Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Haid

Beberapa wanita sering mengalami gejala menjelang atau saat menstruasi yang membuat mereka tak nyaman. Perubahan hormon saat menstruasi juga dapat membuat perempuan mengalami perubahan suasana hati disertai nyeri pada tubuhnya. Rasa sakit yang dirasakan dapat berupa nyeri payudara, biasanya bentuk payudara pun berubah atau membengkak. Selain itu, perempuan biasanya juga akan mengalami nyeri saat haid seperti sakit perut atau kram perut.

Dismenore, Rasa Nyeri Pada Saat Haid

nyeri haid

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar istilah dismenore. Ini merupakan istilah medis untuk rasa nyeri akibat menstruasi tersebut. Terdapat dua kondisi ini, yakni dismenore primer dan dismenore sekunder.

  • Dismenore Primer => merupakan sejenis kram di perut saat menstruasi yang biasa sekali dijumpai yang biasanya terjadi pada perut bagian bawah atau belakang. Kram yang terjadi bisa singkat atau berlangsung selama tiga hari. Nyeri ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia perempuan tersebut dan ketika Anda sudah melahirkan anak pertama.
  • Dismenore Sekunder => nyeri yang disebabkan oleh masalah pada organ reproduksi perempuan. Pada dismenore sekunder, nyeri terjadi pada awal siklus menstruasi dan bertahan lebih lama.

Penyebab Nyeri Saat Haid

nyeri pada saat mens

Pada umumnya,  nyeri saat haid dirasakan sebagian wanita pada awal periode menstruasi. Beberapa wanita kerap merasakan sakit di perut bagian bawah. Namun terkadang ini tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab wanita sering mengalami nyeri pada saat periode menstruasi:

1. Menderita Penyakit Tertentu

Pada dasarnya, nyeri haid atau dismenore umum terjadi pada beberapa wanita. Namun ternyata nyeri pada saat haid juga bisa menjadi suatu penyebab bahwa Anda sedang menderita penyakit tertentu. Berikut ini adlaah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sakit tak tertahankan ketika Anda tengah berada pada periode mesntruasi:

  • Adenomiosis => di mana jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim, sehingga haid pun akan terasa nyeri.
  • Fibroid => tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim dan dapat membuat menstruasi Anda terasa amat menyakitkan.
  • Endometriosis => terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Sel ini bisa menimbulkan rasa sakit yang berat ketika hendak meluruh.
  • Stenosis leher rahim => terjadi pembukaan pada leher rahim beberapa wanita sangat kecil, sehingga menghambat aliran darah untuk keluar saat haid. Kondisi ini menyebabkan tekanan sehingga menyebabkan nyeri.
  • Radang Panggul => infeksi yang bisa mengakibatkan peradangan atau inflamasi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.
  • Intrauterine device (IUD): kontrasepsi pasang yang ditempatkan di dalam rahim ini terkadang dapat menyebabkan nyeri haid, terutama di masa awal pemasangan.

2. Terjadi Kontarksi di Sekitar Dinding Rahim

Sebetulnya wanitas selalu mengalami kontraksi halus pada otot dinding rahim tak bisa dirasakan secara langsung. Akan tetapi, pada masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang pada saat terjadi peluruhan dinding rahim. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Oksigen yang menghilang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Rasa nyeri akan semakin terasa karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak lagi. Selain itu, bahan kimia yang satu itu  juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri.

Penyakit yang menyebabkan nyeri saat haid dapat diatasi dengan cara melakukan perawataan kesehatan wanita. Salah satunya dengan mengonsumsi suplemen Rose V untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit yang membahayakan.

 

2019-04-30T14:34:23+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!