Penyebab Adanya Prostitusi di Indonesia

Apakah Anda mengetahui apa pengertian prostitusi dan penyebabnya itu sendiri? Fenomena prostitusi merupakan satu masalah sosial yang membutuhkan perhatian serius untuk ditangani kemudian diselesaikan. Faktor penyebab dari “penyakit masyarakat” ini sangat beragam, namun sebagian besar disebabkan oleh faktor ekonomi dimana seseorang terpaksa melakukannya.

apa itu prostitusi

Prostitusi merupakan salah satu isu yang juga tengah marak dibicarakan karena kasus keterlibatan salah satu nama selebritis terkenal akhir-akhir ini. Anda tentu sering sekali mendengar istilah prostitusi di kehidupan sehari-hari. Istilah tersebut juga kerap dikait-kaitkan dengan gaya hidup sekelompok orang serta perdagangan manusia atau trafficking.

Kata “prostitusi” awalnya berasal dari  kata “prostitution” dari bahasa Inggris. Kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “prostitusi”. Istilah tersebut juga dapat diartikan dengan beberapa kata: pelacuran, pesundalan, dan ketuna-susilaan.

Menurutu KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), prostitusi memiliki makna pertukaran hubungan seksual dengan uang (transaksi) atau bisa juga dengan hadiah. Artinya, seseorang melakukan semacam hubungan badan di mana salah satu pihak mendapat imbalan dalam melakukannya.

Sementara Syamsudin, melalui tulisannya mengatakan bahwa hal tersebut adalah pekerja yang bersifat menyerahkan diri atau menjual jasa kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapatkan upah sesuai apa yang diperjanjikan sebelumnya.

Jadi, dalam hal ini prostitusi merupakan sebuah kegiatan transaksi yang menjadikan manusia sebagai objek atau barang yang dijual.

Penyebab Keberadaan Praktik Prostitusi

penyebab prostitusi

Keberadaan “bisnis” prostitusi itu sendiri biasanya dapat ditemui di  beberapa lokasi di kota-kota besar, terlebih  di klub malam, diskotik, bahkan di indekos. Lokasi-lokasi tersebut umum dijadikan tempat yang strategis untuk melakukannya karena memang biasanya masyarakat kota cenderung individualis dan tidak terlalu peduli dengan kegiatan orang lain di tempat seperti itu. Namun, apa penyebab adanya prostitusi itu sendiri?

1. Faktor Ekonomi Keluarga

Setiap orang tahu bahwa setiap manusia terlahir dan dibesarkan dengan moral yang terbentuk di tengah-tengah masyarakat. Di Indonesia sendiri, moral adalah salah satu yang diperhatikan. Tidak ada seorang pun yang terlahir ingin menjadi “penghibur”.

Namun, ternyata faktor ekonomi dapat menjadikan salah satu alasan seseorang dengan terpaksa menjajakan dirinya untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya. Bahkan karena hal tersebut pun para muncikari dapat melakukan berbagai tipu daya dan rayuan kepada perempuan bahkan anak-anak di bawah umur untuk akhirnya dijadikan PSK (Pekerja Seks komersial).

2. Faktor Lingkungan Sosial

Prostirusi juga dapat disebabakan karena adanya pengaruh lingkungan sosial seseorang. Pengaruh lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap diri seseorang. Biasanya, hal itu terjadi karena orang-orang yang disekelilingnya juga melakukan kegiatan prostirusi atau pekerjaan utama orang terdekatnya memang adalah seorang PSK.

3. Pergaulan Bebas dan Kenakalan Ramaja

Seperti halnya lingkungan sosial, pergaulan juga dapat menjadi penyebab keberadaan prostitusi. Teman sebaya juga memengaruhi cara berpikir seseorang. Misalnya, karena teman-temannya sering pergi ke tempat-tempat tertentu, maka ia pun lambat laun akan terlibat pada lingkaran yang sama. Salah satunya lingkaran prostitusi.

4. Human Trafficking

Ekspolitasi mucikari juga menjadi faktor utama penyebab prostitusi. Biasanya, mereka mendatangi keluarga dengan kondisi ekonomi yang tidak baik, kemudian memberikan tawaran “pekerjaan” kepada perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga.

Selain hal tersebut, prostitusi juga bisa terjadi karena adanya pemaksaan, sehingga seseorang harus menjadi PSK karena diperbudak oleh seseorang atau pihak tertentu.

Anda telah mengetahui pengertian prostitusi dan penyebabnya. Lalu, hal yang harus Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut adalah menjaga diri serta orang-orang terdekat Anda dari hal yang tidak diinginkan.

[Klik di sini] untuk mengetahui tentang fenomena prostitusi online.

2019-06-23T13:10:14+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!