Apa Saja yang Menjadi Alasan Suami Berselingkuh?

Perselingkuhan merupakan salah satu bentuk pengkhianatan yang bisa menjadi penyebab  perceraian. Namun, sebagai seorang istri, Anda pun tidak tahu apa saja penyebab suami selingkuh dan bagaimana cara menyikapi hal tersebut jika terjadi pada Anda? Hal tersebut pasti sangat menyakitkan untuk diterima.

Apa Saja Penyebab Suami Selingkuh?

sebab suami selingkuh

Kesetiaan merupakan hal yang paling utama dalam menjalin sebuah hubungan, terlebih jika hubungan sudah masuk ke dalam tahap pernikahan. Namun bagaimana jika dalam hubungan tersebut kesetiaan suami Anda ternyata hilang dan bagaimana jika dia berselingkuh di belakang Anda? Di bawah ini adalah beberapa alasan serta penyebab suami selingkuh:

1. Adanya Orang Ketiga

Orang ketiga merupakan satu hal yang dapat menjadi alasan seorang suami bisa berselingkuh. Biasanya orang ketiga adalah orang yang memiliki kedekatan intens bersama suami Anda di luar rumah. Bisa jadi dia rekan kerja, teman lama yang juga mendadak hadir kembali dalam kehidupannya, atau justru barangkali orang baru yang membuat suami Anda dapat tertarik kepadanya.

Jika suami Anda betul-betul setia dan mencintai Anda, sebetulnya faktor orang ketiga tak akan berpengaruh apa-apa. Namun, lain halnya apabila suami Anda memang punya ketertarikan tertentu pada orang tersebut.

2. Kurangnya Mendapat Kepuasan Seks

Ciri hubungan suami istri harmonis salah satunya adalah terpenuhinya kepuasan seksual. Sementara jika kepuasan seksual tidak dapat dipenuh, maka bisa menjadi alasan seorang suami berselingkuh. Yaitu, kurang mendapat kepuasan seks bersama istrinya.

Urusan “ranjang” seperti ini memang bukan hal utama dalam perselingkuhan. Namun memang pada kenyataannya hal ini dapat terjadi jika suami Anda tidak mendapatkan kepuasan untuk menyalurkan hasrat seksualnya. Pada akhinya, dia pun akan nekad mencari seseorang yang dapat memenuhi hasrat tersebut.

3. Hilangnya Rasa Cinta

Cinta merupakan satu hal yang harus selalu ada dalam hubungan apa pun, termasuk dalam hubungan suami istri. Rasa cinta yang hilang dapat membuat hubungan tidak baik dan itu akan membuat seorang pria merasa ingin mendapatkan cinta yang lebih dari apa yang telah didapatkannya.

Penyebab suami selingkuh salah satunya, mungkin dia merasa lebih dicintai oleh orang selain istrinya. Hal tersebut juga membuat dia akan lebih nyaman bersama orang lain. Akhirnya, perselingkuhan pun dapat terjadi.

4. Merasa Bosan

Memutuskan untuk menikah itu artinya telah mengambil risiko untuk berkomitmen dengan pasangan. Tujuan pernikahan  dilakukan karena sepasang suami istri akan selalu bersetia pada pasangannya tanpa ada rasa bosan. Namun terkadang rasa bosan juga dapat dialami oleh suami. Hal ini pun akhirnya menjadi sebuah alasan yang menyebabkan seorang pria memutuskan untuk mencari orang lain. Karena itu, penting bagi Anda untuk tahu agar suami betah di rumah.

5. Lari dari Masalah Rumah Tangga

Konflik dan masalah dalam rumah tangga seringkali dapat terjadi kepada siapa pun. Namun, terkadang suami ingin menghindari masalah ketimbang untuk menyelesaikannya dan mencari semacam pelampiasan dari itu semua.

Barangkali dia pun berpikir jika masalah yang terlalu menumpuk tak akan dapat selesai dengan cepat. Maka, untuk meredam permasalahan rumah tangga yang tengah dihadapi salah satu caranya adalah dengan berselingkuh.

6. Kurangnya Ikatan Emosional

Sama halnya dengan cinta, ikatan emosional juga menjadi bagian penting dalam hubungan rumah tangga. Ikatan emosional yang baik bersama pasangan akan membuat seorang pria (suami) sulit untuk berkeinginan bersama perempuan lain. Untuk itu, pastikan apakah selama ini Anda dan suami Anda memiliki ikatan emosional yang diinginkan oleh tiap pasangan?

Cara Menyikapi Suami yang Selingkuh

menyikapi suami selingkuh

Perselingkuhan dapat terjadi kepada siapa pun, sekalipun pada keluarga yang sepertinya terliha baik-baik saja. Setelah mengetahui penyebab suami selingkuh, tentu sebagai seorang istri Anda tak boleh bersikap terlalu impulsif. Sebaliknya, Anda harus mencari tahu bagaimana cara menyikapi suami Anda yang kedapatan berselingkuh.

1. Mengetahui Kebenaran

Wajar jika emosi Anda meledak saat mengetahui suami Anda mengkhianati pernikahan dengan berselingkuh. Namun, bisa jadi perselingkuhan yang dilakukan oleh suami Anda hanyalah sebuah dugaan dan bukan hal yang sebenarnya terjadi. Untuk itu, sebelum Anda melakukan tindakan lebih lanjut, Anda harus mengetahui kebenarannya.

Anda dapat mencari dan mengumpulkanberbagai bukti kebenaran perselingkuhan sang suami walaupun hal tersebut memang cukup sulit. Apalagi, jika suami sangat menjaga privasi kepada Anda. Namun hal ini akan sangat membantu dalam melakukan tindakan selanjutnya.

2. Melakukan Komunikasi Secara Empat Mata

Setelah mendapatkan bukti bahwa ternyata memang benar bahwa suami Anda berselingkuh, maka hal selanjutnya yang mesti dilakukan adalah melakukan komunikasi secara empat mata. Pastikan pada saat itu emosi dan amarah Anda tidak terlalu tinggi walaupun hal itu memang terasa sulit.

Hal ini akan membuat proses komunikasi menjadi agak nyaman dan jelas. Tanyakan pula tentang kebenaran, apakah dia memang betul-betul berselingkuh atau tidak. Setelah itu berikan waktu untuk suami untuk menjelaskannya.

3. Jangan Asal Bertindak

Pada saat Anda mengetahui kabar perselingkuhan suami, pastikan  supaya emosi tidak menguasai diri Anda. Jangan asal membuat tindakan ketika Anda mengetahui kenyataan pahit tentang suami Anda yang berselingkuh.

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan jika Anda mengikuti tindakan berdasarkan emosi dan pikiran yang tidak stabil. Pikirkanlah efek dan risiko yang akan diterima jika Anda melakukan tindakan yang tidak tepat.

4. Instrospeki Hubungan

Introspeksi merupaan hal yang cukup penting dalam menyikapi suami yang berselingkuh. Barangkali peselingkuhan tersebut dapat disebabkan karena faktor internal dalam hubungan rumah tangga Anda.

Misalnya, apakah selama ini dalam hubungan suami istri Anda sudah cukup memberi kenyamana, pengertian, dan perhatian? Atau barangkali sebaliknya? Maka dari itu, instrospeksi adalah bagian terpenting untuk menentukan sikap.

5. Tanyakan Mengapa Suami  Anda Berselingkuh

Sebagian orang berselingkuh karena alasan ketidaknyamanan bersama pasangan. Namun, ada juga yang justru berselingkuh dikarenakan ingin bersenang-senang dan sudah menjadi sifatnya begitu. Dalam hal ini, Anda pun harus dengan tegas menanyakan kepada suami Anda alasan mengapa dia bisa berkhianat dan berselingkuh dengan wanita lain.

Apabila memang sepertinya dia tak ingin melanjutkan hubungan suami istri, maka Anda boleh menggugat perceraian. Sebaliknya, jika dia memang tidak bermaksud menyakiti Anda dan keluarga, maka Anda pun harus mempertimbangkan hal lainnya dengan syarat dia tak akan melakukan tindakan yang sama.

6. Putuskan Hal yang Terbaik

Jika hal yang menjadi penyebab suami selingkuh memang karena tabiatnya yang buruk. Contohnya, memang dia suka berselingkuh dan memang tidak setia pada komitmen pernikahan. Maka Anda pun berhak mengambil keputusan yang akan membawa Anda pada hal yang lebih dari itu, seperti menggugat cerai.

Namun apabila Anda masih mampu menemukain titik temu dan memaafkan pasangan Anda supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama, ada baiknya memang dilakukan dengan cara meditasi lagi. Pilihan terbaik ada ditangan Anda.

Perselingkuhan adalah suatu bentuk dari pengkhianatan. Penyebab suami selingkuh dapat dikarenakan beberapa faktor, baik itu faktor di luar maupun di dalam hubungan rumah tangga yang tengah dijalani.

2019-06-27T14:58:31+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!