Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Menjalankan proses kehamilan bagi ibu yang selalu menantikan buah hatinya merupakan hal yang menyenangkan. Karena itu, ibu hamil wajib memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk tumbuh kembang janin di dalam perut. Perlunya nutrisi untuk ibu hamil dapat menentukan dan memengaruhi kondisi kesehatan calon buah hati Anda.

Maka dari itu asupan gizi pun harus terpenuhi. Selain itu, nutrisi yang cukup juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Anda di masa mendatang.

Perlunya Nutrisi untuk Ibu Hamil untuk Dipenuhi

pentingnya nutrisi bagi ibu hami

Dilansir dari sebuah situs di internet, seorang staf ilmu gizi yaitu dr. Widjaja Lukito, Sp.GK, Ph.D mengatakan, “peran gizi sebagai salah satu faktor preventif untuk memperkecil risiko gangguan kesehatan di masa depan sangat penting, karena ibu hamil memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dibandingkan pada saat tidak hamil.”

Bahkan, dalam hal ini telah ditemukan penemuan terbaru yang mengatakan bahwa  asupan gizi saat kehamilan berpengaruh terhadap kesehatan keturunan atau janin di masa yang akan datang.

Pada saat calon ibu menjalankan masa kehamilan, nutrisi yang harus dipenuhi di antaranya adalah tambahan kalori dan berbagai nurtisi lain terutama di trismester kedua dan ketiga pada saat masa kehamilan.

Berikut adalah kebutuhan nutrisi yang mesti dipenuhi ibu hamil selama masa kehamilannya:

1. Asam Folat

Asam folat  merupakan salah satu nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Zat ini memiliki peran penting dalam mengurangi risiko anak terlahir cacat, misalnya cacat tabung saraf pada janin yang memengaruhi otak serta sumsum tulang belakang janin.

Kebutuhan asam folat harian yang diperlukan adalah 600 sampai 800 mikrogram yang bisa Anda dapatkan pada beberapa jenis sayuran seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, beri-berian, lemon, mangga, dan tomat.

2. Kalori

Pentingnya nutirisi untuk ibu hamil juga dapat dilakukan dengan memenuhi asupan kalori atau energi untuk perubahan metabolism yang terjadi pada cadangan lemak, jaringan payudara, plasenta serta pertumbuhan dan perkembangan janin.

Kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah sekitar 300 kalori tambahan per harinya. Sementara itu, pada akhir kehamilan kalori yang dibutuhkan akan lebih banyak.

3. Protein

Nutrisi lain yang wajib dipenuhi ibu hamil adalah protein. Fungsi dari zat yang satu ini adalah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk sel otak pada calon anak ibu.

Selain itu, zat yang satu ini  juga dapat membantu pertumbuhan jaringan payudara ibu hamil sehingga memperlancar ASI, serta berperan penting dalam peningkatan darah dalam tubuh. Rekomendasi protein berdasarkan ahli adalah 75 sampai 100 gr protein per hari untuk dipenuhi.

Sumber protein terbaik untuk ibu hamil yang bisa diperoleh terdapat pada daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, daging domba, tahu, dan beberapa jenis kacang-kacangan.

4. Kalsium

Nutrisi ibu hamil selanjutnya adalah kalsium. Rupanya selain untuk menguatkan tulang dan gigi ibu, zat yang satu ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin Anda. Selain itu, kalsium juga dapat membantu mengatur cairan dalam tubuh serta dapat membantu kerja fungsi saraf dan kontraksi otot.

Ibu hamil membutuhkan asupan kalsium harian sekitar 1000 mg selama masa kehamilan. Sumber kalsium terbaik berada pada susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.

Perlunya nutrisi untuk ibu hamil harus dipenuhi. Selain nutrsi ibu hamil juga perlu memenuhi asupan kebutuhan berbagai macam vitamin untuk tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

2019-05-28T10:27:14+07:00

One Comment

  1. […] Memenuhi nutrisi untuk ibu hamil => Selama kehamilan, ibu remaja membutuhkan nutrisi yang harus dipenuhi, seperti asam folat, kalsium, zat besi, protein, dan zat gizi penting lainnya untuk memenuhi kebutuhannya dan bayinya. […]

Comments are closed.

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!