Ikuti Program Pelatihan "Kesehatan Wanita : Mengapa Mudah Sakit dan Solusinya" - 7 Sept | "Kesehatan Reproduksi Wanita : Solusi Cepat Hamil " - 14 Sept | "Cara Membersihkan Organ Kewanitaan : Cara Benar Memakai Crystal X & Rose-V" - 21 Sept | - "Cara Mengatasi Keputihan : Kenali & Cegah" - 28 Sept | PT Natural Nusantara | Jl. Siliwangi No.72, Salakan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta | Konfirmasi hadir sehari sebelum hari H via WhatsApp ....

Membedakan Keputihan Normal dan Keputihan Tidak Normal

Wanita yang telah memasuki masa pubertas pasti akan mengalami keputihan, yaitu kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan putih bening. Hal tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi perubahan hormon. Jadi, jika seorang wanita mengalami keputihan, maka hal tersebut merupakan rekasi normal pada tubuh. Untuk itu Anda harus tahu perbedaan keputihan normal dan tidak normal.

Namun, tahukah Anda bahwa datangnya keputihan tidak melulu normal. Ada beberapa kondisi keputihan yang menjadi gejala penyakit-penyakit tertentu. Selain itu, hal tersebut bisa menjadi keluhan bagi beberapa orang wanita yang mengalaminya.

Mengenali Keputihan Normal

perbedaan keputihan normal dan tidak nomal

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, keputihan merupakan salah satu reaksi kondisi hormonal pada tiap perempuan. Kondisi tersebut sangat lumrah terjadi. Terdapat beberapa ciri-ciri gejala keputihan yang normal. Hal tersebut dapat dilihat dari warna cairan yang keluar dari vagina pada saat mengalaminya.

Keputihan yang normal biasnaya berwarna putih bening atau sedikit keruh (kekuningan) yang menempel pada permukaan celana dalam. Pada keputihan yang normal, biasanya cairan yang keluar tidak memiliki bau yang menyengat dan aneh. Terdapat beberapa penyebab keputihan yang normal. Berikut ini merupakan beberapa kondisi yang merupakan penyebab keputihan terjadi (secara normal):

  • Keputihan bisa saja datang ketika seseorang (wanita) sedang mengalami stress dan banyak pikiran. Hal ini dikarenakan stress adalah sesuatu yang dapat memicu perubahan hormon yang tidak stabil.
  • Umumnya, keputihan datang di saat seorang wanita hendak memasuki masa haid atau menstruasi.
  • Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan alat kontrasepsi untuk wanita juga dapat menyebabkan vagina mengeluarkan cairan atau lendir yang lebih banyak dari baisanya. Terutama jika menggunakan alat kontrasepsi jenis spiral (IUD) dan hormonal.
  • Status gizi juga memengaruhi datangnya keputihan.
  • Ternyata, keputihan juga dapat datang ketika seorang wanita hendak memasuki masa menopause.

Gejala Keputihan yang Tidak Normal

perbedaan keputihan normal dan tidak nomal

Di samping adanya kondisi pengeluaran cairan atau lendir secara normal, ternyata beberapa wanita juga dapat mengalami kondisi keputihan yang tidak normal. Biasanya, kondisi seperti ini juga dapat mengganggu aktivitas keseharian serta kesehatan wanita. Berikut ini adalah beberapa gejala keputihan yang tidak normal:

  • Warna cairan atau lendir yang keluar dari vagina atau area kewanitaan Anda berwarna keabu-abuan atau bisa jadi berwarna kuning kehijauan.
  • Cairan atau lendir yang menggumpal bisa menjadi tanda keputihan Anda tidak normal.
  • Jika dicium, cairan keputihan yang tidak normal akan berbau amis atau asam.
  • Ketika terjadi area kewanitaan Anda mengeluarkan cairan, dan kemudian terasa perih, kemerahan dan gatal, atau terasa nyeri pada bagian tersebut – hal itu perlu penanganan.
  • Jika saat buang air besar terasa panas dan mengalami keputihan, hal itu juga tidak normal. Maka, Anda perlu memeriksakannya ke dokter secepatnya.
  • Volume cairan keputihan yang tidak normal biasanya keluar sangat banyak. Hal tersebut juga dapat mengganggu aktivitas Anda.

Itulah beberapa hal mengenai perbedaan keputihan normal dan tidak normal. Jika Anda mengalami keluhan tentang kondisi keputihan yang tidak normal, Anda harus tetap waspada.

Selain itu, bila Anda mengalami keputihan yang sangat mengganggu, segerakan untuk melakukan pemerikasaan ke dokter kandungan sebagai tindakan preventif dari penyakit berbahaya.

Namun, apabila Anda tidak mengalaminya keputhian abnormal, ada baiknya jika Anda melakukan upaya pencegahan, misalnya dengan mengonsumsi Rose V sebagai suplemen kesehatan wanita. Atau, Anda dapat menggunakan Crystal X untuk digunakan pada area kewanitaan yang berguna sebagai alat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

2019-04-18T17:13:22+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian