Membedakan Pengobatan Herbal dan Pengobatan Kimia

Anda harus mengetahui perbedaan obat herbal dan kimia dalam hal pengobatan. Tanaman, buah, bunga serta akar merupakan beberapa bahan dasar yang telah digunakan sejak lama dan juga  dapat digunakan sebagai bahan obat herbal. Obat yang berasal dari alam ini bisanya dipercaya memiliki efek samping yang lebih sedikit bahkan  hampir tidak ada. Selain itu,  banyak orang mengamini bahwa obat herbal lebih ampuh dan mujarab jika dibandingkan dengan obat kimia.

Sebetulnya, baik obat herbal maupun kimia keduanya berasal dari alam (tanaman). Jadi, anggapan kebanyakan orang terkait obat-obatan kimia yang tidak menggunakan bahan alami itu tidak sepenuhnya betul.  Obat-obat yang beredar di pasaran seperti aspirin, morfin, dan yang lainnya merupakan obat yang dibuat dari tanaman. Lalu apa yang membedakan obat herbal dan obat kimia?

Ciri-ciri Obat dari Bahan Herbal

ciri obat herbal

Disebut obat herbal karena pada proses pembuatannya menggunakan tanaman utuh dengan tanpa adanya proses penyaringan tertentu untuk mendapatkan bahan aktif yang terkandung dari tanaman tersebut. Banyak praktisi obat herbal (herbalis) memercayai bahwa penggunaan obat herbal yang utuh dapat lebih memberikan efek serta mengurangi efek racun pada obat yang dikonsumsi.

Inilah ciri-ciri obat herbal yang dapat Anda ketahui:

  • Tidak menyembuhkan satu gejala penyakit tapi lebih ke menyembuhkan organ-organ tubuh lain bahkan mencapai ke akarnya.
  • Diproduksi asli tanpa campuran bahan kimia dan bebas toksin. Jamu merupakan salah satu contohnya.
  • Bersifat kuratif, jika obat herbal itu cocok akan benar-benar bersifat menyembuhkan sekaligus meredakan.
  • Tidak menimbulkan efek samping, asalkan diracik oleh herbalis yang ahli dalam pembuatan obat herbal.
  • Terbuat dari rempah-rempah atau bahan alami yang tentunya memiliki khasiat yang luar biasa dan teruji.
  • Reaksi penyembuhan lambat tapi bersifat konstruktif.
  • Hanya untuk mencegah, pemulihan, dan mengobati penyakit yang memerlukan pengobatan yang lama.

Ciri-Ciri Obat dari Bahan Kimia

obat kimia

Memang pada dasarnya pembuatan obat dari bahan kimia juga terbuat dari tanaman dan bahan alam lainnya. Akan tetapi, obat kimia konvensional biasanya dalam pembuatannya menggunakan teknologi khusus untuk mengambil ekstrak atau bahan aktif tertentu dari tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar.

Berikut ini adalah ciri-ciri obat dari bahan kimia yang dapat  diberdakan dengan obat herbal:

  • Bersifat paliatif, artinya obat ini akan menyembuhkan penyakit, tetapi bila obat tersebut terjadi pengendapan akan menjadi racun yang berbahaya.
  • Bersifat sympthomatis, artinya obat ini hanya ditujukan untuk penyakit itu saja dan hanya menghilangkan gejalanya. Jadi, atu obat biasanya digunakna untuk satu penyakit saja.
  • Diproduksi menggunakan alat canggih dan tentunya tercampur bahan kimia lain.
  • Reaksi penyembuhan yang cepat, namun jika dikonsumsi secara terus menerus setiap waktu maka akan beresiko melemahkan organ tubuh yang lain, seperti melemahkan hati, jantung, ginjal, dan yang lainnya.
  • Hanya menyembuhkan penyakit yang bersifat akut.
  • Memiliki efek samping yang menimbulkan iritasi lambung, hati, ginjal, dll.

Perbedaan obat herbal dan kimia tentu bisa dilihat dari sifat dan efek yang timbul dari penggunanya. Memang benar adanya jika konsumsi obat herbal sebetulnya lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping yang terlalu membahanyakan, apalagi sampai merusak organ tubuh lainnya.

Karena itu, jika Anda sedang berusaha melakukan pengobatan atau pencegahan terhadap penyakit tertentu hendaknya menggunakan bahan-bahan alami saja, seperti produk Rose V, suplemen kesehatan wanita yang terbuat dari bahan herbal. Selain itu, kemanan produk tersebut terjamin karena  sudah terdaftar di BPOM.

 

 

 

2019-04-25T12:59:38+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!