Hal yang Bisa Menyebabkan Kandungan Keguguran

Menjalani proses kehamilan merupakan hal yang amat dinantikan para ibu hamil. Namun, untuk menjalani hal tersebut ibu hamil juga wajib menjaga kondisi tubuh dan janin, selah satunya dengan cara menjaga nutrisi selama masa kehamilan supaya terhindar dari penyebab keguguran. Bayangkan saja jika seandainya Anda akan menyambut hadirnya buah hati, namun keinginan tersebut harus lesap begitu saja karena keguguran.

Lalu apa itu keguguran? Keguguran dapat diartikan sebagai keluarnya janin atau bisa juga terjadinya persalinan yang prematur sebelum bayi mampu untuk hidup. Risiko keguguran pada masa kehamilannya pada umumnya memiliki persentase sebesar 15% – 40% yang terjadi pada ibu hamil. Sementara itu, 60-75% keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 3 bulan.

Mengetahui Apa Saja Penyebab Keguguran

penyebab keguguran

Keguguran merupakan hal yang cukup sering terjadi pada sebagian wanita hamil. Bahkan sejauh ini, tidak sedikit wanita yang mengalami keguguran pada saat masa kehamilannya. Banyak sekali yang bisa menjadi alasan dari penyebab keguguran itu sendiri. DI antaranya:

1. Memiliki Gaya Hidup yang Tak Sehat

Salah satu hal yang dapat menyebabakan seorang ibu hamil keguguran adalah karena memiliki gaya hidup yang tak sehat, misalnya selalu dekat dengan asap rokok. Biasanya hal ini memang seringkali luput dari perhatian, namun bisa mengakibatkan hal fatal seperti keguguran.

Selain menghindari asap rokok, ibu hamil juga perlu menghindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat membayakan janin seperti alkohol dan minuman yang mengandung terlalu banyak kandungan kafein. Hal-hal tersebut akan melemahkan rahim kandungan.

2. Stres dan Depresi

Jangan salah, kondisi psikologi ibu hamil juga dapat berpengaruh pada janin di dalam kandungan. Karena itu, stres dan depresi juga dapat menjadi penyebab keguguran. Stres yang dialami saat masa kehamilan bisa menyebabkan ketidakseimbangan homonal.

Pada saat ibu hamil sedang dalam kondisi stres, penyaluran oksigen lewat darah pun akan terganggu. Sehingga daya tahan tubuh (sistem imu) pun ikut melemah yang tentunya akan memengaruhi kondisi janin.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah stres pada saat masa kehamilan:

  • Mengelola tingkat kestresan.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari memikirkan sesuatu secara berlebihan.
  • Tarik napas yang dalam dan berulang-ulang ketika menyadari ketidakstabilan psikologis.
  • Menceritakan masalah pada suami atau orang terdekat untuk meringankan beban mental.

3. Rahim di Dalam Perut Lemah

Apabila ibu hamil merasa bahwa sudah melakukan kegiatan yang serba sehat untuk mejaga kandungna, dan ternyata mengalami keguguran. Itu artinya kondisi rahim pada saat itu dalam keadaan lemah.

Wanita yang memiliki rahim lemah harus memiliki istirahat cukup serta harus menghindari stres. Selama masa kehamilan, sebaiknya konsultasi dengan dokter secara rutin dan konsumsi obat penguat kandungan sesuai resep dokter yang dianjurkan.

4. Kelainan Genetik

Masalah kelainan genetik juga mejadi risiko yang paling tinggi terhadap penyebab keguguran. Periksakanlah secara rutin kondisi kandungan Anda kepada dokter kandungan supaya mendapatkan saran terkait hal tersebut.

5. Usia Ibu Hamil

Saatu hal lagi yang dapat memengaruhi kondisi kehamilan ibu hamil, yaitu usia. Wanita hamil yang memiliki usia lebih dari 30 tahun memiliki risiko yang cukup tinggi mengalami keguguran. Sebaiknya Anda konsultasikan kehamilan tersebut dengan dokter jika Anda merencanakan kehamilan pada usia 30 tahun ke atas.

Pada dasarnya, memang menjaga kondisi janin pada usia muda memang tidak semudah yang dibayangkan karena hal tersebut akan memengaruhi daya tahan janin di dalam rahim. Untuk itu, sebagai ibu hamil, Anda harus berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan bayi dan diri Anda.

2019-05-29T15:15:46+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!