7 Hal yang Menyebabkan Perceraian dalam Rumah Tangga

Ketidakcocokan dalam hubungan selalu dikaitkan dengan penyebab perceraian dalam sebuah pernikahan. Lalu, benarkah perceraian diakibatkan hanya karena ketidakcocokan antara pasangan saja? Terlebih, dalam ikatan pernikahan banyak sekalitidak jarang berbagai problema dan masalah datang silih berganti.

Hal-hal yang Menjadi Penyebab Perceraian dalam Pernikahan

perceraian

Dalam kehidupan rumah tangga, sepasang suami istri kerap mengalami berbagai permasalahan dari mulai yang kecil hingga yang besar. Sehingga, tak jarang karena permasalahan tersebut dapat menjadi penyebab perceraian dan keretakan rumah tangga.

Sebettulnya, apa saja hal yang dapat menjadi penyebab hubungan rumah tangga kandas dan berakhir pada perceraian?

1. Adanya Perselingkuh

Perselingkuhan merupakan salah satu penyebab perceraian yang paling tinggi. Mengapa? Karena, perselingkuhan dianggap sebagai bentuk pengkhianatan terbesar dalam ikatan dan tujuan pernikahan sebelumnya. Banyak orang yang walaupun bertahan dengan pasangannya yang berselingkuh, tidak menjadikan hubungannya baik-baik saja. Dan pada akhirnya berujung pada perceraian.

2. Tidak Ada Lagi Rasa Saling Percaya

Kepercayaan satu sama lain merupakan komitmen yang dibangun dalam pernikahan. Namun, jika rasa saling percaya antara suami istri sudah tidak ada lagi, maka kemungkinan adanya perceraian pun lebih tinggi.

Untuk itu, sangat penting bagi pasangan suami istri supaya dapat membangun kepercayaan satu sama lain demi mempertahankan keutuhan rumah tangga.

3. Menganggap Remeh Pasangan Satu Sama Lain

Hal selanjutnya yang dapat menjadi penyebab adanya perceraian adalah ketika salah satu pihak atau keduanya menganggap remeh satu sama lain. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai konflik yang berujung pada kata cerai.

Pemikiran tersebut dipicu karena beberapa hal, di antaranya:

  • Suami atau istri menganggap pasangannya lebih rendah daripada dirinya.
  • Sering memberikan kritik yang berlebihan.
  • Merasa tidak bersalah atau selalu menyalahkan pasangannya atas problema yang terjadi.
  • Suka memotong pembicaraan ketika sedang berdiskusi atau saat berdebat.

4. Memandang Pernikahan Secara Negatif

Tidak semua pasangan yang menikah merasa pernikahan merupakan hal yang baik. Beberapa di antaranya justru menganggap pernikahan secara negatif. Mereka melakukan pernikahan karena menganggap akan mendapatkan kehidupan yang lebh baik, namun ternyata tidak sesuai dengan apa yang diekspektasikannya.

Akhirnya, pandangan tentang pernikahan yang negatif seperti itu akan menimbulkan konflik dengan pasangan dan jika tidak ditangani akan menyebabkan perceraian.

5. Kurangnya Berbagi Peran

Baik itu suami maupun istri memiliki peran dalam rumah tangganya. Namun, jika pasangan suami istri tidak melakukan perannya dengan baik dalam kehidupan mereka, maka bisa menimbulkan konflik yang juga berisiko mendatangkan perceraian.

Untuk itu, berbagi peran dengan pasangan seusai dengan kesepakatan adalah hal yang mestik dilakukan. Hal ini bisa disiasati dengan melakukan perjanjian pranikah sebelumnya bersama pasangan terkait peran yang akan dilakukan ketika sudah dalam ikatan menikah.

6. Diam Ketika Dihadapkan dengan Konflik

Mendebat pada saat terjadi konflik memanglah hal yang buruk, namun diam tanpa berusaha menyelesaikan konflik juga dapat mengakibatkan permasalahan yang makin menumpuk. Untuk itu, usahakan saling menjaga komunikasi dan berusaha menyelesaikannya dengan pasangan Anda jika dihadapkan dengan konflik tersebut.

Mengapa Harus Bercerai?

bercerai

Perceraian merupakan momok yang paling mengerikan dari suatu pernikahan karena hal tersebut akan menyakiti beberapa pihak, terutama jika sepasang suami istri memiliki anak.

Namun, terkadang tidak ada konflik yang bisa diselesaikan secara baik-baik dan justru akan lebih baik jika berkahir pada perceraian, misalnya KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tanggga). Karena khawatir kekerasan akan memperburuk keadaan, maka perceraian merupakan satu-satunya jalan.

 

 

2019-06-26T14:44:16+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!