Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Pentingnya Mengenalkan Pendidikan Seks pada Usia Dini

Kebanyakan orang memiliki streotipe terkait pemberian pendidikan sex sejak dini merupakan hal yang tabu dan dianggap kurang pantas. Mereka menganggap bahwa pendidikan seks pada merupakan mengajarkan anak untuk melakukan hubungan seks. Tentu saja anggapan ini salah besar. Padahal, pendidikan seks seharusnya sudah diberikan sejak dini.

Dilansir dari sebuah situs di internet, Boyke Dian Nugraha, seorang spesialis obstetri dan ginekologi (seksolog) mengatakan bahwa memberikan pendidikan seks pada usia dini pada anak sangatlah penting karena hal tersebut dapat melindungi anak Anda dari berbagai jenis pelecehan seksual.

Mengapa Pendidikan Sex Sejak Dini Begitu Penting?

pentingnya pendidikan sex sejak dini

Pandangan masyarakat pada umumnya terhadap pendidikan seksual sepertinya masih terlalu sempit. Misalnya saja,  dalam mengartikan kata “seks” yang mereka hanya terpaku dan menganggap bahwa kata tersebut sebagai aktivitas mesum dan tidak beradab hingga ke hal-hal yang lebih intim.

Kurangnya pengetahuan para orang tua juga dapat menjadikan pendidikan sex sejak dini belum diajarkan. Bahkan sebagian besar remaja pun tidak memperoleh pengajaran tentang hal tersebut dari dari keluarga beserta orang tuanya, sehingga informasi tentang seksualitastidak tepat bahkan cenderung menjerumuskannya untuk melakukan apa yang mereka temukan dari informasi yang salah.

Pengenalan pendidikan seks pada anak-anak Anda sangat penting supaya mereka tahu apa yang boleh dan tidak boleh diakukan. Hal ini juga akan membatasi pergaulan anak antara laki-aki dan perempuan sehingga dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik dilakukan.

Selain itu, pendidikan seks juga akan menghindarkan dari tindak pelecehan atau kekerasan seksual yang bahkan bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Cara Mengenalkan Pendidikan Sex Sejak Dini

cara pengenalan pendidikan sex

Kekerasan serta pelecehan seksual biasanya disebabkan oleh perilaku menyimpang dari pelaku. Hal ini juga dapat diperparah dengan ketidakmampuan anak melawan perlakuan mereka. Berdasarkan peristiwa mengerikan yang biasanya terjadi, sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan pendidikan seks kepada anak sejak usia dini sebagai tindakan preventif.
Terdapat beberapa cara pengenalan pendidikan seks kepada anak yang dapat dilakukan, di  antaranya adalalah sebagai berikut:

1. Mengajarkan Konsep Jenis Kelamin

Mengajarkan sang anak tentang perbedaan jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki sangat penting dilakuakn oleh orang tua. Anda dapat mengawalinya dengan memberikan contoh bahwa laki-laki nantinya akan seperti ayah dan perempuan seperti ibu. Konsep perbedaan jenis kelamin ini juga berfungsi untuk mengajarkan anak menggunakan toilet dan pakaian sesuai dengan jenis kelaminnya.

2. Menjadikan Seks Sebagai Bahan Diskusi Sederhana

Pendidikan seks dapat ditanamkan orang tua dengan cara membicarakan mengenai seks sebagai bahan diskusi sederhana yang menyenangkan. Anda dapat menerangkan berbagai fakta  yang terjadi dilapangan dengan bahasa yang mudah dipahami dan tidak vulgar sehingga tidak terkesan menakut-nakuti anak dalam topik pembicaraan tersebut.

Selain itu, orang tua pun harus memiliki bekal dengan cara  banyak mempelajari hal-hal terkait tentang pendidikan seks terhadap anak. Untuk menyeimbangi pemikiran anak yang kritis serta mempertanyakan hal-hal yang menurutnya tidak bisa dipahami.

3. Mengenalkan Bagian Tubuh yang Tak Boleh Dilihat dan Disentuh Orang Lain

Selain itu, Anda juga dapat mengenalkan anak Anda pada bagian-bagian tubuh dan fungsinya. Selanjutnya, berikan penjelasan terkait bagian tubuh tertentu yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain. Bagian tubuh tersebut antara lain dada, bibir, organ reproduksi dan pantat.

Anda juga bisa menjelaskan kepada Anda tentang bahaya sex usia dini beserta risiko dan dampak-dampak negatif yang dapat dialami jika melakukannya.

2019-05-11T16:28:41+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian