Apa Itu Menopause yang Terjadi Pada Wanita

Banyak dari Anda psati pernah mendengar istilah “menopause”. Namun, banyak pula yang tidak mengetahui dan mengerti mengenai pengertian menopause itu sendiri. Yang jelas, hal tersebut merupakan salah satu ase yang pasti akan terjadi pada tiap wanita yang hendak melewati masa dewasa.

Banyak pula di antara mereka yang mengalaminya merasa khawatir atau juga resah disebabkan kondisi menopause tersebut. Sebetulnya, hal tersebut tak usah dipikirkan karena merupakan kondisi atau fase alami yang akan dialami para wanita. Selain itu, kondisi tersebut pun tidak akan mengganggu kehidupan rumah tangga apabila masing-masing dari pasangan saling paham dan mengerti keadaannya.’

Pengertian Menopause yang Perlu Diketahui

pengertian menopause

Karena kondisi seperti ini akan terjadi pada setiap wanita yang telah melewati masa dewasanya (melewati masa produktif), maka Anda pun harus tahu pengertian dari menopause itu sendiri. Lalu apa itu menopause?

Kondisi menopause merupakan sebuah kondisi terakhir di mana wanita mengalami haid atau menstruasi. Dalam arti lain kondisi seperti ini juga disebut-sebut sebagai berakhirnya fungsi sistem reproduksi, khususnya pada wanita wanita. Oleh karena itu, tidak jarang seorang wanita sangat takut ketika ia tahu akan segera menghadapi saat menopausenya. Keadaan pada kehidupan menjelang dan setelah menopause inilah yang sering disebut sebagai ‘masa senja’ atau masa klimakterium (walaupun itu adalah hal yang keliru).

Pada umumnya, wanita yang mengalami masa menopause dimulai saat usia 40 tahun atau bisa juga lebih awal – tergantung hormon.

Beberapa Gejala Menopause pada Wanita

gejala menopause

Setelah memahami pengertian menopause itu sendiri, Anda pun mesti mengetahui tentang beberapa gejala yang menyerang seorang wanita saat didatangi kondisi menopause ini. Berikut ini adalah beberapa gejala menopause yang umumnya terjadi pada mereka yang akan atau tengah mengalaminya:

1. Perubahan Penampilan Fisik

Tidak hanya pada saat masa pubertas, seorang wanita yang mengalami kondisi menopause juga akan rentan terkena perubahan fisik. Perubahan tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu dan dengan gejala perubahan fisik yang berbeda-beda pada tiap orang. Perubahan fisik yang bisa saja terjadi pada wanita yang mengalami menopause di antaranya:

  • Berat badan bertambah (tidak terjadi pada tiap wanita).
  • Rambut rontok, bahkan bisa mengalami kebotakan ringan.
  • Payudara kendur dan tidak lagi kencang.
  • Kondisi kulit mengering.

2. Adanya Perubahan Siklus Menstruasi

Salah satu gejala menopause yang biasa saja terjadi pada wanita adalah adanya perubahan siklus menstruasi. Bisa jadi, siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak lagi selancar pada saat masa produktif.

Selain itu, biasanya volume darah haid yang terjadi kepada seorang wanita yang akan mengalami masa fase yang satu ini bisa saja berkurang atua malah menjadi lebih banyak.

3. Terjadi Perubahan Seksual

Selain ada perubahan fisik, wanita yang mengalami menopause juga akan mengalami beberapa kondisi di mana terdapat beberapa perubahan seksual yang terjadi bada tubuhnya. Misalnya, libido berkurang dan vagina atau organ intim menjadi kering dan tak dapat memproduksi banyak cairan pada saat ingin melakukan ativitas seksual.

4. Perubahan Kondisis Mental atau Psikologis

Hal selanjutnya yang bisa saja terjadi pada wanita dengan kondisi menopause adalah adnaya perubahan kondisi mental. Hal tersebut biasnay bisa diawali dengan mood atau suasana hati yang mudah berubah-ubah, banyak pikiran hingga sulit sekali mengatur jam tidur (bisa sampai insomnia), serta bisa saja mengalami depresi.

Selain mengalami gejala-gejala yang telah dijeaskan tadi, kondiisi menopause yang dialami oleh kebanyakan wanita juga dapat menyebabkan risiko terjadinya osteoporosis dan penyakit jantung.

 

 

2019-05-13T15:32:23+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!