Petingnya Perizinan dan Sertifikasi BPOM bagi Sebuah Produk

Terkadang, sebagai konsumen, Anda tidak memerhatikan pentingnya sertifikasi BPOM terhadap sebuah produk perdagangan. Seringkali hal tersebut terabaikan selama Anda masih merasa bahwa produk yang tengah digunakan tidak mengakibatkan efek yang buruk.

Hal ini terjadi barangkali dikarenakan pengetahuan masyarakat untuk memilih dan menggunakan suatu produk kurang. Kebanyakan dari mereka hanya tahu cara menggunakan sebuah produk tanpa memedulikan kemungkinan risiko lain yang akan dialaminya.

Apa Itu BPOM?

BPOM sertifikasi

Jika ada yang bertanya mengenai pentingnya sertifikasi BPOM, tentu hal tersebut  sangat penting. Sertifikasi dari BPOM akan menentukan keamanan penggunaan sebuah produk bagi konsumennya. Dengan arti lain, keberadaan sertifikasi BPOM ini adalah untuk memastikan dan melakukan pencegahan risiko berbahaya yang akan ditimbulkan dari produk, baik itu makanan atau obat-obatan yang digunakan atau dikonsumsi.

Seperti apa yang telah tercantum dalam PP No. 69 Tahun 1999 mengenai Label dan Iklan Pangan, BPOM (Badang Pengawasan Obat dan Makanan) bertanggung jawab atas peredaran produk pangan olahan di seluruh negara Republik Indonesia.

BPOM adalah sebuah lembaga, khususnya di Indonesia yang memiliki tugas untuk mengawasi peredaran berbagai macam produk obat-obatan maupun makanan yang tersebar. Sistem yang dilakukan oleh BPOM (disebut SisPOM atau Sistem Pengawasan Obat dan Makanan) dilakukan secara efisien dan efektif mempu mendeteksi , mencegah, serta mengawasi produk-produk dengan tujuan dalam hal keamanan, keselamatan, serta kesehatan konsumennya.

Untuk itu, lembaga ini memiliki wewenang atas penegakan hukum serta kredibilitas tinggi terhadap produk-produk yang masuk ke pasaran.

Fungsi Adanya BPOM

fungsi BPOM

Pembentukan lembaga pengawasan ini tentu tidak dilakukan dengan tanpa alasan. Sertifikasi dari BPOM terhadap produk-produk tertentu memiliki fungsi tertentu. Berdasarkan Pasal 4 Peraturan BPOM Nomor 12 Tahun 2018, Unit Pelaksana Teknis BPOM menyelenggarakan fungsi:

  • Pengaturan, regulasi, dan standardisasi.
  • Lisensi dan sertifikasi industri di bidang farmasi berdasarkan cara – cara produksi yang baik.
  • Evaluasi produk sebelum diizinkan beredar
  • Post marketing vigilance termasuk sampling dan pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana produksi dan distribusi, penyidikan dan penegakan hukum.
  • Pre-audit dan pasca-audit iklan dan promosi produk
  • Riset terhadap pelaksanaan kebijakan pengawasan obat dan makanan
  • Komunikasi, informasi, dan edukasi publik termasuk peringatan publik.
  • Badan pengawas obat dan makanan adalah lembaga non departemen yang bertanggung jawab langsung pada Presiden RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya
  • Tujuan Pengawasan Obat dan Makanan, perlindungan kepada konsumen masyarakat terhadap produksi, peredaran dan penggunaan sediaan farmasi dan makanan yang tidak memenuhi persyaratan mutu, keamanan, khasiat

Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM Suatu Produk

keaslian nomor PBOM

Terkadang, jika Anda membeli sebuah produk, terdapat beberapa di antaranya yang mencantumkan nomor BPOM. Namun, ada beberapa oknum yang ternyata juga bisa memalsukan nomor BPOM. Jangan khawatir, Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri untuk memastikan bahwa nomor BPOM suatu produk benar-benar terdaftar dengan cara:

  • Masuk ke situs resmi BPOM disamping¬†http://www.pom.go.id/new/
  • Klik tombol yang terletak di tengah bertuliskan ‘Produk Teregistrasi’. Pilihlah kategori yang tertera sesuai dengan jenis produk.
  • Kemudian akan muncul pada halaman baru untuk ‘Daftar Semua Produk’, Anda dapat memilih sortiran kategori yang Anda inginkan untuk memudahkan pencarian seperti: nomor registrasi, nama produk, merk, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, nama pendaftar, dan NPWP pendaftar. Klik pilihan yang memudahkan Anda untuk melakukan pegecekan.
  • Pada Tabel kosong disebelahnya, Anda dapat mengecek sesuai dengan pilihan Anda untuk mengetahui keadaan produk tersebut. Kemudian data akan diproses.
  • Untuk memudahkan pilihan Anda, pilih ‘cari’ ‘nomor registras’, kemudian masukkan nomor POM yang tertera pada Kemasan maka akan terlihat nomor registrasi yang sesuai dengan nomor POM, produk, dan pendaftar perusahaan. Jika tertera dengan jelas maka produk tersebut telah resmi terdaftar.

Dari sana, Anda bisa tahu bahwa sertifikasi BPOM sangat penting untuk memastikan keamanan penggunaan sebuah produk, termasuk produk kesahatan wanita seperti Rose V dan Crystal X. Kedua produk tersebut dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak membahaykan sehingga sudah dijamin keamanannya bagi Anda yang hendak menggunkananya.

2019-04-24T11:50:08+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!