5. Saling Menerima

Setiap manusia memiliki kekurangan sehingga sebelum pernikahn berlangsung sebaiknya antara kedua pelaku harus berkomitmen untuk saling menerima segala kekurangan dan kelebihan karena termasuk anugerah dari Tuhan.

6. Kematangan Organ Reproduksi

Kematangan organ reproduksi juga salah satu hal yang sangat penting untuk pernikahan karena hal tersebut juga akan menentukan apakah organ reproduksi sudah siap melakukan “tugas”-nya atau tidak. Usia seseorang menentukan kematangan organ reproduksi.

Jadi keputusan pemerintah mengenai batasan minimal usia menikah pun sesuai dengan kematangan fisik dan psikis seseorang deng tujuan untuk mencegah adanya perceraian dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2019-06-29T11:25:07+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!