Perbedaan Antara Poligami dan Poliandri

Baik poligami dan poliandri merupakan kedua hal yang menimbulkan berbagai polemik di mata masyarakat umum. Masyarakat pada umumnya menganggap bahwa  kedua hal tersebut akan menybabkan ketidakadilan bagi salah satu pihak. Namun, sebetulnya apa saja dan bagaimana perbedaan poligami dan poliandri itu sendiri?

Perbedaan poligami dan poliandri ini sebetulnya tidak ada. Poligami itu lebih menekankan pada sebelah pihak memiliki pasangan lebih dari satu orang. Sementara itu, poliandri menekankan pada wanita yang memiliki suami lebih dari satu.

Praktik Poligami yang Berlaku di Masyarakat

praktik poligami

Poligami merupakan sebuah sistem perkawinan atau pernikahan  yang membolehkan seorang pria memiliki beberapa wanita sebagai istrinya dalam waktu yang bersamaan.

Poligami dalam Islam itu sendri sudah ada sebelum masa Nabi Muhammad. Namun, praktik poligami yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai bentuk penyetaraan kedudukan wanita dengan pria.

Beberapa hal yang menjadi hikmah dari praktik poligami yang sebetulnya, yang sesuai dengan syariat Islam:

  • Poligami dapat memberi kesempatan  bagi para pria untuk bisa memperoleh keturunan dari istri kedua, jika istrinya yang pertama tidak bisa memiliki keturunan atau mandul (infertilitas).
  • Poligami menghindarkan pria yang melakukan praktiknya dari perbuatan zina, jika istrinya tidak bisa dikumpuli karena terkena suatu penyakit yang berkepanjangan atau sedang halangan.
  • Poligami dapat memberi kesempatan bagi wanita yang terlantar, agar mendapatkan suami yang berfungsi untuk melindunginya, memberinya nafkah hidup serta melayani kebutuhan biologis baginya.
  • Poligami dapat menghibur wanita yang ditinggal mati suaminya di medan peperangan, agar tidak merasa kesepian (ini hanya berlaku pada zaman Rasulullah).

Praktik Poliandri yang Berlaku di Masyarakat

Apa itu poliandri

Poliandri merupakan sebuah sistem perkawinan di mana seorang istri diperbolehkan memiliki suami lebih dari satu.

Tidak seperti poligami, di beberapa tempat yang memiliki budaya patrilinear yang kuat, praktik poliandri lebih banyak tidak disetujui bahkan ditentang. Hal ini dikarenakan poliandri sendiri dipandang sebagai hal yang salah dan akan menimbulkan beberapa masalah lainnya. Seperti, jika seorang istri hamil tidak akan tahu siapa ayah dari bayinya walaupun di era modern ini bisa dilakukan dengan cara tes DNA.

Namun, praktik poliandri ini sendiri masih berlaku di berbagai suku atau etnis pada beberapa negara. Seperti, di Tibet, Nigeria, Nepal, dan beberapa negara lainnya yang menganut sistem keluarga matrilinear serta memiliki budaya atau tradisi poliandri itu sendiri.

Perbedaan poligami dan poiliandri  sebetulnya hanya ada pada subjek atau pelaku praktik sistem perkawinan tersebut. Dalam hal ini, poligami adalah suami yang memiliki istri lebih dari satu. Sementara itu, poliandri adalah sistem perkawanan di mana istri (wanita) memiliki suami lebih dari satu.

Polemik mengenai poligami dan poliandri ini tentu akan sulit untuk diredakan. Hal ini dikarenakan bahwa kedua hal tersebut bertentangan dengan pedoman agama atau adat istiadat tertentu. Maka dari itu, masih banyak perdebatan yang akan timbul terkait isu-isu yang berhubungan dengan sistem perkawinan, baik itu poligami maupun poliandri.

Namun, pada kenyataannya kedua sistem perkawinan tersebut memang masih dipraktikan atas dasar untuk menjaga tradisi bahkan anjuran syariat atau tuntunan agama tertentu yang memperbolehkan penganutnya melakukan sistem perkawinan poligami ataupun poliandri.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika saling menghargai keberadan tradisi yang berlaku di masyarakat yang memiliki sistem perkawinan yang dianggap kurang lazim (poligami atau pun poliandri).

2019-05-29T14:34:53+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!