Tahap-Tahap Perkembangan Janin Pada Masa Kehamilan

Kehamilan adalah salah satu yang dinantikan oleh hampir setiap pasangan suami istri yang sudah menikah. Pada saat itu pun sang ibu dan ayah tak sabar untuk menantikan kelahiran sang buah hati. Namun, tanpa disadari pada masa kehamilan, terjadi tahap serta proses kehamilan yang mesti dilewati.

Awalnya masa kehamilan adalah karena proses bertemunya sperma bertemu dengan indung telur pada wanita. Proses tersebut dinamakan pembuahan atau yang sering dikenal dengan sebutan konsepsi.

Proses Kehamilan Mulai dari Terjadinya Pembuahan

proses kehamilan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses kehamilan bermula dari terjadinya pembuahan atau konsepsi. Sel telur diproduksi oleh ovarium di dalam tubuh wanita. Setiap bulannya wanita akan melepaskan satu sel telur yang sudah matang dari salah satu ovarium yang jika tidak dibuahi maka dinding rahim akan meluruh dan terjadilah menstruasi. Lalu bagaimana sebetulnya proses kehamilan dapat terjadi?

1. Pembuahan atau Konsepsi

Pada masa pembuahan, terdapat beberapa fase yang akan terjadi, di antaranya adalah sebagi berikut:

  • Ovulasi => merupakan proses awal dari kehamilan. Hal ini terjadi pada wanita di mana sel telur (ovum) keluar dari ovarium. Ovulasi akan terjadi pada wanita normal sebulan sekali tergantung siklus menstruasi yang terjadi. Siklus menstruasi dan rata-rata terjadi sekitar dua minggu sebelum periode menstruasi berikutnya.
  • Telur berjalan ke tuba fallopi => setelah dilepaskan, kemudian sel telur akan menunggu datangnya setidaknya selama sekitar 24 jam untuk melanjutkan proses pembuahan tersebut.
  • Pembuahan => terjadi saat salah satu sel sperma bertemu dengan indung telur. Proses kehamilan terjadi pada fase ini.
  • Implantasi => sel telur yang terbuahi akan menjadi zigot dan kemudian berkembang menjadi embrio (pada sekitar usia satu bulan)

2. Usia Kehamilan 1 Bulan

Janin atau bayi dalam rahim ibu masih berbentuk embrio dengan ukurannya yang masih sangat kecil. Pada usia yang ini, janin baru melakukan proses pembentukan dan tentunya belum sempurna. Pada fase ini, ibu hamil perlu berhati-hati menjaga kondisi tubuh.

3. Usia Kehamilan 2 Bulan

Fase kehamilan yang satu ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Selain itu, pada fase ini struktur serta jaringan tubuh bayi atau janin pun mulai terbentuk, namun dengan ukuran yang masih sangat kecil.

4. Usia Kehamilan 3 Bulan

Pada fase ini, perut ibu hamil pun mulai kelihatan membesar. Dalam fase ini organ vital serta tulang-tulang bayi sudah terbentuk dengan sempurna. Namun, pada masa ini bayi atau janin belum dapat mengaktifkan panca indranya.

5. Usia Kehamilan 4 Bulan

Fase ini yang ditunggu-tunggu sang ibu. Pasalnya, pada usia kehamilan 4 bulan ini bayi sudah bisa mulai bergerak sesekali. Bahkan pada fase ini janin dalam tubuh sudah dapat mendengarkan suara-suara yang berada di sekitar. Pada usia ini pula, bayi sudah dapat diprediksi jenis kelaminnya.

6. Usia Kehamilan 5 Bulan

Berat badan dan ukuran tinggi janin sudah sangat berkembang pada usia kehamilan 5 bulan. Tulang rawan yang membentuk janin pun mulai berubah menjadi tulang keras pada umumnya.

7. Usia Kehamilan 6 Bulan

Pada usia kehamilan 6 bulan ini, jenis kelamin bayi sudah dapat dipastikan dengan sangat jelas. Selain itu, mata bayi yang terdapat di dalam rahim ibu pun juga mulai berkembang dan bisa menerima rangsangan terhadap cahaya.

8. Usia Kehamilan 7 Bulan

Di usia ini, sistem dan struktur tubuh janin sudah terbentuk secara sempurna. Pada fase ini pula, ibu dapat mengetahui apakan bayi sedang tertidur atau terbangun.

9. Usia Kehamilan 8 Bulan

Fase ini disebut juga dengan usia pematangan di mana semua organ tubuh serta jaringan saraf bayi sudah sempurna bentuknya. Selain itu, janin juga mulai berputar menuju arah jalan keluarnya.

10. Usia Kehamilan 9 Bulan

Usia kehamilan 9 bulan merupakan fase penyempurnaan di mana bayi yang ada dalam kandungan siap untuk dilahirkan. Kepala bayi juga sudah mulai berada di panggul. Kelahiran akan ditandai dengan adanya kontraksi yang disarakan ibu.

2019-05-29T15:26:10+07:00

Produk

Tentang Produk Kami

Distributor resmi produk kesehatan dan kecantikan NASA, 100% bahan alami tanpa kimia dan efek samping berbahaya

Informasi Kontak

Jl. Pakem Kalasan, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, 55571

Mobile: +62 896-5602-1013 (WA) | 0852 1980 4964 (Call/SMS)

Web: Beli Produk Kami Sekarang Juga!

EnglishIndonesian

Download E-booknya Sekarang Juga!!!